Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Pembelajaran Matematika

Irma Nur Aisah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Media pembelajaran merupakan alat yang sangat mendukung dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan dan menyalurkan pesan sehingga pesan tersebut tersampaikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar matematika. Tujuan belajar matematika agar siswa mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam memecahkan masalah matematika dan untuk mengasah penalaran yang cermat, logis, kritis, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan untuk membahas masalah yang dibahas dalam artikel ini. Penelitian kepustakaan melibatkan pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber pustaka, seperti artikel, buku, jurnal, dan dokumen.yang dapat diakses melalui internet dan buku. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan kemajuan teknologi dan cara penggunaan aplikasi mathway. Simpulan penelitian ini bahwa kegiatan pembelajaran dalam pemanfaatan aplikasi mathway ini sebagai alat bantu memudahkan siswa ataupun guru meningkatkan pemahamannya pada matematika.

Kata kunci— Media Pembelajaran, Matematika, Aplikasi Mathway

                                 

 

Abstract—Learning media is a tool that is very supportive in learning mathematics. Learning media is a tool to convey and distribute messages so that the message is conveyed to students in the learning process so that it can attract students' interest in learning mathematics. The purpose of learning mathematics is for students to have the ability and skills to solve mathematical problems and to hone careful, logical, critical, and creative reasoning. This research uses the method of library research (library research). The author uses a type of library research to discuss the issues discussed in this article. Library research involves collecting data and information from various sources, such as articles, books, journals, and documents which can be accessed via the internet and books. The results of this study are to explain technological advances and how to use the mathway application. The conclusion of this study is that the learning activities in utilizing the mathway application as a tool make it easier for students or teachers to improve their understanding of mathematics.

Keywords—Learning Media, Mathematics, Mathway Applications

 


Keywords


Learning Media, Mathematics, Mathway Applications

Full Text:

PDF

References


Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Pratama, A. R., & Nilamsari, D. P. (2022). Penerapan aplikasi Mathway sebagaipenunjang evaluasi pembelajaran matematika pada Siswa Jenjang sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 157-169. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2060.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 560-568. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939.

Muttaqin, A. K., & Yahya, Y. (2023, May). Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Tadris Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 2, pp. 63-70).https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1829.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.