Meningkatkan Keterampian Menulis Cerpen Siswa SMA Dengan Memanfaatkan Aplikasi Noveltoon

Moh. Dika Hermanto, Cahyo Hasanudin

Abstract


 

abstrak— Keterampilan menulis adalah keahlian dalam menggunakan bahasa untuk menciptakan ide atau estimasi untuk disampaikan kepada seseorang melalui sebuah tulisan. Pada umumnya keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA masih mengalami hambatan. Disini peneliti membuat konsep pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka (library research) dan mengambil data dari buku maupun artikel dari jurnal. Data sekunder yang digunakan pada penelitian ini berhubungan langsung dengan pembahasan, antara lain: Keterampilan menulis cerpen, siswa SMA, dan aplikasi noveltoon. Data – data pada penelitian ini diambil dari buku – buku dan jurnal atau artikel nasional maupun internasional. Hasil dari penelitian ini menjelaskan mengenai peran aplikasi noveltoon dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ini diaharapkan dapat membantu dalam proses meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis cerpen pada siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon.

Kata kunci— Keterampilan menulis cerpen, siswa SMA, Aplikasi Noveltoon

 

 

Abstract— Writing skills are skills in using language to create ideas or estimates to convey to someone through writing. In general, short story writing skills in high school students are still experiencing obstacles. Here the researcher creates a learning concept that aims to improve short story writing skills by utilizing the noveltoon application. The method used by the author in this study is a library research method and takes data from books and articles from journals. The secondary data used in this study is directly related to the discussion, including: Short story writing skills, high school students, and noveltoon applications. The data in this study were taken from books and journals or national and international articles. The results of this study explain the role of the noveltoon application in improving short story writing skills in high school students. In this study, it is hoped that it can help in the process of improving the learning of short story writing skills for high school students by utilizing the noveltoon application.

Keywords— short story writing skills, high school student, Noveltoon


Keywords


short story writing skills, high school student, Noveltoon

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, S., & Irmawati, I. (2015). Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IX SMP UNISMUH Makassar. Jurnal Konfiks, 2(1), 10-23. Doi https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i1.397.

Aldianto, L., dkk. (2018). Pengembangan science dan technopark dalam menghadapi era industri 4.0 - sebuah studi pustaka. Manajemen Jurnal Indonesia, 18(1), 68-76. Doi https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.

Amelia,R., dkk. (2015).Pembelajaranmenulislaporanpercobaandenganpendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UND tahun 2015, 1(1), 1-8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4859.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. Doi https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Dewi, N. N. K., dkk. (2019). Pengaruhmodel pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia. Journal Of Education Technology, 3(4), 278-285. Doi https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Fitryana, D. I. (2011). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media berita dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Sripsi S1. Yogyakarta: Program Study Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY, 2011.

Hafizah, T., dkk. (2018). Kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Jurnal PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 394-402.Doihttps://doi.org/10.24036/100761-019883.

Hasanudin, C., dkk. (2022). Pendampingan siswa SMP MBS AL-Amin Bojonegoro dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan metode Project-Based Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(03), 133-140. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/126.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Idarliati, I. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakanmediagambar. JournalOfIslamicElementarySchool, 1(1), 1-15. Doi http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/view/380.

Mahendra, Y. (2018). Manajemen karakter peserta didik melalui keterampilan menulis kritis. Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 1-11. Doi http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/3118/2548

Lauma, A. (2017). Unsur - unsur intrinsik cerita pendek "Protes" Karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5), 1-25. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053

Layaliya, F. N., dkk. (2021). Media pembelajaran bahasa dan sastra (studi pustaka). Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84. Doi https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392.

Malladewi, M. A. (2013). Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswakelasIVdi SDNegeri Balasklumprik1/434Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal -penelitian-pgsd/article/view/3059.

Milawasri, F. A. (2017). Analisis karakter tokoh utama wanita dalam cerpen mendiang karya SN Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87-94. Doi https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.740

Mujiningsih, E. N., Yetti, E. (2022). Audiobook dalam noveltoon ceo gondrong itu, suamiku karya julies. Sinar Bahtera, 21-28. Doi https://doi.org/10.51817/sb.vi.78.

Mulyaningtyas,R.,&Ekafebriyanti,V.(2021).Pemanfaatannoveltoonsebagaimedia pembelajaran prosa di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya,2(2), 87-106. Doi https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3938.

Nurcahyati, D., dkk. (2019). Analisis unsur - unsur intrinsik cerpen "Senyum Karyamin" Karya Ahmad Tohari. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(6), 976-986. Doi http://dx.doi.org/10.22460/p.v2i6p%25p.3772

Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336

Nurjani.(2018).Literasi pada pembelajaran menulis bagian Sekolah Dasar. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(1), 233-242. Retrieved fromhttps://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1313.

Praningrum, H. I., & Wati, R. (2021). Berbagai topik sastra dalam ranah cyber:Dari popularitas hingga komunitas cerita bertopik misteri. JurnalPenelitianBahasadan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 11-19. Doi http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4632.

Rofiaturrizqiyah., & Yermiandhoko, Y. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif "Jujiteks" berbasis peardeck dan wordwall materi struktur teks kelas V MI Islamiyah Ngoro Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,1(02),454-468. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal -penelitian-pgsd/article/view/45889.

Sari, D. M., dkk. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 5-8. Doi https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5543

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 1-5. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sidik, F. (2015). Menggali potensi lokal mewujudkan kemandirian desa. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 19(2), 115-131. Doi https://doi.org/10.22146/jkap.7962

Sugihartati,A.,dkk.(2019).Korelasi keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI ISMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 6-14. Doi https://doi.org/10.24036/103909-019883.

Sum, T. M. (2018). Unsur Ekstrinsik dalam kumpulan cerpen keremunting "Malam Indah" Karya Rus Abrus. Jurnal Pustaka Budaya, 5(1), 47-52. Doi https://doi.org/10.31849/pb.v5i1.1461

Trismanto.(2017). Keterampilan menulis dan permasalahannya. Bangun Rekaprima, 3(1), 62-67. Retrieved from https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/download/764/648

Triyani ,N., dkk. (2018). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis teks anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 1-8. Doi http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.978.

Wahyuni, S. (2018). Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX.2 SMP Negeri 3 Batangharidengan menggunakan media noveltoon semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Journa lEducation Of Batanghari, 2(8), 103-115. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/73.

Wahyuni, S. (2020). Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX.2 SMP Negeri 3 Batanghari dengan menggunakan media noveltoon semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Journal Education Of Batanghari, 2(8), 103-115. Doi https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/73

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 106-113. Doi https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2663

Yusuf, Y., dkk. (2022). Keterampilan menulis: Pengantar pencapaian kemampuan espitemik. Banda Aceh, Indonesia: Syiah Kuala University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.