Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dasar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Drill

Widya Rahayu Puspita, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Kemampuan berhitung dasar matematika sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melewati penggunaan metode drill ialah tujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah SLR (Systematic Literature Review). Data berasal dari kata, frasa, dan kalimat yang diambil dari berbagai jenis jurnal yang sudah dipublikasikan kemudian diparafrasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Teknik validasi data yang dipakai triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menggunakan metode drill sebagai berikut: 1) pemilihan materi tepat, 2) menyusun variasi latihan, 3) fokus pada kecepatan dan akurasi siswa, 4) konsisten dengan waktu. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat delapan cara strategi metode drill yang bisa diterapkan agar kemampuan berhitung dasar siswa sekolah dasar bisa terus meningkat.
Kata kunci— Matematika, Metode Drill, Sekolah Dasar.


abstract— Basic math counting skills are very important for elementary school students. Improving basic math arithmetic skills of elementary school students through the use of drill method is the purpose of this research. The method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). The data comes from words, phrases, and sentences taken from various types of journals that have been published and then paraphrased. The data collection technique uses listening, noting, and engaging techniques. The data validation technique used is source triangulation. The results show that the strategy of using the drill method is as follows: 1) choosing the right material, 2) arranging a variety of exercises, 3) focusing on students’ speed and accuracy, 4) being consistent with time. The conclusion of this research is that there are eight ways the drill method strategy can be applied so that the basic numeracy skills of elementary school students can continue to improve.
Keywords— Mathematics, Drill Method, Elementary School.

Keywords


Mathematics, Drill Method, Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengola data: penerapan triangulasi teknik, sumber, dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis.

Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan kelembagaan peternakan, sebuah eksistensi bukan hanya mimpi: ulasan dengan metode systematic literature review (SLR). Jural Peternakan, 19(1), 9-21. http://dx.doi.org/10.24014/jupet.v19i1:14244.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf.

Andawiyah, R. (2014). Interelasi bahasa, matematika, dan statistik. Okara: Jurnal bahasa dan sastra, 8(2), 69-80. https://doi.org/10.19105/ojbs.v8i2.464.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan media belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.5749.

Artiasih, N. M. (2022). Metode drill sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Journal Of Education Action Research, 6(3), 396-402. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45827.

Daulay, A. F., Alfindi, A., Wiranda, A., Pardamean, P., & Yani, R. (2022). Penerapan metode ceramah dan metode drill dalam materi degree of comparison di Smp Swasta Al-Falah. Jurnal Multidisiplin Dahesen, 1(3), 399-404. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2660.

Eti, E. (2016). Penggunaan kartu bilangan untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Jurnal Dewantara, 2(2), 141-147. Retrieved from http://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/79.

Hidayah, M. A., & Rami, S. Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25. Retrieved from https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/article/view/1464.

Indriani, A. (2018). Penggunaan blok pecahan pada materi pecahan sekolah dasar. JIDMAT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11-16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418.

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181-188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153-164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454.

Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. Jurnal UNIVERSUM, 10(1), 65-71. Retrieved from https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/741.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Kurniawan, Y. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(1), 75-86. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/159.

Lestari, A. Y. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebab tingginya angka anak putus sekolah jenjang sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index.

Lily, N. M., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congkak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296-308. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.214.

Masthura, L., Salasi, & Zaura, B. (2016). Penerapan metode drill pada materi statistika kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, 1(1), 86-97. https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689.

Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 25-48 https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295.

Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas SD. Journal of Elementary Education, 2(1), 18-25. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3084.

Nazril, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen kurikulum sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289-1298. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Nisa, K. (2018). Analisi kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. Retrieved from http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Farid, H., Badruzzaman, B., &Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: jurnal teori dan terapan matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289-298. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1353/941.

Nursit, I. (2015). Pembelajaran matematika menggunakan metode discovery berdasarkan teori beban kognitif. Jurnal pendidikan matematika, 1(1), 42-52. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?user=RHv_0gcAAAAJ&hl=id&oi=sra.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika terhadap konsep bangun ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah SMP Islam Al-Ghazali kelas VIII. FIBON). ACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal pendidikan unsika, 2(1), 13-23. https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.118.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Prosiding: Seminar Nasional Daring, 1(1), 1906-1912. Retreievd from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1929.

Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi himpunan kelas 11 pada suatu SMP di Sentani. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131-140. Retrieved from https://seminarmat.ump.ac.id/index.php/semadik/article/view/289.

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. Prosiding Senatama, 1(1), 20-27. Retrieved from https://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/10.

Sumanty, R. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode drill Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 819-836. Retrieved from http://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/114.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bintang: Jurnal pendidikan dan sains, 2(2), 180-191. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890.

Syifa, F. M., & Simatupang, N. D. (2015). Dalam penggunaan sempoa dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak. PAUD teratai, 4(2), 1-6. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11386.

Unaenah, E. & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Journal Basicedu, 3(1), 106-111. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis metode pengembangan system informasi berbasis website: A literatur review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(3), 119-133.

https://doi.org/10.35969/intercom.v15i3.74.

Yanuarsari, R., Lathifah, E. D., & Lisnawati. (2022). Meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung melalui metode bernyanyi dengan media flash cards. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 128-133. Retrieved from https://journal.amikveteran.ac.id/index.php.

Yunus, H. N., Andriani, & Nurhidayah. (2020). Upaya pemberantasan buta aksara melalui pelatihan membaca menulis dan berhitung (CALISTUNG) di kampung pendidikan. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 139-144. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.264.

Zebua, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA 1 melalui metode drill di SMA Negeri 2 dGunungsitoli. Jurnal Education and Development, 7(4), 278-273. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1415.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.