Pemanfaatan Media Blog untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Menengah Atas

Lyli Su'udia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Dalam pembelajaran bahasa indonesia terdapat empat aspek berbahasa, salah satunya  keterampilan menulis. Untuk pembelajaran keterampilan menulis dengan baik maka, tujuan penelitian yaitu adanya penggunaan media blog dapat mengembangkan keterampilan menulis dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) yaitu penelitian menggunakan data pustaka dengan cara menganalisis sumber data. Dalam pengumpulan data penelitian, menggunakan teori Mary W. George. Pemerolehan sumber data penelitian  menggunakan data sekunder dari jurnal, artikel yang dipublikasikan. Dalam validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dan pembahasan penelitian memaparkan cara mengimplementasikan media blog dalam belajar keterampilan menulis dengan tahap sebagai berikut: 1) membuka situs web, 2) masuk pada laman pilih nama untuk blog yang akan dibuat, 3) pada tahap akhir akan tampak dashboard blog, dan dapat diisi sesuai keinginan. Simpulan dalam penelitian yaitu media blog dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis.

Kata kunci— keterampilan menulis, siswa SMA, media blog

                                                       

Abstract—In learning Indonesian there are four aspects of language, one of which is writing skills. For learning writing skills well, the research objective is that the use of blog media can develop writing skills in learning. This research uses the method of library research (library research), namely research using library data by analyzing data sources. In collecting research data, using the theory of Mary W. George. Obtain research data sources using secondary data from journals, published articles. In data validation using triangulation techniques. The results and discussion of the research describe how to implement blog media in learning writing skills with the following stages: 1) open the website, 2) enter the page, select a name for the blog to be created, 3) in the final stage, the blog dashboard will appear, and can be filled as you wish. The conclusion in the study is that blog media can be applied to improve writing skills.

Keywords— writing skills, high school students, blog media

 


Keywords


writing skills, high school students, blog media

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

AR, H. F., Fitri, E. A., Manalu, H. M., & Azzahra, A. (2023). Kemampuan menulis arab melayu siswa kelas vi sd negeri 001 buluh cina. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 62-72. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.291.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan metode picture and picture untuk peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas viii smp al ihsan dan smp tashfia kota bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36. http://dx.doi.org/10.24269/adi.v2i1.887.

Dalman. (2015). Penulisan populer. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Dalman. (2021). Keterampilan menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 163-169. Retrieved from: https://www.neliti.com/publications/126764/pengembangan-media-blog-sebagai-sarana-informasi-untuk-meningkatkan-kemampuan-pe.

Hakim, R. T. Y., Fajria, A., & Fatimah, N. (2021). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19 tantangan yang mendewasakan. Yogyakarta: UAD Press.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hermanto, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan keterampian menulis cerpen siswa sma dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1), 29-37. Retrieved from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279.

Khosiyono, C. H. B., dkk. (2022). Teori dan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolah dasar. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA).

Komaidi. D. (2017). Panduan menulis kreatif proses, keterampilan, dan profesi. Yogyakarta: Araska.

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). Retrieved from: http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/download/111/107.

Lestari, H. (2020). Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597-604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769.

Listiani, F. D. (2020). Faktor penyebab kesulitan menulis fabel dan model pembelajaran yang diharapkan mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia Universitas Sanata Dharma. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 112-128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883.

Lubis, M. S., Syahrul, R., & Juita, N. (2014). Pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbantuan peta pikiran pada materi menulis makalah siswa kelas xi SMA/MA. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1). 1-13. Retrieved from: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5026.

Murti, S., & Misriani, A. (2020). Implementasi Media Blog dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Kreatif Berbasis Apresiatif-Komunikatif. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(1), 81-91. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i1.1770.

Nuriyana, A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan media blog untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1), 306-313. Retrieved from: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1243.

Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Sartono, S. (2016). Pemanfaatan blog sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 102-134. Retrieved from: https://www.neliti.com/publications/197182/pemanfaatan-blog-sebagai-media pembelajaran-alternatif-di-sekolah.

Sianipar, N. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan artikel terhadap minat menulis dan hasil belajar siswa. EduChem, 3(1). 35-44. http://dx.doi.org/10.26418/educhem.v3i1.38650.

Sugiharti, R. E., & Oktaviana, S. (2023). Penerapan model picture and picture sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 32-40. Retrieved from: https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/4615/2545.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknodik, 22(2), 143-158. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Ubaidillah, T. (2017). Kiat sukses jadi blogger kaya raya strategi membuat blog dan bisnis google adsense. Semarang: Formaci.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2). 106-113. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2663.

Zulkarnaini, Z. (2014). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa PGSD semester I melalui drill method. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2). 3-9. Retrieved from: http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/144/73


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.