Praktik Plagiarisme dikalangan Mahasiswa

Neneng Rika Jazilatul Kholidah, Elma Bulan Amilina Sari

Abstract


Abstrak - Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup manusia, karena pendidikan yang mumpuni akan membentuk manusia menjadi manusia yang mampu berfikir, dewasa dan bisa memahami situasi serta mengambil sikap dengan tegas. Teknologi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, berkembangnya teknologi secara tidak langsung menuntut masyarakat menggunakan dan mengikuti perkembangannya. Praktik plagiarisme di kalangan mahasiswa sering kita jumpai bahkan hal tersebut menjadi perilaku yang sudah melembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa dan upaya yang dilakukan mahasiswa untuk menghindari plagiarisme.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Fenomenologi, pengambilan sampel melalui teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Praktik plagiarisme di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Bojonegoro, ada tiga cara yang dilakukan yaitu memanfaatkan internet untuk browsing, mengambil karya orang lain kemudian mengubah judulnya dan mengambil sumber dari berbagai blog dan menggabungnya. (2) Upaya yang dilakukan mahasiswa untuk menghindari plagiarisme yaitu dengan mengutip sumber materi baik dari buku, jurnal, dan e-book maupun dari sumber-sumber yang lain.

Kata Kunci - Praktik, Plagiarisme, Mahasiswa

 

Abstract - Education is one of the most important parts of human life, because a qualified education will shape humans into human beings who are able to think, mature and can understand the situation and take a firm stand. Technology has a very important role in people's lives, the development of technology indirectly requires people to use and follow its development. We often encounter the practice of plagiarism among students and even it has become an institutionalized behavior. The purpose of this study is to find out the practice of plagiarism carried out by students and efforts made by students to avoid plagiarism. The type of research conducted is descriptive qualitative research with a phenomenological approach, sampling through purposive sampling technique. The results of this study are (1) the practice of plagiarism among students of the Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI Bojonegoro, there are three ways to do that, namely using the internet for browsing, taking other people's work then changing the title and taking sources from various blogs and combining them. (2) Efforts made by students to avoid plagiarism by citing material sources from books, journals, and e-books as well as from other sources.

Keywords - Practice, Plagiarism, Students


Keywords


Practice, Plagiarism, Students

Full Text:

PDF

References


Bakry, U. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi Hubungan Internasional. Yogyakarta:

Deepublish.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis, X(1), 28–41.

Panjaitan, O. H. (n.d.). SANKSI PIDANA PLAGIARISME DALAM HUKUM POSITIF DI INDONESIA.

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.