Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar melalui Buku Cerita Bergambar

Tia Mariska, Cahyo Hasanudin

Abstract


Anak Sekolah Dasar pada masa sekarang jarang sekali yang minat untuk membaca. Maka dari itu, dalam penelitian ini peneliti mempunyai cara untuk meningkatkan minat baca anak dengan memanfaatkan buku cerita bergambar. Yaitu sebuah buku  yang dilengkapi dengan tulisan serta gambar. Tujuan dari penelitian dilakukan yakni sebagai bentuk upaya buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca anak Sekolah Dasar. metode yang dipakai yaitu berupa studi pustaka. Data pada penelitian memakai data sekunder, yakni data yang dikumpulka  dari jurnal serta buku. Teknik untuk pengumpulan data berupa teknik simak bebas libat cakap dan catat. Teknik untuk menganalisis data menggunakan teknik Miles dan Hubarman, terdapat tiga langkah yakni, 1) reduksi, 2) penyajian data, kemudian 3) menarik simpulan. Validasi data di penelitian memakai teknik triangulasi. Hasil dari penelitian, peneliti menguraikan ada 4 upaya dalam meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar melalui buku cerita bergambar, antara lain 1) karakter cerita yang unik, 2) gambar harus dominan dibanding tulisan, 3) gambar di cetak versi warna, dan 4) menggunakan bahasa sehari-hari. Simpulan penelitian ini dengan beberapa upaya yang yang dilakukan mampu meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar.

Elementary school children today are rarely interested in reading. Therefore, in this study researchers have a way to increase children's interest in reading by using picture story books. That is a book that is equipped with writing and pictures. The purpose of this research is as a form of picture story book efforts to increase elementary school children's interest in reading. The method used is in the form of literature study. The data in this study used secondary data, namely data collected from journals and books. The technique for collecting data is in the form of free-involved listening, speaking and note-taking techniques. The technique for analyzing data uses the Miles and Hubarman technique, there are three steps, namely, 1) reduction, 2) data presentation, then 3) draw conclusions. Data validation in research uses triangulation techniques. The results of the research, the researcher describes there are 4 efforts to increase elementary school children's reading interest through picture story books, including 1) unique story characters, 2) pictures must be dominant compared to writing, 3) pictures printed in color version, and 4) use every day language. The conclusions of this study with several efforts made were able to increase elementary school children's reading interest.

 


Keywords


elementary school children, interest in reading, picture story book

Full Text:

PDF

References


Adipta, H., Maryaeni., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku.cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan pengembangan, 1(5), 989-992. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337

Ama, R. G. T., & Widyana, R. (2021). Konsep diri membaca dan minat baca pada siswa sekolah dasar . Cognicia, 9(1), 6–10. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14882

Adlini, M.N., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alfansyur, A. & Mariyani. (2020). Senin mengolah data: Penerapan triangulasi teknik,sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Ayuni, D., dkk. (2021). Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. 10.31004/obsesi.v5i1.579

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572

Evanirosa, dkk. (2022). Metode penelitian kepustakaan (library research). Media Sains Indonesia

Fahmy, Z., dkk. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Firdaus, W., dkk (2022). Meningkatkan minat baca pada anak usia sekolah melalui gerakan literasi rumah baca di Dusun Sentono. Journal of Community Engagement, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.273

Frananda, M., dkk. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama (JPE), 10(1), 2548-821X. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/

Hasan, M., dkk. (2023). Pendidikan karakter anak usia dini. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Masruroh, F. & Ramiati, E. (2022). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar. International Journal Of Education Recouses, 2(6), 576-585. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/index

Maruta, H. (2018). Analisis break even point (BEP) sebagai dasar perencanaan laba bagi manajemen. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 2(1), 9-28. https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/129

Nukha, L. Z. & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi Belajar Membaca Lancar sebagai media belajar membaca untuk anak kelas 1 SD. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI, 2(1), 855-858. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/issue/view/35/showToc

Manis. H. (2010). Learning is easy: Tip dan panduan praktis agar belajar jadi asyik,efektif,dan menyenangkan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Ngura, E. T. (2022). Media buku cerita bergambar: Upaya meningkatkan kemampuan bercerita dan sosial anak. Bantul: Jejak Puskata.

Nopihartati, N. A., Neherta, M., & Sari, I. M. (2023). Masalah status gizi lebih pada anak usia Sekolah Dasar akibat pandemi covid-19. Indramayu: CV.Adanu Abimata.

Oktarina, N., & Liyanovitasari, L. (2019). Media cerita bergambar tentang pengenalan seks dini meningkatkan pengetahuan anak usia dini. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Restian, A. (2019). Koreografi seni tari islami untuk anak Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Suharsiwi. (2022). Pengembangan interaksi sosial: Anak autis di Sekolah Dasar awal. Pasaman Barat: CV.AZKA PUSTAKA

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa Sekolah Dasar (6 - 7 tahun). Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.58230/27454312.71

Samaya, D. (2021). Desain dan validasi buku cerita bergambar membaca dini berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 14(2), 85-95. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v14i2.1433

Trianingsih, R. (2018). Aplikasi pembelajaran kontekstual yang sesuai perkembangan anak usia Sekolah Dasar. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Utami, R. (2020). Perancangan buku cerita bergambar "The Adventure of Ara". Jurnal Desain Komunikasi Visual, 10(3), 1- 19. http://doi.org/10.24036/dekave.v10i3.110222


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.