Peran Media Youtube Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Ummu Dwi Firlisa, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Literasi adalah kemampuan individu untuk mencari informasi mengacu pada beberapa aktivitas membaca, menulis, berbicara, serta mengumpulkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan aplikasi youtube. Pada dasarnya kegiatan literasi ini sangat kurang disukai oleh siswa sekolah dasar. Selain itu orang tua juga bisa membantu anak agar bisa untuk mengawasi anak dalam melakukan kegiatan literasi pada media youtube. Metode yang digunakan peneliti ini menggunakan metode studi Pustaka (library research) dengan mengambil data-data dari buku, jurnal maupun artikel karya ilmiah. Hasil dari kegiatan ini agar bisa dapat membantu anak supaya bisa meningkatkan literasinya dengan melihat video yang ada pada youtube. Keunggulan youtube ini antara lain 1. Akses yang mudah untuk dijangkau 2. Dapat dilihat kapanpun dan dimanapun 3. Lebih mudah untuk memahami isi dari video tersebut. Youtube juga memiliki kelemahan antara lain 1. Belum signifikan dan masih ada perbedaan 2. Lebih cenderung bermain handpone untuk main game daripada membaca. Dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu proses meningkatkan literasi siswa dengan memanfaatkan aplikasi youtube.

Kata kunci— literasi, siswa sekolah dasar, peran media youtube

 

Abstract—Literacy is an individual's ability to search for information referring to several activities of reading, writing, speaking, and gathering information. This study aims to improve literacy in elementary school students by using the youtube application. Basically this literacy activity is not liked by elementary school students. In addition, parents can also help children to be able to supervise children in carrying out literacy activities on YouTube media. The method used by this researcher uses the library research method by taking data from books, journals and scientific articles. The results of this activity are to be able to help children to improve their literacy by watching videos on YouTube. The advantages of this youtube include 1. Easy access to reach 2. Can be viewed anytime and anywhere 3. Easier to understand the content of the video. Youtube also has weaknesses, including 1. Not yet significant and there are still differences 2. More likely to play cellphones to play games than to read. In this study, it is hoped that it can help the process of improving student literacy by utilizing the YouTube application

Keywords— literacy, elementary school students, the role of youtube media


Keywords


literasi, siswa sekolah dasar, peran media youtube

Full Text:

PDF

References


Aciakatura, C, Dkk. (2021). Analisis pengembangan minat dan bakat siswa pada siswa sekolah dasar. Cerdika: jurnal ilmiah Indonesia, 1(2), 89-94. Doi https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.15.

Aldianto, L, Dkk. (2018). Pengembangan science the technopark dalam menghadapi era industry 4.0 - sebuah studi pustaka. Jurnal manajemen Indonesia, 18(1), 68-76. Doi https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1261.

Ambarwati, D, Kurniasih, M, D. (2021). Pengaruh problem based learning berbantuan media youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868. Doi https://doi/org/10.31004/cendekia.v5i3.829.

Ansori, Y, Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu disekolah dasar. Jurnal education fkip unma, 6(1), 177-186. Retreieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308.

Asdani, K. (2008). Belajar sendiri youtube (menjadi mahir tanpa guru). Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Bachri, B, S. (2010). Meyakinkan validasi data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11.

Baihaqi, A, Mufarroha, A, Imani, A, I, T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan agama islam efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. Jurnal manajemen Pendidikan islam, 7(1), 74-88. Doi https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19.

Brilian, P, Y, Hapsari, K, P. (2020). Kemampuan berfikir tinggi dalam pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 4(2), 282-289. Doi https://doi.org/10.23887/jjsd.v4i2.24238.

Buyung, B, Dwijayanto, D. (2017). Analisis kemampuan literasi matematis melalui pembelajaran inkuiri dengan strategi scafloding. Unnes journal of mathematics education research, 6(1), 112-119. Retreieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18425.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islaminasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal studi agama dan masyarakat, 12(1), 115-125. Doi https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Fanani, M, A, Pitoewas, B, Nurmalisa, Y. (2017). Faktor-faktor penghambat pelaksanaan Gerakan literasi sekolah. Jurnal kultur demokrasi, 5(2), 1-13. Retreieved from https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/12612/9006.

Fikriyah, F, Rohaeti, T, Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107. Retreieved from https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/43937.

Fitrianingsih, A, Dkk. (2020). Mengelola kelas online dengan aplikasi schoology. Jurnal PKM pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 1-11. Retreieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5212.

Fu’adah, H, Rusilowati, A, Hartono, H, (2017). Pengembangan alat evaluasi literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa bertema perpindahan kalor dalam kehidupan. Journal of educational research, 46(2), 51-59. Retreieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/11350.

Hasanudin, C, Supriyanto, R, T, & Pristiawati, R. (2020). Elaborasi pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self -development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasikebiasaab baru (akb). Intelegensia: jurnal Pendidikan islam, 8(2), 85-97. Retreieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/Jl/article/view/1414.

Hidayat, M, H, Basuki, I, A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 3(6), 810-817. Doi https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v316.11213.

Indriasari, D. (2020). Pemanfaatan media youtube dalam meningkatkan pemahaman program KB di KP KB insan sejahtera desa sukajaya lembang. Jurnal comm-edu, 3(2), 115-121. Doi http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3829.

Insani, G, N, Dewi, D, A, Furnamasari, Y, F. (2021). Integrasi Pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan tambusai, 5(3), 53-60. Retreieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2313.

Padmadewi, N, N, Dkk. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal ilmu sosial dan humaniora, 7(1), 64-76. Doi https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049.

Putra G, L, A, K. (2019). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. Senada (seminar nasional desain dan arsitektur), 2, 259-265. Retreieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view 147.

Rachman, R, Mukminin, A. (2018). Penerapan metode certainty factor pada system pakar penentuan minat dan bakat siswa SD. Jurnal ilmu computer dan informatika, 4(2), 90-97. Doi https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828.

Setiawan, R. (2020). Karakteristik dasar literasi digital dan relasi sosial generasi milenial banten. Jurnal pemikiran dan penelitian sosiologi, 4(2), 1-21. Retreieved from http://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal/article/view/27540/pdf.

Shohibah, R. (2017). Peran orang tua dalam mengembangkan budaya literasi pada anak usia sekolah dasar. Publikasi ilmiah UMS, 528-533. Retreieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8905.

Soetantyo, S, P. (2013). Peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-8. Retreieved from http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/355.

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. paramasastra: jurnal ilmiah bahasa sastra dan pembelajarannya, 2(1). Doi https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2nl.p%25p.

Sumiati, E, Wijinarko, W. (2020). Manfaat literasi bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi covid-19. Bulletin perpustakaan universitas islam indonesia, 3(2), 65-80. Retreieved from https://journal.uii.ac.id./buletin-perpustakaan/article/view/17799/10787.

Triwijaya, D, N. (2019). Tujuan dan manfaat literasi informasi dengan memanfaatkan media perpustakaan. Jurnal literasi pustakawan, 4(2), 97-103. Retreieved from http://repository.poltekes-denpasar.ac.id/7094/.

Utami, P, Dkk. (2018). Video moving surveillance yang terintegrasi youtube menggunakan raspberry p13. Ellinvo (electronics, informatics, and vocational eduation), 3(1), 113-123. Doi https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20797.

Wulandari, A, R, Masturi, M, Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Yulianti, w. (2016). Aptitude testing berbasis case based reasoning dalam system pakar untuk menentukan minat dan bakat siswa sekolah dasar. Jurnal teknologi dan sistem informasi univrab, 1(2), 110-126. Doi https://doi.org/10.36341/rabit.vli2.28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.