Pemanfaatan Media Mind Mapping pada Keterampilan Berbicara

Jaza Al-Aufa

Abstract


Abstrak—Berbicara merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat berkomunikasi dengan individu lainnya. Hanya saja tidak semua orang mampu berbicara dengan baik, khususnya berbicara di depan umum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan berbicara pada siswa, seperti siswa merasa tegang, gugup, malu, bahkan mereka sering lupa dan tidak fokus dengan apa yang mereka sampaikan saat berada di depan kelas. Selain itu, kurangnya rasa percaya diri, terbatasnya kosa kata, dan penguasaan tata bahasa yang minim juga menjadi permasalahan yang ada dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research). Data penelitian ini adalah data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan. Sumber data diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional. Prosedur penelitian ini menggunakan teori Mary W. George dengan menerapkan sembilan langkah proses penelitian studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Mind Mapping efektif digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa.

Kata kunci—Media Mind Mapping, berbicara, keterampilan berbicara.

 

 

Abstract—Speaking is one of the basic skills that must be possessed by someone in order to communicate with other individuals. It's just that not everyone is able to speak well, especially speaking in public. This research was motivated by the low speaking skills of students, such as students feeling tense, nervous, embarrassed, and even they often forgot and did not focus on what they said when they were in front of the class. In addition, lack of self-confidence, limited vocabulary, and minimal mastery of grammar are also problems that exist in students. The purpose of this study was to describe the effect of using Mind Mapping learning media on students' speaking skills. This research is a literature study (Library Research). This research data is secondary data that is relevant to the topic of discussion. Sources of data obtained from research articles that have been published in national and international journals. This research procedure uses the theory of Mary W. George by applying the nine steps of the library research process. The results of this study indicate that Mind Mapping learning media is effectively used and can improve students' speaking skills.

Keywords—Mind Mapping media, speaking, speaking skills.


Keywords


Mind Mapping media, speaking, speaking skills.

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., Yahya, M., dan Siddik, M. 2019. Strategi Komunikasi Siswa dan Guru Kelas XI SMAN 2 Sangatta Utara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2(1): 16.

Bobbi D.P, Mark R, & Sarah S.N. (2008). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Cantona, G.E. dan Komang, S. 2020. Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 3(2): 272.

Darmuki, Agus., Ahmad, H., dan Nur, A.H. 2020. Peningkatan Minat dan Hasil Keterampilan Bicara Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 3(2): 269.

Febiyanti, D., Made, C.W., dan Ni, W.A. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Mimbar Ilmu. 25(2): 291.

Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2): 119-125.

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2): 196-210.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1): 41–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.