Urgensi Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Tingkat Pendidikan Tinggi

Sabila Rahma Khoirun Nisa, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai pentingnya bahasa Indonesia dalam pembelajaran di pendidikan tinggi. Bahasa merupakan alat komunikasi manusia dengan sesama. Bahasa itu sistem lambang bunyi yang acak. Ruang lingkup dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi unsur kecakapan dalam menggunakan bahasa antaranya mendengarkan, berbicara dan membaca serta menulis. Penelitian ini menggunakan metode study literature yang dikenal penelitian kepustakaan. Sumber data menggunakan data skunder. Data tersebut berasal dari buku,jurnal,artikel ilmiah dan tinjauan pustaka yang berisikan konsep sesuai dengan topik yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya bahasa Indonesia dalam pembelajaran di tingkat pendidikan tinggi terkait kepengarangan karya ilmiah. Seperti: essai, artikel, jurnal, skripsi dan tesis. Serta bahasa Indonesia penting untuk menunjang tiap-tiap pendidikan tinggi yang berbeda bahasa daerahnya.

Kata kunci—Pendidikan Tinggi, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

 

Abstract—This paper was created to explain the importance of learning the Indonesian language in higher education. A language is a tool of human communication with others. Language is a random sound-symbol system. The scope of the Indonesian language subject includes elements of skills in using language, including listening, speaking, reading, and writing. This study uses a literature study method known as library research. source of data using secondary data. The data comes from books, journals, scientific articles, and literature reviews that contain concepts related to the topics raised. The results of the research show the importance of the Indonesian language in learning at the higher education level regarding the authorship of scientific works. such as essays, articles, journals, theses, and theses. As well as the Indonesian language, it is important to support each tertiary education level, which has a different regional language.

Keywords—Higher Education, Learning, Indonesian


Keywords


Higher Education, Learning, Indonesian

Full Text:

PDF

References


Abbas, Syahrizal. 2008. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Group.

Abidin, Y. (2019). Konsep dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ips. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 298-304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Ahmar, D. A. P. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Alam Sekitar Kelas Iii Di Sd Islam Terpadu Ibnu Mas’ ud Kulon Progo. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8597

Al-Aufa, J. (2022). Pemanfaatan media mind mapping pada keterampilan berbicara. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 805-809). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1424

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. Retrieved from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117

Bafadhol, I. (2017). Lembaga pendidikan islam di indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14. Doi http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i11.95

Barowi, B., & ABA, S. F. F. (2015). Pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.34001/intelegensia.v3i1.1338

Baru, R (2021). Perancangan sekolah tinggi seni di kota baru parahyangan. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional. Retrieved from http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1228

Bloomfield, Leonard.1995. Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 114-119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172

DEWI IS, I. S. (2012). Internal branding universitas atma jaya yogyakarta survei deskriptif kuantitatif mengenai tingkat internalisasi staf pengajar dan karyawan administrasi terhadap brand universitas atma jaya yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY. Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/563

Faizah (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fakhrurrazi, F. (2018). Hhakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Doi https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Gusnayetti, G. (2020). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Ensiklopedia of Journal, 2(3), 15-22. https://doi.org/10.33559/eoj.v2i3.460

Gustian, Rifal (2016) Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model numbered heads together (nht) pada pembelajaran ips kelas IV SDN Pasirmulya 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12785

Hafaz, Hanafia (2016) analisis faktor yang mempengaruhi mahasiswa/i memilih jurusan ilmu administrasi perpajakan pada universitas islam negeri sultan syarif kasim riau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2802

Hilaliyah, H. (2010). Maraknya Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas. Deiksis, 2(01), 13-26. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v2i01.391

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: bintang Surabaya.

Liawati, Sri &, Joko Suwandi, (2015). Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Minat Menjadi Guru Dan Persepsi Peluang Kerja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35758

Lisdiantoro, Muh (2017) Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita Rekaan Melalui Model Picture Andpicture Di Kelas Iv Sdn Pacet. Undergraduate Thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unissula. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10138

Mansyur, U. (2018, June 8). Sikap Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Doi https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD698

Nafinuddin, S. (2020, August 3). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Indonesia. Doi https://doi.org/10.31219/osf.io/f5kbx

Noka, Peby. (2020) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui teknik examples non examples dan media gambar pada siswa kelas iv SDN Sadeng 03 kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38625

Nugraheni, A. S. (2019). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi berbasis pembelajaran aktif. Prenada Media.

Pertiwi, Tariatul (2019). Peran Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks., Center for Open Science. Doi https://doi.org/10.31219/osf.io/cxbz8

Poni Fitri, Rahayu., & Rina, Oktaviana., & Mulia Marita, Lasutri. (2019) hubungan antara selfregulation dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA LTI IGM Palembang. diploma thesis, Universitas Bina Darma. retrieved from http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/154

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 356-365). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326

Rabiah, S. (2019). Manajemen pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal sinar manajemen, 6(1), 58-67. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i1.551

Rahmah, D. (2019). Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Kehidupan Sehari-hari., Center for Open Science. Doi https://doi.org/10.31227/osf.io/6nbz7

Rahmaniah, (2018) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Story Telling Dan Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn Sumbersekar 1 Malang. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press, Banjarmasin.

Rizky, H. (2012) campur kode pada siswa TK Ra Kartini Temanggung. s1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9462

Rokim, M. (2017) Studi Komparasi Profesionalisme Dosen Pns Dan Non Pns Di Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. Retrieved from http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/207

Rusmala, M. (2018). Peran Mata Kuliah Bahasa Inggris dalam Pendidikan Vokasi di STKOM Sapta Computer Kalsel. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3037

Sahaka, A. (2019). Profesi, Profesional Dan Pekerjaan. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 61-69. Retrieved from http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/158

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30-38. Retrieved from https://journal.jis-institute.org/index.php/jbme/article/view/230/174

Siswanto, B. T. (2011). Pendidikan vokasi, work-based learning, dan penyelenggaraan program praktik pengalaman lapangan. FT UNY: Yogyakarta. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/

Hasana, S. M. (2012). Peluang dan Daya Saing Lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta di Pasar Tenaga Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Guru SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrived from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8014

Suryana, S. (2018). Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2), 1-12. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1443

Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Mutiani, M., Abbas, E. W., & Subiyakto, B. (2021). The Social Capital of Banjar Community in The Implementation of Religious Rituals: A Literature Study. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 76-82. Doi https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3992.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Retrieved from https://core.ac.uk/ 33125.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.