Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis

Anggita Amelia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Menulis merupakan proses teratur dengan menggunakan wujud lambang-lambang bunyi yang mudah dipahami secara terperinci serta signifikan. Menfaat menulis adalah akan membantu para pelajar atau mahasiswa bahkan masyarakat untuk menunagkan karyanya dalam bentuk tulisan, sehingga dapat duusebarkan dan dilihat banyak orang. Walaupun manfaat menulis  sangat  banyak, tetapi tingkat minat menulis di Indonesia masih tergolong rendah. Karena perkembangan zaman membuat minat menulis semakin rendah, terlebih pada kalangan pelajar SMA sebagai generasi bangsa. Dengan ini penulis memberikan solusi melalui pemanfaatan aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang merupakan suatu metode penelitian dengan mencari beberapa sumber yang kongkret serta dapat bersumber dari perpustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan sumber data sekunder atau orang kedua. Dalam metode sekunder akan langsung mengacu pada topik yang dibahas, yaitu 1) aplikasi tiktok, 2) siswa SMA, serta 3) menulis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari buku-buku yang ditebitkan dari dalam atau luar  negeri serta beberapa artikel, makalah dalam jurnal nasional atau internasional. Hasil  dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi tiktok dapat mengembangkan bakat siswa SMA di bidang menulis.

Kata kunci— aplikasi tiktok, siswa SMA, menulis.

 

Abstract— Writing is an orderly process by using sound symbols that are easy to understand in detail and significantly. The benefit of writing is that it will help students or even the public to put their work in written form, so that it can be shared and seen by many people. Although the benefits of writing are numerous, the level of interest in writing in Indonesia is still relatively low. Because of the times, the interest in writing is getting lower, especially among high school students as the nation's generation. With this the author provides a solution through the use of the tiktok application. This research uses library research which is a research method by looking for some concrete sources and can be sourced from the library. Sources of data used in the study using secondary data sources or the second person. In the secondary method, it will directly refer to the topics discussed, namely 1) tiktok applications, 2) high school students, and 3) writing. Sources of data used in this study came from books published from within or outside the country as well as several articles, papers in national or international journals. The results of this study indicate that the use of the tiktok application can develop the talents of high school students in the field of writing.

Keywords— tiktok application, high school students, writing.


Keywords


tiktok application, high school students, writing.

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra, 6(2), 147-157. Rertived from. https://www.academia.edu/download/64154867/jurnal%20metafora%202020.pdf.

Amalia, R. R. (2015). Literasi digital pelajar SMA: Kemampuan berkomunikasi dan berpartisipasi pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 224-240. Doi. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=653174&val=10414&title=Literasi%20Digital%20Pelajar%20SMA%20%20Kemampuan%20Berkomunikasi%20dan%20Berpartisipasi%20Pelajar%20SMA%20Negeri%20di%20Daerah%20Istimewa%20Yogyakarta%20Melalui%20Internet.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147-158. Doi. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959.

Alwasilah, A. C., & Alwasilah, S. S. (2022). Pokoknya menulis: Cara baru menulis dengan metode kolaborasi. Bnadung, Indonesia :Kiblat Buku Utama.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262. Doi. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723.

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105-113. Doi. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778.

Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59-65. Doi. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 77-83. Doi. https://doi.org/10.33366/jisip.v7i2.1432.

Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125-137. Doi. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i1.325 .

Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55. Doi. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5 .

Harmawati, H., Sari, D. A., & Verini, D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Pelajar SMA Tentang HIV/AIDS. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(3), 588-595. Doi. http://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3058.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80. Doi.. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278 .

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 59-69. Doi. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975 .

Ishak, S. (2014). Cara Menulis Mudah. Jakarta, Indonesi :Elex Media Komputindo.

Kalsum, U., & Halim, R. (2016). Kebiasaan Sarapan Pagi Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Remaja di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal penelitian universitas jambi seri sains, 18(1), 09-19. Retrived from. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/770.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2), 1-6. Doi.https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.7646.

Matus, D. A. (2017). Pengaruh tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan orang tua serta disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri di bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 136-148. Rertrived from. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/770.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/search

Oktavianti, R., & Loisa, R. (2017). Penggunaan media sosial sesuai nilai luhur budaya di kalangan siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 86-95. Retrived from. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=592960&val=8860&title=Penggunaan%20Media%20Sosial%20Sesuai%20Nilai%20Luhur%20Budaya%20di%20Kalangan%20Siswa%20SMA.

Owon, R. A. S. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis berbagai jenis teks bertema kearifan lokal Sikka bagi siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528-541. Retrived from. https://202.52.52.7/index.php/jinop/article/view/4318.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65. Retrived from. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/viewFile/651/543.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :Litbangdiklat Press.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia :UI Press.

Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117. Doi. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500.

San F. D. (2018). Pembelajaran kooperatif melalui teknik duti-duta dalam meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 159-167.Retrived from. https://scholar.archive.org/work/6p4auo35sffcrm4zyki7nkprh4/access/wayback/http://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/viewFile/9556/pdf.

Wibowo, W. (2011). Cara cerdas menulis. Jakarta, Indonesia :Penerbit Buku Kompas.

Winarto, W. W. A. (2021). Program peningkatan minat menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 22-26. Doi. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114 .

Yulita, I. (2018). Analisis prekonsepsi siswa terhadap kemampuan menghubungkan konteks air laut dengan konten hakikat ilmu kimia kelas X SMA. Jurnal pendidikan sains (JPS), 6(1), 64-72. Retrived from. https://core.ac.uk/download/pdf/234037817.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.