Pemanfaatan Media Blog untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP

Aghnina Nuriyana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media blog untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan data penelitian berupa data sekunder yang relevan dengan topik pembahasan. Data bersumber dari buku terbitan Indonesia dan luar negeri, serta artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional. Prosedur penelitian ini menggunakan teori Mary W. George. Dalam validasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media blog dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP. Media ini dimulai dengan menu login, setelah tombol “login” di klik maka media ini akan mengarah ke menu ajakan, kemudian klik tombol postingan sehingga akan mengarah ke menu-menu yang lain. 

Kata kunci: media blog, kemampuan menulis, cerpen, siswa SMP.

 

Abstract.The study aims to investigate a media use of the blog to improve the writing of middle school short stories. This study is a library research with secondary data relevant to the topic discussion. The data comes from national and international books, and the articles that have been published in national and international journals. This research procedure implements the theory of Mary W. George. In data validation, researchers use data triangulation techniques. The study concluded that blog media can improve the ability to write middle school short stories. This media starts with the login menu, after the “login” button is clicked it will lead to the invitation menu, then click the upload button so it will lead to the others.

Keywords: blogging, writing skills, short story, junior high school student.


Keywords


blogging, writing skills, short story, junior high school student.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., dkk. (1989). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, Ch. (2005). Peningkatan penggunaan bahasa ilmiah dalam membangun budaya menulis.dalam (Wiedarti, Redaktur),Menuju Budaya Benulis, suatu Bunga Rampai (hlm.3-7). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ati, A. P., dkk. (2018). Penerapan metode picture and picture untuk peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas viii smp al ihsan dan smp tashfia kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Fachruddin, M. (2016). Blog sebagai media pembelajaran, Mufa Media, Retrived from: http://mufamedia.blogspot.co.id/2015/12/blog-sebagai-media-pembelajaran.html.

Fatmayanti., Andi. (2015). “Pemanfaatan media blog sebagai sarana informasi untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir di SMAN 1 Bulukumba”. Psikologi dan konseling 1(2):163-69. Retrived from: http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK.

George, M.W. (2008). The elements of library research. New Jersey: Princeton University Press.

Handono. (2013). Pengembangan materi layanan informasi studi lanjut melalui media blog di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA,(online), 4(1). Retrived from: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalbkunesa/article/view/6232/baca-artikel.

Keraf, Gorys. (2002). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaria, D., Andayani, & K. Saddhono. 2017. Penguasaan kalimat efektif sebagai kunci peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi. Doi http://dx.doi.org/10.26499/metalingua.v15i2.63.

Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis dikalangan mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman,6(1), 1. Doi https://doi.org/10.24269-/muaddib.v6n1.2016.1-20.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Sari,R.A., dkk. (2014). Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis blog untuk materi struktur atom dan sistem periodik unsur SMA kelas IX. Jurnal Pendidikan Kimia, (online), 3(2). Retrived from: http://jurnal.fkip.usm.ac.id.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksana, A. (2013). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garuda Waca.

Zebua, F. (2008). Google Adsense: Mudah Meraup Dolar di Internet Untuk Semua Orang. Yogyakarta: Mediakom.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.