Metode Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Sri Wiliah Ningtiasih

Abstract


abstrak—Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakteristik peserta didik yang beragam, selain itu dengan perkembangan dunia pendidikan pada saat ini guru dituntut untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan peserta didik terkhusus dalam pembeljaran IPS di sekolah dasar.. sejalan dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode pembelajaran apa saja yang dapat digunakan atau memiliki dampak dalam meningkatan pengetahuan peserta didik dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. untuk itu peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan imformasi dari berbagai sumber mengenai metode pembelajaran, setelah itu akan dianalisis untuk menentukan metode manakah yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis yang didapat melalui berbagai sumber imformasi didapati beberapa metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar diantaranya yaitu; metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode diskusi, metode penugasan, metode karya wisata, metode bermain peran, metode sosiodrama, metode simulasa, dan metode discovery inquiry.

Kata kunci—metode Pembelajaran, IPS, Sekolah Dasar

 

 

Abstract—This research is motivated by the diverse characteristics of students, in addition to the development of the world of education at this time teachers to improve and develop students especially in social studies learning in elementary schools. As the purpose of this research is to find out what learning methods can be used. used or have an impact in increasing the knowledge of students in the social studies learning process in elementary schools. For this reason, researchers use qualitative research methods with the type of library research conducted by collecting information from various learning methods, after which it will be analyzed to determine the methods that will be used to increase students' knowledge in the social studies learning process in elementary schools. Based on the results of the analysis obtained through various sources of information, it was found that several methods that can be used in the social studies learning process in elementary schools include; lecture method, question and answer method, demonstration method, discussion method, assignment method, field trip method, role playing method, sociodrama method, simulation method, and discovery inquiry method.

Keywords—Learning methods, Social Studies, Elementary School


Keywords


Learning methods, Social Studies, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2010. Metode Pembelajaran. Jakarta: Badan Pusat Statistik: Republik Indonesia

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.

Hartati, R. (2018). Metode Pengajaran IPS yang Efektif di SD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Lubis, T. N. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rahmawati, B. F., & Zidni, Z. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 3(1), 1-10.

Sapriya. (2007). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.

Suradisastra Djodjo,dkk , Pendidikan IPS 3, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993.

Yani, Eni.,dkk. Pendidikan IPS . Jakarta: PusbukDepdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.