Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Abdul Jalil, Devi Adellia Saharani, Gangsar Teguh Pramono, Rika Wijayanti

Abstract


Matematika adalah salah satu bidang studi yang rasional dan memiliki objek yang tidak konkret, ini berarti bahwa peserta didik menghadapi kesulitan selama proses pembelajaran matematika.Saat ini teknologi berkembang semakin pesat dan tidak dapat dihindari karena adanya kemajuan teknologi yang beriringan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Munculnya berbagai aplikasi yang sangat memudahkan akses siswa ke berbagai pelajaran sekolah menjadi awal dari peningkatan minat teknologi.Dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (libray research) dan menggunakan data sekunder. Teknik catat dan simak bebas libat cakap dan catat digunakan untuk mengumpulkan data sekunder ini. Teknik ini dilakkan dengan menyimak secara bebas artikel yang berkaitan dengan subjek penelitian setelah menemukan kata kunci. Menggunakan teknik catat, peneliti menemukan ide atau konsep yang cocok dengan mencatat hal-hal penting. Dengan demikian pembelajaran matematika melalui pemanfaatan teknologi dapat memberikan manfaat bagi siswa. Teknologi dapat membantu siswa dalam pemahaman konsep matematika dengan mudah. Selain itu,siswa juga dapat memanfaatkan teknologi untuk membangun interaksi dan melakukan diskusi online,mengulang materi yang sulit berkali-kali,dan belajar lebih mandiri.

 

Kata kunci:Teknologi,Media Pembelajaran, Matematika


Full Text:

PDF

References


Aisah, I. N., & Hasanudin, C. (2023, June). Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 373-376). Retieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1699.

Murtiyasa, B. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta: FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta.

Pramono, G. T., & Hasanudin, C. (2023, June). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 979-985). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1779.

Saharani, D., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 269-275. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id.

Wardiana, W. (2002). Perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Retrieved from http://eprints.rclis.org/6534/.

Wijayanti, R., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1396-1401. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/in.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.