Penerapan Pertanyaan Pra Pembelajaran pada Penguasaan Materi Kelas V Sekolah Dasar

Dinda Yulia Safira, R. Septa Kusuma, Muhammad Toto Nugroho, M. Fadjar Dewangga Suri, Restu Mulfajril

Abstract


Abstrak —Pertanyaan Pra pembelajaran merupakan pertanyaan yang diberikan atau diajukan kepada peserta didik sebelum pembelajaran berlangsung/ dilaksanakan. Pertanyaan pra pembelajaran dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengatasi kurangya minat membaca, rendahnya keterampilan serta mendorong terbiasanya dominasi kegiatan transfer pengetahuan dari guru ke peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pertanyaan pra pembelajaran pada penguasaan materi kelas V di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskripsi yang mendapatkan hasil bahwa pada saat guru menggunakan pertanyaan pra pembelajaran sebelum pembelajaran berlangsung, peserta didik bisa mendapatkan informasi terlebih dahulu mengenai materi yang diajarkan sehingga penguasaan materi oleh peserta didik lebih dalam dibandingkan tidak menerapkan pertanyaan pra pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yakni pertanyaan pra pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dibuktikan dari peserta didik lebih menguasai materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Kata kunci—Pertanyaan Pra Pembelajaran, Penguasaan Materi, Sekolah Dasar

 

Abstract—Pre-learning questions are questions that are given or asked to students before learning takes place/implemented. Pre-learning questions can be used as a tool to overcome the lack of interest in reading, low skills and encourage the habit of getting used to the dominance of knowledge transfer activities from teachers to students. The purpose of this study was to describe how the application of pre-learning questions to the mastery of class V material in elementary schools. The method used in this study is Qualitative Description which shows that when the teacher uses pre-learning questions before learning takes place, students can get information in advance about the material being taught so that the mastery of the material by students is deeper than not applying pre-learning questions. The conclusion of this study is that pre-learning questions can make the learning process more meaningful, as evidenced by students mastering the learning material provided by the teacher.

Keywords— Pre-Learning Questions, Material Mastery, Elementary School


Full Text:

PDF

References


Helmiati. 2014. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sopandi, W., & Iswara, P. D. (2017). Pengajuan pertanyaan pra-pembelajaran dalam model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Proceeding 2nd international Multiliteracy Conference and Workshop for Students and Teachers (pp. 405-420). Bandung: Graduate School, UPI.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.