Kurikulum Merdeka belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 3 Singgahan
DOI:
https://doi.org/10.31332/aladl.v4i1.2685Keywords:
Independent curriculum, Indonesian lessons in the independent curriculum, Indonesian languageAbstract
abstrak—Kurikulum Merdeka belajar merupakan penyempurna dari kurikulum K13, konsep pada pembelajaran kurikulum merdeka lebih menekankan pembelajaran materi yang fleskdibel bagi siswa sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Singgahan. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada Bapak Tumiran S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,. Hasil peelitian ini menunjukan bahwa penerapan kurikulum Merdeka di SMPN 3 Singgahan telah dilaksanakaan dan berlangsung hanya untuk kelas 7, kendala bagi siswa tersebut dalam menyusaikan pembelajaran Kurikulum Merdeka, tantangan yang dihadapi oleh siswa yaitu pembelajaran yang dilakukan kurang efektif, peluang yang dimiliki siswa dapat meningkatkan kreatifitas siswa, dan adanya program P5 mempengaruhi pembelajaran Kurikulum Merdeka. Berdasarkan. Simpulan pada penelitian siswa masih belum makasimal dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci—Kurikulum merdeka, Pelajaran bahasa indonesia pada kurikulum merdeka, bahasa indonesia Abstract—The Independent Learning Curriculum is a perfection of the K13 curriculum, the concept in independent curriculum learning emphasizes learning flexible material for students according to their interests and talents. This research needs to be done to find out the application of the Merdeka Curriculum at SMPN 3 Singgahan. This research method is descriptive qualitative research, data obtained through interviews conducted with Mr. Tumiran S.Pd, as the Indonesian language teacher, the data analysis used is data analysis which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of the Merdeka curriculum at SMPN 3 Singgahan has been implemented and takes place only for grade 7, the obstacles for these students in adjusting the learning of the Merdeka Curriculum, the challenges faced by students, namely learning that is carried out less effectively, the opportunities students have can increase student creativity, and the existence of the P5 program affects the learning of the Merdeka Curriculum. Based on. The conclusion in the study is that students are still not maximizing the implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian language learning. Keywords— Independent curriculum, Indonesian lessons in the independent curriculum, Indonesian languageReferences
Ali, M., (2020), Pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra (Basastra) di sekilah dasar, jurnal pendidikan anak usia dini, 3(1), 35-44, https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995.
Botty, M. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41-55. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265.
Joyo, A., (2018), Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter, jurnal KIBASP (kajian bahasa, sastra, dan pengajaran), 1(2). https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193.
Kusiah, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kompetisi Dan Aktifitas (KOMPAK). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286.
Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113-122. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/360
.
Nathasia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 227-245. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39685.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Ramdhani, F. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Sistem Pendidikan guna Mengembangkan Potensi Peserta Didik di Era Disrupsi. SNHRP, 5, 1187-1193. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/676.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48-60. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi.
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 146-151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843.
Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 705-717. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.977/.
Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p.
Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%p.
Sumaryamti, S. (2023). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum merdeka belajar untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(01), 47-55. https://doi.org/10.59141/jist.v4i01.564.
Susetyo, S. (2020, October). Permasalahan implementasi kurikulum merdeka belajar program studi pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 29-43). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13358.
Syahputri, K. R., Kholis, K., Puspitasari, N. A. A., Aisyah, S., & Sutrimah, S. (2023, July). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bojonegoro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 3, No. 1, pp. 783-788). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/2080.
Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286.