Peran Aplikasi Karya Karsa Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
abstrak—Teknik penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topic pembahasan, diantaranya pembelajaran menulis cerpen, aplikasi Karyakarsa, siswa SMA dan topic pembelajaran mandiri. Data diperoleh dari buku-buku terbitan dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengamati peranan aplikasi karyakarsa dalam meningkatkan kemampuan menulis sastra cerpen pada siswa sekolah menengah atas (2) Meningkatkan kemampuan menulis sastra cerpen pada siswa sekolah menengah atas dengan aplikasi karyakarsa.Hasil penelitian menjelaskan bahwa aplikasi Karyakarsa berperan penting dalam meningkatkan kemampuan menulis sastra cerpen pada siswa SMA.Karena dapat meningkatkan semangat dan minat siswa terhadap materi tersebut. Selain itu dapat memudahkan siswa serta guru dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci—Menulis sastra cerpen, siswa SMA, Aplikasi KaryaKarsa.
Abstract—This research technique is library research which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including learning to write short stories, e-mail, the KaryaKarsa application, high school students and the topic of independent learning. The data is obtained from published books and also articles from research that have been published in national journals as well as international journals. The aims of this study were (1) to identify and observe the role of the Karyakarsa application in improving the ability to write short stories in high school students (2) to increase the ability to write short stories in high school students with the Karyakarsa application. The results of the study explained that the Karyakarsa application played an important role in improve the ability to write short stories in high school students. Because it can increase the enthusiasm and interest of students towards the material. Besides that, it can facilitate students and teachers in the teaching and learning process.
Keywords—Writing short stories, high school students, Karyakarsa applicationKeywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., & Inawati, I. (2020). Kemampuan mahasiswa semester V menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Jurnal bindo sastra, 4(2), 102-107. Doi https://doi.org/10.32502/jbs.v4i2.2565
Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013).Studi kepustakaanmengenailandasanteori dan praktikkonselingresolusikonflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.
Anitaanita. (2018). Peran aplikasikarya sastra saatpembelajaranmenulis sastra cerpen.
Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi KepustakaanPenerapanKonselingNaratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226
Haryanti, A.S. (2018). Penggunaan media gambar dan media radio pada pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja- Tangerang. Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondersharefilmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. Doi https://doi.org/10.18280/rces.060301
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., &Pristiwati, R. (2021, December).Strategi menyusunbahan ajar inovatifberbasis mobile learning untukpembelajaranmatakuliahketerampilanmenulis di abad 21.In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.
Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagaiteknikpengumpulan data dan metodepenelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature
Jurnal Kredo, 1(2), 14-25. Doi https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108
Karya Karsa. Kulturistik : Jurnal Bahasa dan Budaya, 6(1), 1-8. Doi https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.2754
Kosasih, E. (2020). Pengembanganbahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Mahendra, Y. (2018). Manajemen karakter peserta didik melalui keterampilanmenulis kritis. Al – idarah: Jurnal kependidikan islam, 8(2), 199-209. Doi https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3118
Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkahpenyusunanlaporanarus Kas. JAS (JurnalAkuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115
Mustikowati, D., & Wijayanti, E.(2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambung. Briliant : Jurnal riset dan konseptual, 1(1), 39-42. Doi http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5
Nadhifah, K. (2018). Writing competition sebagai upaya menciptakan kreativitas menulis pada mahasiswa Universitas Jember. Jurnal pustaka ilmiah,4(2). 593-711. Doi http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100325
Perangin-angin, E.(2019). Peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan model kontekstual kelas X-1 SMA free methodist Medan tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP),1(2), 82-86. Doi https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.600
Pratama, P.A., & Wati, R. (2022). Penggugatan kanosisasi sastra melalui media siber
Sabarguna & Subirosa, B. 2005.Analisis data pada penelitiankualitatif. Jakarta: UI Press.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagaisumberbelajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.