Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0

Priyantoko Priyantoko, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak— Tujuan penelitian ini untuk megembangkan bahan ajar bahasa Indonesia dalam bentuk digital. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan sumber data sekunder yang memiliki korelasi sesuai topik penelitian. Sumber data berasal dari buku maupun artikel terbitan yang berskala nasionanl atupun internasional. Prosedur pada penelitian ini menggunakan teori Mary W. George yang telah melaui modifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan digitalisasi terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia dapat berupa buku digital, komik digital, bahan ajar berbasis video hingga aplikasi.

Kata kunci—Digitalisasi, Keterampilan 5C Siswa, Era Society 5.0

 

 

Abstract— The purpose of this research is to develop Indonesian language teaching materials in digital form. This study uses a literature study method with secondary data sources that have correlations according to the research topic. Sources of data come from books and articles published on a national or international scale. The procedure in this study uses the theory of Mary W. George which has been modified. The conclusion of this research is that the application of digitization to Indonesian language subjects can be in the form of digital books, digital comics, video-based teaching materials to applications.

Keywords— Digitization, Student 5C Skills, Era of Society 5.0


Keywords


Digitization, Student 5C Skills, Era of Society 5.0

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. K. (2021). Penggunaan buku digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas xi ips 3 sman pakusari jember: Studi Kasus pada mata pelajaran ekonomi materi perpajakan dalam pembangunan ekonomi semester genap tahun ajaran 2019/2020. PESAT, 6(6), 12–24. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/27

Andreas, K. (2020). 5c masa depan pendidikan bangsa Indonesia. Ussfeed.com. Retrived from https://ussfeed.com/5c-masa-depan-pendidikan-indonesia/pop-culture/.

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022, May). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1). 75-87

Ansori, A. (2016). Digitalisasi ekonomi syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1)., 1-18. Doi https://doi.org/10.32678/ijei.v7il.33.

Ardiansyah, A. S., Fiyanti, R. A., & Hamidah, F. S. (2021). CB-BL model (challenge based on blended learning) for mathematical creativity. In Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 1-6. Doi https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1918/4/042065/meta.

Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan. Journal of Physical Activity (JPA), 1(2), 60-72. Retrieved from https://journal.apopi.org/index.php/jpa/article/view/14.

Asaniyah, N. (2017). Pelestarian informasi koleksi langka: digitalisasi, restorasi, fumigasi. Buletin Perpustakaan, (57), 85-94. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9105.

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model addie untuk pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 259-267). Retrived from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1355.

Atmoko, P. W. (2015). Digitalisasi dan Alih Media. Malang: Universitas Bramelati.

Febriana, AE, & Pujiastuti, H. (2022). Analisis desain pembelajaran abad ke-21: Kemampuan komunikasi matematika pada mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah teori peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 649-658. Doi http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.10671.

Fitri, A. A. D., & Syah, W. A. (2020). Pembelajaran bahasa arab berbasis e-book. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 3(1), 219-227. Retrived from http://www.munasbauai.com/index.php/mnba/article/download/95/69.

Gazali, Z., & Nahdatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Materi Biologi Sel untuk Siswa SMA/MA Kelas XI IPA. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). 236-238. Doi http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v4i5.867.

Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of Society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Social Sciences, 8(5), 148. Doi https://doi.org/10.3390/socsci8050148.

Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. (2020). Digitalisasi pendidikan hukum dan prospeknya pasca pandemi covid-19. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Peradilan Islam, 1(2), 111-122. Doi https://doi.org/10.15575/as.v1i2.9909.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran era disruptif menuju era society 5.0 (Telaah perspektif pendidikan dasar). In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 1-14). Retrieved from https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/32.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hermawati, T (2015). Komik digital untuk pembelajaran yang menyenangkan. Guruaru. Retrived from https://guraru.org/guru-berbagi/komik-digital-untuk-pembelajaran-yang-menyenangkan/.

Homsinah, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik digital materi nonindividual service dalam mata kuliah penataan dan pelayanan restoran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10319-10336. Retrived from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4060.

Ikhbal, Y. M., Hidayat, E., & Rahayu, P. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Dongeng dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Animasi Video pada Siswa Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2(1), 532-539. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1918

Irawan, I. K. A. (2019). Persona pemimpin muda di era revolusi industri 4.0. Kepemimpinan Dalam Menghadapi Tantangan Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya. Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Doihttps://doi.org/10.33363/sn.v0i1.

Kurniawan, B., & Widiastuti, N. P. K. (2022). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Epic 5C Berbasis CBL. Penerbit Widina.

Kusumawati, E. (2018). Multimedia use based on visualization, auditory, kinesthetic (vak) model for listening story skill in the fifth grade students. EDUTECH, 17(3), 351-365. Reetrived from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/14343.

Mahmudi, I. (2019). Urgensi perilaku keagamaan pada Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konselin, 3(1), 8-17. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1371.

Majdi, M., & Ichsan, A. S. (2019). Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(3), 264-272. Doi https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.83

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis dampak perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 pada perilaku masyarakat ekonomi (e-commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknik, 4(2). 55-60 Doi https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39

Ni’mah, D. Z., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Fleksibilitas dan aksesibilitas digitalisasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 84-90. Doi https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.570.

Omar, R., & Mustafa, S. E. (2018). Pembangunan Buku Digital Interaktif Kanak-kanak di Malaysia: Bersediakah Penerbit? Development of Interactive Digital Book for Children in Malaysia: Are the Publishers Prepared? Jurnal Pengajian Media Malaysia, 20(2), 55-67. Doi https://doi.org/10.22452/jpmm.vol20no2.5

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143-158. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1114.

Putra, A. H. (2022). Bimbingan dan konseling di perguruan tinggi pada era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 128-136. Retrieved from http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/24.

Putranto, M. T. D. (2015). Proses Digitalisasi Koleksi Deposit di UPT Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 161-170. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9736.

Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, F., Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179-186. Retrived from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/473.

Sakti, B. P. (2021, January 29). Indikator pemahaman e-portfolio dalam blended learning untuk menghadapi era society 5.0. Doi https://doi.org/10.31219/osf.io/2z58n.

Sandi, E. D. (2020). Keterampilan 5c penting untuk masa depan. Kompas.com. Retrived from https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/03/104126771/5-keterampilan-ini-penting-dimiliki-pelajar-dan-mahasiswa-untuk-masa-depan.

Setia, Y. D. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara pada materi ungkapan tolong dan terima kasih muatan pelajaran bahasa indonesia melalui video animasi bagi siswa kelas IA SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Pada Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1). 95-102. Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/JP3/article/view/7345

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1), 1-7. Retrived from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/download/4728/pdf.

Sudira, P. (2015). Pengembangan model “Lis-5c” pada pendidikan teknologi dan kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1), 1-11. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4145.

Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142-151. Doi https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2554.

Susilo, S. V., & Prasetyo, T. F. (2020). Bahan ajar mobile learning 2d berbasis android: Sebuah pembelajaran berbasis teknologi dalam menghadapi revolusi industri 4.0. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 587-592. Doi https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.767.

Susriyati, S., Istianingsih, N., & Latief, M. (2021). Etika bisnis dan perusahaan dalam era revolusi industri 4.0 dan 5.0. Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora, 4(2), 54-62. Retrived from http://jurnal.stiasetihsetio.ac.id/index.php/admngr/article/view/159.

Utami, R. (2020). Integrasi kurikulum di indonesia dalam menghadapi era society 5.0. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 213-218. Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/2181.

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137-141. Doi http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779.

Wuryantai, A. E. W. (2004). Digitalisasi masyarakat: Menilik kekuatan dan kelemahan dinamika era informasi digital dan masyarakat informasi.Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 131-142. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.