Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Mengenal Puisi Berbasis Mobile Learning untuk Siswa SMP Kelas 7
Abstract
abstrak- Penelitian ini mengkaji media pembelajaran sebagai alat komunikasi antara pendidik dan peserta didik untuk mendukung proses pendidikan. Media pembelajaran mencakup visual, audio-visual, dan audio yang mampu menyampaikan materi secara efektif dan efisien. Sebagai karya sastra yang mengandung makna dan pesan dengan kata-kata indah dan irama, dapat diajarkan melalui media pembelajaran, termasuk mobile learning. Mobile learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk menyampaikan materi ajar secara elektronik yang dapat diakses kapan saja dan di manapun. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan literatur untuk mengumpulkan data dari buku dan artikel ilmiah yang relevan. Proses pengumpulan data mengikuti teori Mary W. George, sementara Analisis data menggunakan pendekatan yang diadaptasi dari model Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa MIT App Inventor ialah alat yang efektif untuk melakukan pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis Android. Aplikasi "Mengenal Puisi" ini membantu siswa mempelajari puisi dengan fitur-fitur seperti profil aplikasi, menu pilihan, latihan soal, dan materi pembelajaran.Temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi "Mengenal Puisi" dapat memudahkan siswa dalam belajar puisi. Media pembelajaran berbasis Android ini menawarkan fitur-fitur seperti layar utama dengan profil aplikasi, pilihan menu, latihan soal untuk evaluasi, dan fitur materi pembelajaran. Aplikasi ini mempermudah dan meningkatkan efektivitas pembelajaran puisi bagi siswa kelas 7 SMP.
Abstract—This research examines learning media as a communication tool between educators and students to support the educational process. Learning media includes visual, audio-visual and audio which are able to convey material effectively and efficiently. As a literary work that contains meaning and messages with beautiful words and rhythm, it can be taught through learning media, including mobile learning. Mobile learning is a learning model that utilizes communication and information technology to deliver teaching material electronically that can be accessed anytime and anywhere. This research uses literature review techniques to collect data from relevant books and scientific articles. The data collection process follows Mary W. George's theory, while data analysis uses an approach adapted from the Miles and Huberman model. The results show that MIT App Inventor is an effective tool for developing Android-based learning applications. The "Getting to Know Poetry" application helps students learn poetry with features such as application profiles, menu options, practice questions, and learning materials. Research findings show that the "Getting to Know Poetry" application can make it easier for students to learn poetry. This Android-based learning media offers features such as a main screen with application profiles, menu options, practice questions for evaluation, and learning material features. This application makes it easier and increases the effectiveness of poetry learning for grade 7 junior high school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP(Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97-101. Doi = https://doi.org/10.21009/JKKP.042.07
Ansori, YZ . (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan FKIP UNMA , 6 (1), 177–186. doi : https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308
Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi †œAku†Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 310-323. doi= https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631
City, I., Shalihah, N., & Primandika, R. B. (2018). Analisis Puisi Sapardi Djoko Damono †œcermin1†Dengan Pendekatan Semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6),1015-1020. Retrieved From=https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+puisi&btnG=#d=gs_qabs&t=1720007537636&u=%23p%3DXpUhtGr48_MJ
Edriati, S., Husnita, L., Amri, E., Samudra, A. A., & Kamil, N. (2021). Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 652-657. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6648
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research,1(2), 01-17. Doi = https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fitri, Mustari S. Lamada, & Zulhajji. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK , 4 (1), 1–4. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/MediaTIK/article/view/1931
Gloriani, Y., & Novia, T. (2012). Analisis Diksi, Rima, dan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Fon:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1). doi = https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v1i1.143
Harahap, A. M., Musril, H. A., Supriadi, S., & Okra, R. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Menggunakan Mit App Inventor di SMKS Kesehatan Paluta Husada. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 139-151. DOI : https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.158
Hasanudin, C. (2022, Juli). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa SMP. Dalam Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, hlm. 899-905). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1439
Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+media+pembelajaran&oq=#d=gs_qabs&t=1720003267539&u=%23p%3DONI1qyCZIewJ
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182.Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887
Listyorini, T. (2013). Perancangan mobile learning mata kuliah sistem operasi berbasis android.Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 3(1), 25-30. https://doi.org/10.24176/simet.v3i1.85
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114. Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mobile+learning+adalah&btnG=#d=gs_qabs&t=1720009081262&u=%23p%3DoT5aDd85ZO8J
Mualifah, F., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 264-269). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1324
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan,Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher). Retrieved From https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+media+pembelajaran&oq=#d=gs_qabs&t=1720002759367&u=%23p%3DbAE2mlxclZQJ
Pramadjaya, A., Suryadi, A., Rohmawati, I., Inkiriwang, R., Stevanes, S., Robani, R., & Andriansah, Z. (2023). Indonesia Pengenalan MIT App Inventor Untuk Membuat Aplikasi Android Pada Sekolah SMKN 7 Kota Serang. SOROT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-17. doi: https://doi.org/10.32699/sorot.v2i1.3671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.