Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Ketetampilan Menulis Puisi pada Siswa SMP

Lu'lu'atul Khoiriyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Puisi adalah menyampaikan gagasan melalui karya sastra, bahasanya indah dan bermakna. Puisi juga memiliki beberapa unsur yaitu unsur fisik dan batin. Penelitian ini bertujuan membantu siswa dalam proses belajar keterampilan menulis puisi dengan memanfaatkan media video. Penelitian ini menggunakan teknik (library research). Data ini berupa data sekunder bersumber dari buku-buku serta artikel pada jurnal, dengan topik pembahasan  yaitu pembelajaran menulis puisi, media pembelajaran video, serta proses belajar mandiri. Hasil penelitian tersebut menjelaskan tentang peran dan implementasi media pembelajaran video pada siswa SMP. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran video pada siswa smp.

Kata kunci—Keterampilan menulis, puisi, dan Media video

 

 

Abstract—Poetry is conveying ideas through literary works, the language is beautiful and meaningful. Poetry also has several elements, namely physical and mental elements. This study aims to help students in the process of learning poetry writing skills by utilizing video media. This research uses a technique (library research). This data is in the form of secondary data sourced from books and articles in journals, with topics of discussion namely learning to write poetry, video learning media, and independent learning processes. The results of this study explain the role and implementation of video learning media for junior high school students. Thus, it can be concluded that learning poetry writing skills can be done by utilizing video learning media for junior high school students

Keywords— Writing skills, poetry, and video media


Keywords


Writing skills, poetry, and video media

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, MR (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi untuk Mata Kuliah IPA Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil , 9 (1), 9-18. Doi: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Arini, D. R., & Nuryatin, A. (2018). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata mengalir mengan media sticky notes pada siswa kelas VIII D SMP negeri 2 magelang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 14-18. DOI: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.23771.

Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan video pembelajaran materi integral pada pembelajaran flipped classroom. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20-31. Doi: DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Balqistiningtyas, H. A. (2019). Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media aplikasi android tumblr. DOI 10.31227/osf.io/xg2vu.

Cahyono, H. (2021). Penggunaan video pembelajaran berbasis aplikasi bandicam pada mata kuliah teori graf untuk meningkatkan kemampuan abstraksi mahasiswa. Jurnal pendidikan modern, 6(2), 114-119. DOI: https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.205

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk kelas iv SD. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran. Doi: 10.24269/dpp.v3i1.157.

Haruminarti, T. E. (2021). Pembelajaran menulis puisi dengan sugesti imajinasi menggunakan media video keindahan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII e upt smpn2. Wacana: Jurnal bahasa, seni, dan pengajaran, 5(2), 92-100. Doi: https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17561.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, Desember). Strategi belajar bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata pelajaran Keterampilan menulis di Abad 21. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 4(1), 343-347.Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Husda, A., & Sembiring, R. A. (2020). Implementasi gaya belajar kinestetik sebagai apresiasi mahasiswa UNPRI terhadap pemaknaan unsur puisi. Jurnal education and development, 8(4), 494-494. DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.2208.

Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105-112. DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508

Kusrini, N., Trisna, I. N., & Ikhtiarti, E. (2022). Pelatihan pembuatan video animasi pembelajaran bahasa prancis berbasis powtoon kepada guru bahasa prancis-lampung. Gervasi: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 6(1), 108-121. Doi. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2957.

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di sekolah dasar. Al aulad: Journal of islamic primary education, 2(1). DOI: https://doi.org/10.15575/alaulad.v2i1.4427.

Nur Hidayah, R. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X ipa I sma negeri 2 blora tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Bojonegoro).

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa sekolah dasar. Publikasi pendidikan, 7(2), 95-101. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144.

Puspita, K., Alkhalifi, Y., & Basri, H. (2021). Rancang bangun sistem informasi penerimaan peserta didik baru berbasis website dengan metode spiral. Paradigma, 23(1). DOI: https://doi.org/10.31294/ p.v23i1.10434.

Putri, E. N. (2014). Pengaruh media musik instrumental terhadap keterampilan menulis puisi. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 2(2), 1-11.

Putri, LA, & Dewi, PS (2020). Media pembelajaran menggunakan video menarik pada materi serangan beredar. Matematika: Jurnal pendidikan matematika , 2 (1), 32 DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568.

Rahmadani, S., Annisa, A., & Setiawan, DSA (2019). Keefektifan model cooperative integrated reading and composition (circ) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks puisi pada siswa kelas VIII smp muhammadiyah 05 medan tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT) , 2 (2), 50-56. DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.75.

Sutama, S., Sandy, G. A., & Fuadi, D. (2017). Pengelolaan penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran matematika di SMA. Manajemen Pendidikan, 12(1), 105. DOI: 10.23917/jmp.v12i1.2967.

Ulfah, TA, Wahyuni, EA, & Nurtamam, ME (2021). Pengembangan media pembelajaran kartu uno pada pembelajaran matematika materi satuan panjang. Pracetak OSF. Doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/qt4mv.

Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis keterampilan argumentasi Ilmiah peserta didik pada model pembelajaran berbasis toulmin’s grgumentation pattern (TAP) dalam memahami konsep fisika dengan metode library research. Pendipa Journal of Science Education, 5(1), 79-91. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-9.

Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5359


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.