Peran menyimak Konsentratif pada Siswa Disabilitas dengan Media Surat Kabar

Inera Febialova Zahara, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak konsentratif memiliki peran penting dalam bermedia surat kabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting penggunaan media surat kabar dalam meningkatkan kemampuan menyimak konsentratif pada siswa disabilitas. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pengembangan dalam keterampilan bahasa 2) Peningkatan pemahaman mengenai lingkunggan sekitar 3) Peningkatan kemandirian 4) Stimulasi kognitif 5) Meningkatkan motivasi belajar. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran dalam menyimak konsentratif pada siswa disabilitas dengan media surat kabar.

Kata kunci—Menyimak konsentratif, Disabilitas, Surat kabar

 

Abstract—Concentrative listening plays an important role in utilizing newspaper media. This study aims to explore the significant role of using newspaper media in improving concentrative listening skills among students with disabilities. The research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data in this study are secondary data in the form of words, phrases, or clauses extracted from national journals and books. The data collection technique uses the listening and note-taking method, while the validation technique applies theory triangulation. The results of this study are as follows: 1) Development in language skills, 2) Improvement in understanding the surrounding environment, 3) Increased independence, 4) Cognitive stimulation, 5) Enhanced learning motivation. The conclusion of this study is that there are five roles in concentrative listening among students with disabilities using newspaper media

Keywords—Concentrative listening, Disabilities, Newspapers.


Keywords


Concentrative listening, Disabilities, Newspapers.

Full Text:

PDF

References


Amri, C., & Kurniawan, D. (2023). Strategi belajar & pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Journal of Student Research, 1(1), 202-214. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980.

Andini, L. (2013). Perbandingan objektivitas bahasa pada surat kabar terbitan lokal dan terbitan pusat. Asas: Jurnal Sastra, 2(1), 56536. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/56536/perbandingan-objektivitas-bahasa-pada-surat-kabar-terbitan-lokal-dan-terbitan-pu.

Anoegrajati, N., Sudibyo, S., Macaryus, S., Saryono, D., & Putra, I. N. D. (2022). Sastra maritim. Jakarta Timur, Indonesia: PT Kanisius.

Ardi, S., & Vionel, I. (2022). Strategi komunikasi persuasif penyandang disabilitas tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial (SLB NUR RACHMAN LUBUK ALUNG). Jurnal Sakato Ekasakti Law Review, 1(2), 61-71. https://doi.org/10.31933/peex3113.

Asmi, L. N., Budiawan, A., Wardani, L. K., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak konsentratif untuk siswa sekolah dasar pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 102-108. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2260.

Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2024). Model pembelajaran menyimak kritis: Dengan media interaktif. Madura, Indonesia: IAIN Madura Press.

Azizan, Y. R., & Roekhan, R. (2024). Strategi konsentratif dalam pembelajaran menyimak beragam wacana lisan berbasis design thinking. Bandung, Indonesia: Kalzen Media Publishing.

Cahyani, A. E. D., Sasmita, D., Shifa, M. A., & Hasanudin, C. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak konsentratif pada anak-anak prasekolah. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 69-73. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2252.

Chabibah, N., Taryana, T., Yusuf, R. N., & Fahmi, A. I. (2022). Pemanfaatan media surat kabar sebagai sumber pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKN. Jurnal Tahsinia, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.308.

Gorga, A. K. (2023). Perlindungan pekerja penyandang disabilitas dalam hak untuk memperoleh pekerjaan di Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(3), 10-20. https://doi.org/10.572349/civilia.v3i2.352.

Hendra, T., & Hafniati, H. 2023. Pengantar ilmu jurnalistik. Yogyakarta, Indonesia: CV BINTANG SEMESTA MEDIA.

Hendriani, W. (2022). Resiliensi psikologis: Sebuah pengantar. Jakarta Timur, Indonesia: KENCANA.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Indriani, I. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Sambina’e Kota Bima. Fashluna, 3(2), 106-116. https://doi.org/10.47625/fashluna.v3i2.389.

Jamil, J., Pulukadang, S., Enja, S., Kader, M., Hairun, N., Luten, R. H.M., Muslihi, S., Robe, R., & Abu bakar, S. (2023). Jurnalistik. Sumatera Barat, Indonesia: CV. AZKA PUSTAKA.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta, Indonesia: Muhammadiyah University Press.

Kurnianto, A. (2013). Analisis layout surat kabar berdasarkan prinsip-prinsip desain melalui metode estetika birkhoff. Humaniora, 4(2), 986-994. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3540.

Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Banyumas, Indonesia: Lutfi Gilang.

Lina, C. R. S., Firdaus, E. N., Noviyani, D., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak konsentratif terhadap pendidikan anak usia dini (PAUD) pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 1(1), 488-496. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2286.

Lintangsari, A. P., & Thohari, S. (2022). Praktik pendidikan bagi penyandang disabilitas. Malang, Indonesia: MNC Publishing.

Mansur, A. R., Farlina, M., Neherta, M., & Fajria, L. (2022). Deteksi risiko pelecehan seksual pada remaja disabilitas intelektual. Indramayu, Indonesia:CV.Adanu Abimata.

Mogot-Prahoro, I. Y. (2021). Manajemen surat kabar: Paduan ilmu, pengetahuan, seni, nurani, dan intuisi. Jakarta Timur, Indonesia: Prenada Media.

Morissan, M. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta, Indonesia: PRENADAMEDIA GROUP.

Nopriani, Y., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Meningkatkan keterampilan menyimak dengan metode bercerita melalui media boneka jari. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 121-128. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.121-128.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., & Ekonomi, J. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10. Permana, R. S. M., & Abdullah, A. (2020). Surat kabar dan perkembangan teknologi: Sebuah tinjauan komunikatif. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 2(1). Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/article/view/3086/2001.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Siburian, D. S., Sinaga, Y. A., & Turnip, H. (2022). Peranan guru PAK dalam pelayanan pendidikan ssiswa disabilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 50-56. https://doi.org/10.70294/juperan.v2i03.313.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Ummah, A. H. 2021. Manajemen industri media massa. Aceh, Indonesia: Syiah Kuala University Press.

Wahyuni, E. S. (2021). Aksesibilitas penyandang disabilitas pada layanan transportasi publik. Pekalongan, Indonesia: Penerbit NEM.

Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, S., Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan kognitif anak usia dini. Jakarta Timur, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Widodo, V. D. T., & Wahyudi, M. A. (2020). Analisis persyaratan kemudahan bagi disabilitas ditaman sampangan Semarang. UMPAK: Jurnal Arsitektur dan Lingkungan Binaan, 3(1), 33-48. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/577966411.pdf.

Wijaya, R. S. (2015). Hubungan kemandirian dengan aktivitas belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.