Peran Media YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak— Sekolah dasar merupakan pendidikan formal dasar yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan dalam memanfaatkan media YouTube untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Peneliti menggunakan studi pustaka atau literature research dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari jurnal nasional. Pengumpulan data menggunakan teori dari Marry. W. George yang dimodifikasi oleh peneliti, 1) pemilihan topik mengenai cara meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar menggunakan aplikasi YouTube, 2) peneliti membuat konsep yang dapat menarik siswa untuk melihat YouTube agar meningkatkan kemampuan literasi, 3) peneliti menentukan cara pemakaian aplikasi YouTube dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar, 4) peneliti memberikan simpulan bahwa aplikasi YouTube dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa sekolah dasar melalui video yang ada. Hasil dalam penelitian ini yaitu aplikasi YouTube merupakan aplikasi sosial media yang memuat berbagai video serta animasi yang dapat diakses dengan internet maupun Wifi. Cara penggunaan aplikasi YouTube yaitu, 1) Buka menu aplikasi YouTube yang telah tersedia dari HP, 2) pada kolom pencarian, ketik video atau sesuatu yang ingin ditonton, 3) Jika video yang telah muncul klik video untuk ditonton 4) Jika ingin pindah atau ingin menonton yang lain tinggal klik tombol kembali, pada kolom pencarian klik tanda (x) kemudian ketik videoa apa yang ingin ditonton 5) Selesai. Dengan demikian, aplikasi YouTube dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemamapuan literasi siswa dekolah dasar dengan memanfaatkan video yang tersedia didalamnya.
Kata kunci—Sekolah Dasar, Literasi, dan Media YouTube
Abstract— Primary school is the basic formal education in Indonesia. This research aims to utilize YouTube media to improve the literacy skills of elementary school students. Researchers used literature research by using secondary data sourced from national journals. Data collection uses the theory of Marry. W. George modified by the researcher, 1) selection of topics on how to improve literacy skills of elementary school students using YouTube applications, 2) researchers create concepts that can attract students to view YouTube in order to improve literacy skills, 3) researchers determine how to use YouTube applications in improving literacy skills of elementary school students, 4) researchers provide conclusions that YouTube applications can be used to improve literacy skills in elementary school students through existing videos. The results in this study are that the YouTube application is a social media application that contains various videos and animations that can be accessed by internet or Wifi. How to use the YouTube application, namely, 1) Open the YouTube application menu that is available from the cellphone, 2) in the search field, type the video or something you want to watch, 3) If the video that has appeared click the video to watch, 4) If you want to move or want to watch something else just click the back button, in the search column click the sign (x) then type what video you want to watch 5) Done. Thus, the YouTube application can be used as a medium to improve the literacy skills of elementary school students by utilizing the videos available therein.
Keywords— Elementary School, Literacy and YouTube Media
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52. Retrieved from https://www.academia.edu/download/52185097/6._Aulia_Akbar.pdf.
Aldianto, L, dkk. (2018). Pengembangan science the technopark dalam menghadapi era industry 4.0 - sebuah studi pustaka. Jurnal manajemen Indonesia, 18(1), 68-76. Doi https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.
Amelia, R. F., & Lestari, T. (2021). Tanggapan orang tua mengenai pengaruh youtube terhadap emosi anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1482-1489. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1124.
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52-58. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/uhkkwtkjebcirldtliam5wzipm/access/wayback/https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/25916/pdf.
Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69-74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102.
Aqilah, F., & Ardina, M. (2021). YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Audiens, 2(2), 166-173. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11863.
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif di smk nurul yaqin sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 522-527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.
Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536.
Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islaminasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal studi agama dan masyarakat, 12(1), 115-125. Doi https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.
Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72-75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589.
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98-106. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/11-Yuli_Nurul-EDIT.pdf.
Firlisa, U. D., & Hasanudin, C. (2022, July). Peran Media Youtube Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 38-46). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1252.
George, M. W. (2008). The elements of library research. New Jersey: Princeton University Press.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Hasanudin, C, Supriyanto, R, T, & Pristiawati, R. (2020). Elaborasi pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self -development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasikebiasaab baru (akb). Intelegensia: jurnal Pendidikan islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/Jl/article/view/1414.
Inayah, M. R., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan google books untuk meningkatkan literasi siswa. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 64-69). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1244.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). Retrieved from: http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233.
Lestari, H. (2020). Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597-604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769.
Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2017). Youtube: trobosan media pembelajaran ekonomi bagi mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 219-229. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p219-229.
Marpaung, W. L., Sitepu, C., Simanjuntak, H., & Nasition, M. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Numerasi Di SD Negeri 155701 Pahieme 2 Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan ke-3. Piramida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-20. Retrived from https://journal.unimerz.com/index.php/piramida/article/view/264.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264.
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402. Retrived from: https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5433.
Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265). Retrived from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134-140.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889.
Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020, October). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An-Nizomiyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8781.
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., & Vebryanti, V. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127-132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816.
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kwangsan, 7(1), 286906. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989.
Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Retrivied from https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/komaskam/article/view/311.
Ulfah, T. (2020, November). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736). Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/386.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538-545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.256 1.
Yunianika, I. T. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497-503. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.