Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA

Mei Indra Dewi, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Aplikasi tiktok merupakan platform video viral beberapa waktu lalu yang menyediakan fitur musik, filter dan efek menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pemanfaatan Aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Data sekunder, dimana peneliti menggunakan data dari penelitian terdahulu yang bersumber dari buku, artikel, dan jurnal ilmiah. Penelitian ini menggunakan Langkah-langkah berdasarkan pendapat dari Marry W. George. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA dan juga terdapat Langkah-langkah penggunaan aplikasi tiktok dengan tujuan untuk mempermudah cara penggunaannya. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diberikan pada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dan berkomunikasi Bahasa Indonesia baik secara tulis maupun lisan, serta dapat menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra Indonesia. Kemudian dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat mengisi suatu angket untuk mengetahui suatu arah perubahan pada peningkatan peserta didik.

 

Kata kunci— Aplikasi Tiktok, Minat Belajar Bahasa Indonesia, Siswa SMA

 

 

 

Abstract— TikTok app is a viral video platform some time ago that provides music features, filters and interesting effects. The purpose of this study is to find out how much utilization of the TikTok Application to increase interest in learning Indonesian subjects. This research uses secondary data, where researchers use data from previous research sourced from books, articles, and scientific journals. This study used Steps based on the opinion of Marry W. George. The results of this study show that there is a use of the TikTok application as an interest in learning subjects Indonesian high school students and there are also steps to use the TikTok application with the aim of making it easier to use. Indonesian is a subject given to students to improve their ability and communicate Indonesian both in writing and orally, and can foster appreciation of the results of Indonesian literary works. Then in increasing interest in learning subjects Indonesian can fill out a questionnaire to find out a direction of change in the improvement of students.

 

Keywords— Tiktok Application, Interest In Learning Indonesian, High School Students


Keywords


Aplikasi Tiktok, Minat Belajar Bahasa Indonesia, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148. Doi https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Agis, D. P. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15053.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). Doi http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. Doi https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.

Fanaqi, C. (2021). Tiktok Sebagai Media Kreativitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105-130. Doi https://doi.org/10.14421/JD.22.1.21.4.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120-128. Retrieved from http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Huda, Y. N., Sukatman, S., & Widayati, E. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Memproduksi Pementasan Drama untuk Kelas XI SMA. Jurnal Edukasi, 2(1), 19-25. Doi https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3406.

Ilfana, A. (2022). Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Guru Bimbingan Konseling (Suatu Tinjauan Studi Pustaka). Jurnal Paedagogy, 9(1), 192-197. Doi https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4534.

Mardiana, D., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1-18. Retrieved from http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:MJhIZZNag5MJ:scholar.google.com/+langkah+penelitian+marry+w+george&hl=id&as_sdt=0,5.

Mutakin, T. Z., & Sumiati, T. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). Doi http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.64.

Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1127-1134. Doi https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1317.

Puspitasari, W. D. (2015). Metode Pembelajaran Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 266395. Doi https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.

Putrayasa, I. B. (2010). Penerapan Model Konstruktivisme Berpendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1). Doi https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i1.1700.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). Doi http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.

Ripai, I. (2020). Analisis Pertandingan Antara Facebook Ads Dengan Tiktok Ads Terbadap Perkembangan Bisnis Penjualan Online Di Era Digital. ICT Learning, 4(2). Doi https://doi.org/10.33222/ictlearning.v7i2.1238.

Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia,37(1), 171-176. Doi http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315.

Solin, M. (2010). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahas, 20(03). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/478.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19. Retrieved from Microsoft Word - BING4214_M1_K2.doc (ut.ac.id).

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Cerpen Di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. Doi https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.