Pengaruh Game Mobile Legend terhadap Perilaku Agresif Anak dalam Lingkungan Keluarga
Abstract
abstrak—game mobile legends saat ini menjadi salah satu permainan daring yang sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan perilaku, terutama dalam lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh permainan Mobile Legends terhadap perilaku agresif anak yang ditunjukkan melalui peningkatan emosi, sikap kasar, dan penurunan interaksi sosial di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan data sekunder berupa jurnal-jurnal dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering bermain Mobile Legends mengalami peningkatan emosi negatif seperti marah, menjadi lebih sering membantah, bersikap kasar, mengalami kecanduan, serta mengalami penurunan intensitas komunikasi dengan anggota keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa intensitas bermain Mobile Legends secara tidak terkontrol dapat memicu perilaku agresif anak dalam keluarga dan memerlukan perhatian serta pendampingan dari orang tua.
Kata Kunci—perilaku agresif, anak, game online, Mobile Legends, keluarga
Abstract—mobile legends is currently one of the most popular online games among children and adolescents. However, excessive and uncontrolled use may lead to negative impacts on behavioral development, especially within the family environment. This study aims to examine the influence of Mobile Legends on children's aggressive behavior, which is reflected through emotional escalation, rude attitudes, and decreased social interaction at home. The method used in this research is a Systematic Literature Review (SLR) based on secondary data sourced from relevant journals and scientific articles. The results show that children who frequently play Mobile Legends experience increased negative emotions such as anger, tend to argue with family members, display rude behavior, develop game addiction, and have reduced communication with their families. The conclusion of this study is that uncontrolled Mobile Legends gaming can trigger aggressive behavior in children and therefore requires supervision and guidance from parents.
Keywords—aggressive behavior, children, online games, Mobile Legends, family
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Z. Z., & Murdiana, E. (2020). Peran dan fungsi keluarga dalam pendampingan pendidikan anak ditengah pandemi covid-19.Jurnal studi gender dan anak, 2(1), 120-137. Https://doi.org/10.32332/jsga.v2i01.2379.
Amalia, N., & Naya, N. A. (2023). Analisis dampak game online mobile legend terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik kelas v. Jurnal elementaria edukasia, 6(3), 1171–1179. Https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6271
Amran, A., Marheni, E., Sin, T., & Yenes, R. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends Dan Emosi Siswa Sman3 Batusangkar. Jurnal Patriot, 2(4), 1118-1130. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.733.
Ananda, B. F., Achmad, Z. A., Alamiyah, S. S., Wibowo, A. A., & Fauzan, L. A. (2022). Variasi Komunikasi Virtual pada Kelompok Pemain Game Mobile Legends. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 18–34. https://doi.org/10.15642/jik.2022.12.1.18-34.
Apriastuti, N. N. A. A., Rasn, I.W. & Putrayasa, I. B. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas iunggulan smp pgri 3 denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989.
Ashidiq, K. (2019). Perilaku agresif siswa smp: studi kasus pada 2 siswa kelas viii smp negeri 3 pengadegan purbalingga. Yinyang: jurnal studi islam gender dan anak, 14(1), 135–153. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2845.
Dwiyanvi, N. M. (2024) studi kasus anak agresif. Jurnal pendidikan anak usia dini, 7(1),9-16. https://doi.org/10.31932/jpaud.v7i1.3029.
Dyastuti, S. (2012). Mengatasi perilaku agresif pelaku bullying melalui pendekatan konseling gestalt teknik kursi kosong. Indonesian journal of guidance and counseling: theory and application, 1(1), 31-35. https://doi.org/10.15294/ijgc.v1i1.1076
Elita, V., Sari, N. Y., Jumaini, J., & Rustam, M. (2024). Hubungan Fungsi Keluarga dengan Status Mental Remaja pada Keluarga di Daerah Pesisir. Jurnal Keperawatan, 16(1), 403-410. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1253.
Ericsen, Z. G. & Suherman, E. (2024). Dampak game mobile legends terhadap motivasi belajar remaja di desa curug. Jurnal ekonomi dan bisnis digital , 2(1), 284–290. Https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/1308.
Fadila, R. (2013). Hubungan Identitas Sosial Dengan Perilaku Agresif Pada Geng Motor : The Relationship Of Social Identity With Aggressive Behaviors Among Motorcycle Gang . Psikologia, 8(2), 73–78. https://doi.org/10.32734/psikologia.v8i2.2774.
Faqih, A., & Aliza, N. F. (2023) . Peran orang tua dalam mengatasi masalah psikologis anak akibat kecanduan game online di pedukuhan mertosanan kulon, kalurahan potorono, kapanewon banguntapan, kabupaten bantul. Al-isyraq: jurnal bimbingan, penyuluhan, dan konseling islam, 6(1), 115-128 . Https://doi.org/10.59027/alisyraq.v6i1.159.
Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8-12. https://doi.org/10.29210/3003618000.
Hidayat, A. R. (2020). Tinjauan ekonomi islam terhadap jual beli online account game mobile legends: bang bang dalam tinjauan fiqih muamalah.jurnal syntax admiration, 1(1), 13-22. Https://doi.org/10.46799/jsa.v1i1.2
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Irwan, I., Siska, F., Zusmelia, Z., & Meldawati, M. (2022). Analisis perubahan peran dan fungsi keluarga pada masyarakat minangkabau dalam teori feminisme dan teori kritis. Satwika : kajian ilmu budaya dan perubahan sosial, 6(1), 191–205. Https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.19383.
Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. (2023). Efektivitas situs web pemerintah sebagai sumber data sekunder bahan ajar perkuliahan statistika. Jurnal Sustainable, 6(1), 59-70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373.
Jalil, A. (2019). Pengelolaan keuangan keluarga solusi keluarga sakinah.al maqashidi : jurnal hukum islam nusantara, 2(1). 67-84. Https://doi.org/10.32665/almaqashidi.v2i1.848
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal purabaya surabaya dalam kajian sosiolingui. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 43-59. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Kibtyah, M. (2014). Peran konseling keluarga dalam menghadapi gender dengan segala permasalahannya.sawwa:jurnal studi gender, 9(2).361-380. Https://doi.org/10.21580/sa.v9i2.641
Larasati, E. D., Kanzunnudin, M., & Pratiwi, I. A. (2023). Dampak intensitas bermain online game terhadap motivasi belajar dan perilaku sosial anak. Indonesian journal of education and social sciences, 2(2), 112–123. Https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.495 .
Mariska, T. & Hasanudin, C. (2023) Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar melalui Buku Cerita Bergambar. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 814-820. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1758.
Mustamiin, M. Z. ( 2019).konseling individu dengan sikap kecanduan game online mobile legend pada siswa. Jurnal visionary, 7(1), 1-8. Https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.198
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, A., & Mardison, S. (2018). Perilaku agresif peserta didik di mtsn thawalib padusunan. Jurnal al-taujih: bingkai bimbingan dan konseling islami, 4(1), 32-41. Https://doi.org/10.15548/atj.v4i1.510.
Raid, D. M., Syarifudin, A., & Muslimin. (2024). Analisis Pesan Dakwah Ustadz Abi Azkakia dalam Game Mobile Legend. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i4.192
Rakhmawati, I. (2015). Peran eluarga dalam pengasuhan anak. Konseling religi: jurnalbimbingan konseling islam, 6(1), 1-18 http://dx.doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520
Sainul, A. (2019). Konsep keluarga harmonis dalam islam. Al-maqasid: jurnal ilmu kesyariahan dan keperdataan, 4(1), 86-98. Https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i1.1421.
Sari, I. P., & Nurwahyuni. (2022). Dampak game online mobile legends terhadap perkembangan emosi siswa kelas v sdi. Jurnal cakrawala pendas, 8(4), 1038–1046. Https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2798.
Setiawan, A. (2010). Penanganan perilaku agresif pada anak. Jurnal asesmen dan intervensi anak berkebutuhan khusus, 10(1), 89-96. Https://doi.org/10.17509/jassi.v10i1.3912.
Solichah, N. (2020). Storytelling untuk mengatasi perilaku agresif anak. Jurnal psikologi islam al qalb, 11(2), 1-11. Https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i2.1580.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: jurnal penelitian pendidikan islam, 8(2). 331-354. Http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Syarifullah, M. A., & Syarif, D. F. T. (2018). Identifikasi ciri-ciri penyebab perilaku agresif verbal dan perilaku agresif non verbal pada smp negeri 13 palangka raya identification of the characteristics of verbal agressive behavior and verbal agressive behavior in palangka raya 13 state smp. Suluh: jurnal bimbingan dan konseling, 3(2), 26–30. Https://doi.org/10.33084/suluh.v3i2.504.
Tamara, A. F., Hermawan, A., & Purwaamijaya, B. M. (2024). Pengaruh Nilai Fungsional, Nilai Emosional, Dan Nilai Sosial Terhadap Niat Beli Barang Virtual Dalam Game Mobile Legends (Studi Kasus Pada Pemain Game Online Mobile Legends Di Jawa Barat. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2157-2166. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14384.
Thalib, R., & Abdullah, R. (2022). Pemberian rational emotive behavior therapy dalam mengontrol perilaku agresif pada pasien perilaku kekerasan. Jurnal ilmiah kesehatan sandi husada, 11(1), 127-137. Https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.718.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Utami, A. T., Bandarsyah, D., & Sulaeman, S. (2022). Dampak game mobile legends terhadap pola interaksi sosial siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal educatio fkip unma, 8(3), 899-907. Https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.