Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran
Abstract
abstrak— Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan informasi dalam pembelajaran, sehingga memotivasi siswa untuk belajar.WhatsApp sangat cocok digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar karena memfasilitasi pembelajaran, merangsang motivasi, meningkatkan rasa ingin tahu dan berfungsi sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan mempermudah pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan library research yang artinya teknik pengumpulan data dengan kajian teoris dan studi literatur. Data yang digunakan penulis adalah data sekunder yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Data tersebut diperoleh dari buku buku yang diterbitkan dan artikel penelitian yang telah dipublilasikan di jurnal nasional dan internasional. Hasil dari penelitian ini membahas tentang peran dan implementasi aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat membantu pembelajaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.
Kata kunci—Media pembelajaran, WhatsApp.
Abstract—Learning media is anything that can convey or distribute information in learning, thereby motivating students to learn. WhatsApp is very suitable to be used as a medium in the teaching and learning process because it facilitates learning, stimulates motivation, increases curiosity and serves as a source of independent learning. This study aims to facilitate learning by utilizing the WhatsApp application.The technique used in this study uses library research, which means data collection by theoretical studies and literature studies. The data used by the author is secondary data related to the topics discussed. The data is obtained from published books and research articles that have been published in national and international journals. The results of this study discuss the role and implementation of the WhatsApp application as a learning medium. This is expected to help learning by using the WhatsApp application.
Keywords— Learning Media, WhatsApp
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abid, S. (2019). Kesantunan berbahasa mahasiswa terhadap dosen di media sosial whatsApp. In seminar nasional pendidikan bahasa dan sastra (pp. 230-244). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10302.
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ...&Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. Doi https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.
Asiyah, D., Jailani, S., & Fatmawati, K. (2021). Pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri 116/X Lambur II Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Disertasi Doktor, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7149.
Dewi, G. K., Ramdhani, M., & Arindawati, W. A. (2021). Fenomena silent reader dalam grup WhatsApp. Jurnal Common, 5(1), 1-11. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/3772.
Fitria, E. M. (2015). Dampak online shop di instagram dalam perubahan gaya hidup konsumtif perempuan shopaholic di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3),117-128. Doi https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.31683.
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.
Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk selfdevelopment siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Doi https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414.
Hidayat, M. A., Addaraini, A. F. M., Rahman, M. R., & Hilmi, D. (2021). Pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran berbasis distance learning. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 53-64. Doi https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4418.
Hurry, J., Flouri, E., & Sylva, K. (2018). Literacy difficulties and emotional and behavior disorders: causes and consequences literacy difficulties and emotional and behavior disorders: Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 1–21. Doi https://doi.org/10.1080/10824669.2018.1482748.
Jalmur, N. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Kencana.
Khasanah, K. (2021). Efektifitas media whatsapp group dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 47-75. Doi https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339.
Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis attention siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182.
Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887.
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran anak tunalaras pada masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1-9. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.556.
Nabilla, R. (2020). Whatsapp grup sebagai media komunikasi kuliah online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v4i2.4595.
Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan kepada peserta didik paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi. CommEdu (Community Education Journal), 4(3), 131-138. Doi http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220.
Pence, H. E. (2007). Preparing for the real web generation. J. Educational Technology System, 35(3), 347–356. Doi https://doi.org/10.1049/me:20010210.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62. Doi https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281.
Saputri, A. A., Khusus, D. P., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2018). Pendidikan inklusi bagi Siswa Tunalaras. JASSI_anakku, 19, 51–58. Doi https://doi.org/10.17509/jassi.v18i2.15447.
Sari, L. A. A. (2021). Pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajarandaring diMasa pandemi covid-19 dalam meningkatkan hasil belajar siswa (Studi Kasus di MI Ma'arif Ngrupit) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15876.
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam pengembangan media pembelajaran daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57. Doi https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547.
Wanto, A. H. (2017). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep smart city. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39-43. Doi https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43.
Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., & Fadlillah, M. (2021). Aktualisasi whole Language sebagai pendekatan pembelajaran bahasa pada anak usia dini.Jurna PendidikanEdutama, 8(2),49-60. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=studi+pustaka+hasanudin&hl=d&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1655193446298&u=%23p%3DJqGsdFQ1DZ0J.0.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senada PBSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.