Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning sebagai Upaya Meningkatan Proses Pembelajaran

Rika Pristian Fitri Astuti, Ellisa Icha Destiasa

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode quantum learning.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan responden mahasiswa Tk III pada mata kuliah Ekonomi Indonesia. Penelitian ini mendeskripsikan hasil dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode quantum learning. Hasil dari penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan metode quantum learning dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa supaya bisa menguasai materi secara keseluruhan, meningkatkan keaktifan, mahasiswa lebih tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran, dan mahasiswa mampu mengembangkan kemampuannya dalam mengerjakan soal yang diberikan dosen. Kendala menerapkan metode quantum learning yaitu butuh persiapan dan perencanaan yang matang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan mengharuskan mahasiswa supaya lebih aktif pada proses pembelajaran.  Mahasiswa yang kurang aktif akan ketinggalan dan kurang memahami materi-materi yang diberikan dosen. Kesimpulan dari penelitian ini metode quantum learning membuat mahasiswa menguasai materi secara menyeluruh, meningkatkan keaktifan, mahasiswa lebih tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Kendalanya memerlukan kesiapan dan perencanaan matang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, dan mengharuskan mahasiswa supaya lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Efektivitas, Quantum Learning, Proses Pembelajaran

 

 

Abstract - This study aims to increase students' motivation and learning activity in following the learning process using the quantum learning method. The method used in this study is a qualitative method with the respondents being Tk III students in the Ekonomi Indonesian. This study describes the results of the learning process using the quantum learning method. The results of this study learning using the quantum learning method can provide opportunities for students to be able to master the material as a whole, increase activity, students are more interested and motivated in the learning process, and students are able to develop their abilities in working on the questions given by the lecturer. The obstacle to implementing the quantum learning method is that it requires careful preparation and planning so that it takes a long time to create an effective learning process and requires students to be more active in the learning process. Students who are less active will be left behind and do not understand the material given by the lecturer. The conclusion of this study is that the quantum learning method makes students master the material thoroughly, increases activity, students are more interested and motivated in the learning process. The obstacle requires readiness and careful planning so that it takes a long time to create an effective learning process, and requires students to be more active in the learning process.

Keywords: Effectiveness, Quantum Learning, Learning Process


Keywords


Effectiveness, Quantum Learning, Learning Process

Full Text:

PDF

References


Astutik. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2 (2), 124-129.

Darkasyi,dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21-34.

Ermawati, Burhendi, Harahap & Sugianta. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Learning Di Tinjau Dari Metakognitif Fisika Siswa Di SMAN 48 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 8(1), 24-32.

Dewi,dkk. (2022). Strategi Quantum Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6 (2), 1875 - 1882 , https://jbasic.org/index.php/basicedu

Maleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martini, dkk. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMKN 1 ABANG. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Maya, B & Palemon, H. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Biotik Dengan Penerapan Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Advent 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Metabio Pendidikan Biologi, 4 (1), 21-27.

Mufidah, M., Pradana, O.R.Y., & Sasomo, B. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10 (1), 111-122, DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v10i1.12189

Wicaksono, S & Ira, V. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, (7) 2, 275 – 282.

Syamsiah. (2019). Efektivitas Pendekatan Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Murid Kelas VI. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 142-157.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.