Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Gangsar Teguh Pramono, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Tiktok adalah aplikasi media sosial yang belakangan ini menjadi viral dengan fitur musik, filter, dan efek menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan aplikasi Tiktok untuk menarik minat siswa dalam matematika. Data sekunder digunakan dalam penelitian ini. peneliti menggunakan data dari buku, artikel, dan jurnal ilmiah. Penelitian menunjukkan bahwa orang menggunakan aplikasi Tiktok sebagai minat dalam belajar matematika dan ada langkah-langkah untuk mempermudah penggunaan aplikasi. Matematika diajarkan kepada siswa untuk meningkatkan pola pikir mereka. Oleh karena itu guru harus memulai metode pembelajaran baru yaitu dengan menggunakan aplikasi yang populer saat ini.

Kata kunci— Tiktok, Matematika, metode pembelajaran

 

 

Abstract— Tiktok is a social media app that has recently gone viral with interesting music features, filters and effects. The purpose of this research is to find out how much the Tiktok application is used to attract students' interest in mathematics. Secondary data is used in this study. researchers use data from books, articles, and scientific journals. Research shows that people use the Tiktok app as an interest in learning math and there are steps to make using the app easier. Mathematics is taught to students to improve their mindset. Therefore the teacher must start a new learning method, namely by using applications that are popular today.

Keywords— Tiktok, Mathematics, learning methods

 




Keywords


Tiktok, Mathematics, learning methods

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 431, pp. 431-440). Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/114/80

Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 858-868). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1345

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. Doi https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dewi, M. I., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 55-63). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1220

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di Indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80. Doi https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Holisin, I. (2016). Pembelajaran matematika realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3). Doi http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v7i3.255

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12-24. Doi https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234. Retrieved from https://www.academia.edu/download/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq.pdf

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=jHGNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Media+pembelajaran+matematika.+&ots=RttH_hiWRk&sig=kTVAM9YYKqhxmZW59hNCl2hLmIA

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.