Learning Organization dan Culture Organization pada Kinerja Karyawan

M. Taufiqur Zakaria, Laily Muzdalifah, Muhafidhah Novie, Ayu Lucy Larassaty

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh learning organization terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo. 2) mengetahui pengaruh culture organization terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo. 3) mengetahui pengaruh learning organization dan culture organization terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diambil dari komunitas driver Gojek Sidoarjo di facebook, jumlah driver Gojek yang berada di Wilayah Sidoarjo yang memiliki kriteria menjadi mitra driver Gojek kurang dari 1 tahun dan telah bekerja aktif menjadi mitra driver Gojek kurang dari 1 tahun. Sampel dari peelitiann ini adalah 145 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan alat analisis SPSS versi IBM 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya learning organization berpengaruh positif terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo, culture organization berpengaruh positif terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo, serta learning organization dan culture organization secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja mitra driver Gojek di Wilayah Sidoarjo.

Kata kunci— Learnig Organization, Culture Organization, Kinerja Karyawan

 

Abstract—This study aims to 1) determine the effect of learning organizations on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region. 2) determine the influence of organizational culture on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region. 3) determine the influence of learning organizations and organizational culture on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region. This type of research is quantitative research. The population and samples in this study were taken from the Gojek Sidoarjo driver community on Facebook, the number of Gojek drivers in the Sidoarjo Region who have the criteria to become a Gojek driver partner for less than 1 year and have been working actively as a Gojek driver partner for less than 1 year. The sample of this research is 145 respondents. The analytical technique used in this research is the classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using the IBM version of SPSS analysis tool 24. The results of this study indicate that the existence of a learning organization has a positive effect on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region, organizational culture has an effect positive effect on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region, and learning organizations and culture organizations together have a positive effect on the performance of Gojek driver partners in the Sidoarjo Region.

Keywords— Learning Organization, Cultural Organization, employee performance


Keywords


Learning Organization, Cultural Organization, employee performance

Full Text:

PDF

References


Andayani, I., & Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3367

Edison, Yohny Anwar, dan Imas K. 2016. MSDM Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung Alfabeta.

Hadi, H. K., Juniawati, T., & Siswanto, T. (2018). Pengaruh Budaya dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. NAV Jaya Mandiri Mataram. Jurnal Kompetitif : Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 209–224. Retrieved from https://www.kci.go.kr/kciportal/ci/sereArticleSearch/ciSereArtiView.kci?sereArticleSearchBean.artiId=ART002408552

Harahap, P. (2011). Budaya Organisasi Organizational Culture. Semarang: Semarang University Press.

Kamaroellah, A. (2014). Pengantar Budaya Organisasi (Konsep, Strategi Implementasi dan Manfaat) (1st ed.). Surabaya: Buku Pustaka Radja.

Komunitas Driver Gojek Sidoarjo. https://www.facebook.com/groups/ 271413643853820/ ?ref=share.

Lina Dewi. (2014). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Moderating. JURNAL RISET AKUTANSI DAN BISNIS. Vol. 4 No. 1/Maret 2014.

Maharani, D. (2019). Pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 101–110.

Pudjiarti, E. S. (2018). Pembelajaran organisasi dan manajemen pengetahuan (mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien) (1st ed.). Semarang: Penerbit Pustaka Magister.

Setiawan, S., & Nafilah, N. (2022). Peran kompetensi sebagai variabel intervening hubungan pembelajaran organisasi & motivasi spiritual terhadap kinerja dosen dan karyawan (studi pada IAIN Pekalongan ). JESYA (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 586–595. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.635

Setyaningsih, W., & Witjaksono, A. D. (2014). Pengaruh learning organization dan kepemimpinan terhadap kepuasan keja karyawan yang berdampak pada turnover intention. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 220–234.

Tewal, B., Adofina, A., Pandowo, M., & Tawas, H. N. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patrria Media Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.