Wajah Pendidikan di Era Industri: Sebuah Kritik Sosial dari Puisi Diorama Sosiawan Leak Prespektif Semiotika Michel Riffaterre

Eva Dwi Kurniawan

Abstract


abstrak—Puisi dapat menceritakan keadaan sosial masyarakat dengan sistem tanda yang dimilikinya. Tanda-tanda tersebut dapat dipahami melalui pembacaan semiotika yang merupakan ilmu tentang tanda. Berbagai macam kritik sosial dapat ditemukan dalam puisi. Kajian ini menyoroti kritik sosial terhadap pendidikan dan industri yang terdapat pada puisi Diorama karya Sosiawan Leak. Metode yang digunakan menggunakan  teori semiotika Michel Riffaterre. Temuan yang diperoleh  menunjukkan bahwa pada pembacaan tingkat heuristik, makna puisi dapat dengan mudah dipahami karena berada pada bentuk puisi liris. Sedangkan pada pembacaan hermeneutik, puisi Diorama mengandung makna kritik sosial terhadap fenomena pendidikan yang tidak dapat membentuk jati diri bangsa dan budaya pada anak-anak didik akibat adanya arus modernisasi dan industrialisasi.

Kata kunci—kritik sosial, pendidikan, industri, dan semiotika Riffaterre.

 

 

Abstract— Poetry can tell the social situation of society with its sign system. These signs can be understood through reading semiotics which is the science of signs. Various kinds of social criticism can be found in poetry. This study highlights the social criticism of education and industry contained in the Diorama poem by Sosiawan Leak. The method used is the semiotic theory of Michel Riffaterre. The findings obtained indicate that at the heuristic level reading, the meaning of poetry can be easily understood because it is in the form of lyrical poetry. While in hermeneutic reading, Diorama's poetry contains the meaning of social criticism of educational phenomena that cannot form national and cultural identity for students due to the currents of modernization and industrialization.

Keywords— social, educational, industrial and Riffaterre semiotic criticism


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2021.Memahami Sastra sebagai Gejala Semiotik dan Aktualisasinya dalam Pengajaran Sastra dalam Pengajaran Sastra. Edisi ke-2. Jabrohim (Editor). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ayundari, Putri. 2018. Cermin Sosial dan Fungsi Sosial dalam Antologi Matajaman karya Sosiawan Leak: Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Junus, Umar. 1981. Mitos dan Komunikasi. Jakarta: Sinar Harapan.s

Leak, Sosiawan. 2002. Diorama dalam Majalah Sastra Horison Edisi Khusus: Puisi Internasonal Indonesia 2002, April. Jakarta: Yayasan Indonesia.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2017. Penelitian Sastra dengan Pendekatan Semiotik dalam Teori Penelitian Sastra. Jabrohim (Editor). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Preminger, Alex dkk. 1974. Princeton Encylopedia of Poetry and Poetics. Princeton: Prenceton University Press.

Ratih, Rina. 2017. Teori dan Aplikasi Semiotik Michael Riffaterre. Cetakan kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riffaterre, Michael. 1978. Semiotics of Poetry. Bloomington and London: Indiana University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.