Pemanfaatan Aplikasi Fizzo untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Mahasiswa dalam Menulis pada Pembelajaran Abad 21
Abstract
Abstrak— Menulis adalah suatu kegiatan komunikasi dengan bentuk penyampaian informasi atau pesan secara tertulis menggunakan bahasa tulis yang dipakai sebagai media atau alatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan dorongan bagi para mahasiswa agar tertarik dengan dunia kepenulisan. Untuk bisa menulis, maka seseorang harus belajar, salah satunya belajar dari aplikasi yang bernama Fizzo Novel. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah studi pustaka atau penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sumber data yang digunakan ialah sumber data sekunder, di mana sumber data tersebut diperoleh dari artikel-artikel yang sudah terpublikasi di jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah tentang beberapa hal yang harus diperhatikan agar seorang mahasiswa bisa mempunyai ketertarikan untuk menulis. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk bisa menulis itu butuh beberapa hal, salah satunya adalah motivasi. Dalam hal ini, motivasinya adalah uang, yang bisa didapat ketika menulis di aplikasi Fizzo Novel.
Kata kunci— Mahasiswa, pembelajaran abad 21, menulis, Fizzo.
Abstract— Writing is a communication activity in the form of conveying information or messages in writing using written language as a medium or tool. The purpose of this research is to provide encouragement for students to be interested in the world of writing. To be able to write, one must study, one of which is learning from an application called Fizzo Novel. The method used in this research is literature study or research by analyzing data sources. The data source used is a secondary data source, where the data source is obtained from articles that have been published in national journals. The results of this study are about several things that must be considered so that a student can have an interest in writing. The conclusion of this research is that to be able to write requires several things, one of which is motivation. In this case, the motivation is money, which can be earned when writing on the Fizzo Novel app.
Keywords— Student, 21st Century Learning, Writing, Fizzo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, A., & Hasanuddin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1), 858-868. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1345.
Arifa, D. (2017). Peningkatan keterampilan membaca cerpen dengan metode P2R. Malang: Media Nusa Creative.
Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi ,2 (2), 123-132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453.
Faizi, A. (2022). Ternyata Menulis Buku itu Mudah. Malang: UNISMA press.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 35-38. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/41217/.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.
Haris, M. A., & Hasanuddin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo Novel Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1), 122-130. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1254.
Hasanuddin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4 (1), 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal Komunikator, 8 (2), 51-66. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (2), 87-97. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.
Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: universitas potensi utama). Semnasteknomedia Online, 3 (1), 2-1-73. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2), 127-137. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Rahmiati, R. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 3 (2), 254-269. https://doi.org/10.24252/ad.v3i2.1513.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6 (3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Subandiyah, H. (2015). Literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2 (1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p.
Trismanto, T. (2017). Keterampilan menulis dan permasalahannya. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 3 (1), 62-67. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i1,%20April.764.
Widyaningrum, H. K., & Hasanuddin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8 (2), 189-199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.