Pemanfaatan Aplikasi Fizzo Novel Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di SMA

M. Alfan Haris, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Membaca merupakan salah satu komponen dari empat keterampilan berbahasa yang memunyai fungsi,manfaat,dan jenisnya. Salah satu karya sastra yang dapat dibaca adalah novel. Secara umum minat keterampilan membaca banyak menemui hambatan. Disini penulis bertujuan memanfaatkan platform media social berupa aplikasi Fizzo Novel untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah menengah atas. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan data yang bersumber dari buku atau artikel yang sudah di publikasikan di dalam jurnal. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berhubungan dengan keterampilan membaca,novel,siswa SMA,dan juga Fizzo Novel. Hasil penelitian menjelaskan tentang peran aplikasi Fizzo Novel dapat meningatkan minat keterampilan membaca novel di sekolah menengah atas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat keterampilan membaca dengan memanfatkan aplikasi Fizzo Novel.

Kata kunci— Keterampilan Membaca,Novel,SMA,Fizzo Novel

 

 

Abstract Reading is one component of the four language skills that have functions, benefits, and types. One of the literary works that can be read is the novel. In general, interest in reading skills encountered many obstacles. Here the author aims to utilize a social media platform in the form of the Fizzo Novel application to improve the reading skills of high school students. The research used in this research is library research, namely by collecting data sourced from books or articles that have been published in journals. The data used is secondary data related to reading skills, novels, high school students, and also Fizzo Novels. The results of the study explain the role of the Fizzo Novel application in increasing interest in novel reading skills in high school. This is expected to increase interest in reading skills by utilizing the Fizzo Novel application.

Keywords— Reading Skills,Novel,High School,Fizzo Novel


Keywords


Reading Skills,Novel,High School,Fizzo Novel

Full Text:

PDF

References


Afroka, M. (2020). Nilai Pendidikan Religius pada Novel Sandiwara Langit Karya Abu Umar Basyier. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 25-29.retrived from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/620.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1027

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17-32. DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Febriyanti, N. E. (2019). Keterampilan Berbahasa: Membaca Nyaring doi10.31227/osf.io/7an6y

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8 https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2

Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2020). Verbal Linguistic Intelligence of the First-Year Students of Indonesian Education Program: A Case in Reading Subject. European Journal of Educational Research, 9(1), 117-128.retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1241207

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97.retrived from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67-86. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v2i2.p67-86

Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2017). Penggunaan digital book berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa arab. Pedagogia, 15(2), 170-182. DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i2.8094.

Mulyaningtyas, R. (2017). Aktivitas Membaca Nyaring untuk Anak Usia 0-2 Tahun. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1).retrieved from http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/223 .

Nurhasanah, E. (2018). Analisis unsur ekstrinsik novel “merry riana-mimpi sejuta dolar’’karya alberthiene endah dan pemanfaatannya sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 23-26.retrieved from https://unibba.ac.id/ejournal/index.php/metamorfosis/article/view/26.

Pamungkas, A. W. B., Ramadhani, R. S., & Lailin, M. A. H. (2021). PESAN KEMANUSIAAN PADA NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER. PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora, 2(1), 81-104.retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/1705.

Parlina, R. (2019). NOVEL CARITA SI DIRUN KARYA SAMSOEDI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MEMBACA NOVEL DI SMP. JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 5(1), 45-54. DOI: https://doi.org/10.33222/jaladri.v5i1.1472

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Purnamasari, H., & Nugraha, T. A. (2020). MENYINGKAP NARASI DEKONSTRUKSI DALAM NOVEL CALA IBI (BERHALUSINASI TENTANG SEBUAH HALUSINASI). GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.doi https://doi.org/10.19105/ghancaran.v0i0.3762

Saraswati, C. D. (2019). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan membaca anak dalam memahami isi bacaan. Doi10.31227/osf.io/5v3qg

Sari, N. (2017). Kekerasan Perempuan dalam Novel Bak Rambut Dibelah tujuh Karya Muhammad Makhdlori. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta PembelajarannyaDOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i2.792

Sartika, E. (2014). Analisis isi kualitatif pesan moral dalam film berjudul “Kita versus Korupsi.”. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), 63-77.retrieved from http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/05/JURNAL_ELITH_2014_2009%20(05-19-14-06-40-17).pdf

Sidik, F. (2015). Menggali potensi lokal mewujudkan kemandirian desa. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 19(2), 115-131. https://doi.org/10.22146/jkap.7962.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA, 5(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093

Wahyuni, S. (2018). Ekranisasi Novel Danur Karya Risa Saraswati ke dalam Film Danur Karya Sutradara Awi Suryadi (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/22413.

Wardani, Y. F. (2018). Nilai pendidikan karakter dalam novel Rindu karangan Tere Liye: Tinjauan psikologi karakter. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 246-274. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.020207

Widianto, E. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3r Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). DOI https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7380


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.