Pemanfaatan Google Books untuk Meningkatkan Literasi Siswa
Abstract
abstrak— Literasi merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk memperoleh informasi melalui kegiatan membaca dan menulis. Generasi muda saat ini sangat krisis karakter dan akan menjadi (role model) yang negatif. Banyak generasi muda yang tidak sadar akan manfaatnya dalam membaca. Di era digital ini kemajuan teknologi sangatlah berkembang pesat. Dengan dibantu adanya internet yang serba instan atau cepat, kita lebih mudah mengakses apa yang kita inginkan. Gemar membaca merupakan salah satu karakter yang dibutuhkan agar memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Aplikasi google books adalah layanan dari google inc yang menyediakan beberapa buku bacaan atau majalah yang bisa diakses secara gratis. Data penelitian ini menggunakan data sekunder, yang bersumber dari berbagai buku, serta artikel yang telah di publikasikan sesuai topik pembahasan, seperti: literasi siswa dalam meningkatkan membaca dan menulis, karakter generasi muda, dan peran aplikasi google books dalam meningkatkan literasi membaca. Serta fitur yang terdapat pada aplikasi google books. google books juga menyediakan buku elektronik atau buku audio dari berbagai genre yang sesuai dengan favoritnya. Google books dapat meningkatkan literasi membaca dan menulis. Cara dalam meningkatkan literasi membaca menggunakan aplikasi google books, yaitu: 1) membuat akun atau registrasi, 2) membaca buku yang diinginkan atau terfavorit, 3) mempelajari atau memahami fitur yang ada di aplikasi google books.
Kata kunci— Literasi siswa, Aplikasi google books
Abstract— Literacy is an important ability that students must have to obtain information through reading and writing activities. The young generation today is very critical of character and will become a negative (role model). Many young people are not aware of the benefits of reading. In this digital era, technological progress is growing rapidly. With the help of the internet which is all-instant or fast, it is easier for us to access what we want. Love to read is one of the characters needed in order to obtain information and knowledge. Google Books is a service from Google Inc that provides several reading books or magazines that can be accessed for free. This research data uses secondary data, sourced from various books, as well as articles that have been published according to the topic of discussion, such as: student literacy in improving reading and writing, the character of the younger generation, and the role of the google books application in improving reading literacy. As well as the features found in the Google Books application. Google Books also provides electronic books or audio books of various genres according to their favorites. Google books can improve reading and writing literacy. Ways to improve reading literacy using the google books application, namely: 1) creating an account or registration, 2) reading the desired or favorite book, 3) studying or understanding the features in the google books application.
Keywords— Student literacy, Google books app.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, L., (2021). Literasi digital melalui penggunaan media google books pada mahasiswa. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional, 1(8). 88-93. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/view/22663/pdf
Badhri, B, S., (2010). Meyakinkan validasi data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1). 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf
George, M, q., (2020). The elements of library research: what every student needs to know united states of America priceton university press
Handayani, U., (2020). Penguatan budaya literasi sebagai upaya pembentukan karakter. Jurnal LITERASI, 4(1). 67-69. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/3459/3026
Ismayani, R, M., (2013). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks siswa. Semantik : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). 67-68. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/326
Jamridafrizal, j., (2017). Online Google book sebagai perpustakaan digital alternativ masa depan. JUPI (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Informasi), 2(2). 189-199. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/1255
Jamridafrizal, J., Pratiwi, H,. (2019). Buku google sebagai perpustakaan digital era generasi milenium dan generasi zet. Maktabatuna (Jurnal Kajian Kepustakawanan), 1(1). 39-54. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+google+books&oq=man#d=gs_qabs&t=1655629578908&u=%23p%3DCcRMYEe-xp4J
Jatnika, A, S., (2019). Budaya literasi untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis. Indonesian Jurnal of Primary Education, 3(2). 1-6. Doi https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/18112/10847
Khariszmi, M., (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). 11-21. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Labudasari, E., (2018). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah.
Lestari, S., & Ammah, E, S., (2021). Pendidikan literasi digital melalui media google play books. INCARE: Internasional Journal of Educational Resources, 2(5). 467-475. Retrieved from http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/185/140
Ningrum, C, H, C., dkk (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Jurnal, 2(2). 69-78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/19436
Rodhin, R., (2011). Internet dalam konteks perpustakaan. Pustaloka (Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan), 3(1). 1-19. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/view/631/475
Ruslin, E., & Wibayanti, S, H., (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1). 767-775. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Ruslan+dan+Wibayanti&btnG=#d=gs_qabs&t=1655672653803&u=%23p%3DZ4mVvTOuhOkJ
Sari, M., & Asmedri, A., (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1). 41-53. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sari+dan+asmendri&oq=sari+dan+#d=gs_qabs&t=1655672196121&u=%23p%3D4wtwlF03NcYJ
Subandiyah, H., (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajaran, 2(1). 111-123. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1502
Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V, A., (2019). Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. PAROLE : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4). 521-528. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1010939&val=15323&title=PENGARUH%20GERAKAN%20LITERASI%20DALAM%20MENINGKATKAN%20MINAT%20BACA%20SISWA
Wahyuni, S., (2009). Menumbuhkan minat baca menuju masyarakat literat. Diksi, 16(2). 179-189. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/6617/5677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.