Peran Media YouTube untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen
Abstract
abstrak—Keterampilan menulis cerpen adalah suatu keterampilan menyampaikan ide atau pemikiran dalam sebuah karya tulis cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen melalui media YouTube. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian study pustaka (liberary research) yang merupakan teknik pembacaan literasi yang bersumber dari sumber tertulis. Data yang diperoleh merupakan data sekunder yang bersumber dari buku terbitan dan jurnal nasional serta jurnal internasional. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan metode distribusional, Peneliti mencocokan ide yang dikembangkan dengan sumber referensi dari jurnal dan buku. Hasil dari penelitian ini adalah YouTube dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan atau meningkatkan keterampilan menulis dengan cara menggunakannya untuk belajar menulis cerpen. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam meningkatkan keterampilan menulis dapat memanfaatkan media YouTube.
Kata kunci—Keterampilan, Menulis cerpen, Media YouTube
Abstract-The skill of writing short stories is a skill to convey ideas or thoughts in a short story writing work. The purpose of this study is to improve students' ability to write short stories through YouTube media. In this research, the author uses a library study research method, which is a literacy reading technique sourced from written sources. The data obtained is secondary data sourced from published books and national and international journals. While the researcher's data analysis technique uses the distributional method, the researcher matches the ideas developed with reference sources from journals and books. The result of this study is that YouTube can be utilized as a means of developing or improving writing skills by using it to learn to write short stories. The conclusion of this study is that in improving writing skills can utilize YouTube media.
Keywords-Skills, Writing short stories, YouTube Media
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Plfah, A. (2017). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis teks cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1946
Dalman, H. (2016). Keterampilan menulis. Depok. RajaGrafinda Persada, Depok.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Setiana, L. N., Jayanti, R., Pratiwi, B., & Priyantoko, P. (2022). Pendampingan siswa SMP MBS Al-Amin Bojonegoro dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan metode project-based learning. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(03), 133-140. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456.
Hermanto, M. D., & Hasanudin, C. (2022, July). Meningkatkan keterampian menulis cerpen siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi Noveltoon. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 29-37). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran media YouTube sebagai sarana optimalisasi perkembangan kognitif pada anak usia dini, Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, 199-208. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9276.
Kusantati, H. (2006). Keterampilan. Bandung.GRAFINDO MEDIA PRATAMA.
lfah, A. (2017). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis teks cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1946.
Manuhung, S., & Misda, M. (2021). Peranan media Youtube dalam meningkatkan kesadaran berbusana muslimah dan akhlak bagi peserta didik di SMPN 1 Kota Palopo. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 4(1), 25-35. https://dx.doi.org/10.35914/jad.v4i1.677.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan YouTube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. https://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588.
Nanuru, R. F. (2017). YOUTUBE: Seni berwawasan teknologi modern. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:1JcmghhBB9UJ:scholar.google.com/+pengertian+YouTube&hl=id&as_sdt=0,5.
Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen (studi korelasional pada siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Penketerampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 49(2), 85-86. https://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180.
Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:dIUgKzyfoKoJ:scholar.google.com/+pengertian+YouTube&hl=id&as_sdt=0,5.
Putri, R. N., & Hasanudin, C. (2022, July). Peran Aplikasi Karya Karsa Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 89-95). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1217.
Robbins, M.2.1 Pengertian keterampilan. http://repository.unimar-amni.ac.id/2599/.
Santi, VP, Abdat, CH, & Mahmudah, U. (2017). Mengembangkan panduan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling , 5 (2), 95-100. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/view/11047.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.13.
Sugiarto, B. R., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi YouTube untuk Menumbuhkan Keterampilan Berbicara pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 105-117. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.330.
Susantati, E. (2019). Keterampilan berbicara. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Susantati, H., P, Tresna, P., Wiana, W., Irawan, Y. (2008). Keterampilan. Bandung: PT Multi Printindo Peesada.
Tinambunan, T. M. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i1.6756.
Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis cerpen di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.
Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. (2021). Pelatihan pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA It Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 38-47. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i1.2486.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.