Manfaat Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Alifiyul Nur Kolifah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Quizizz adalah platform pembelajaran digital berbasis kuis yang dirancang secara interaktif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari penggunaan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder, seperti kutipan dari buku dan artikel jurnal nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Quizizz memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa, yaitu 1) Menjadikan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, 2) Mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan evaluasi, 3) Memberikan umpan balik langsung dalam meningkatkan motivasi belajar, 4) Fleksibel dan mendorong pembelajaran mandiri, 5) Mengembangkan minat dan literasi sejak dini. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quizizz memiliki lima manfaat utama dalam mendukung dan memotivasi siswa di jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci: siswa sekolah dasar, motivasi belajar, aplikasi quizizz.

 

Abstrack—Quizizz is an interactive digital platform designed for quiz-based learning experiences. This research aims to explore the advantages of utilizing Quizizz to enhance learning motivation among elementary school students. The study employs a Systematic Literature Review (SLR) approach. Data were obtained from secondary sources, including excerpts froom books and articles published in national journals. The result reveal that using Quizizz positively influences students’ motivation to learn by: 1) creating a more engaging and enjoyable classroom atmosphere, 2) helping teachers deliver lessons and conduct assessments more effectively, 3) offering instant feedback that supports increased motivation, 4) providing flexibility and encouraging self-directed learning, 5) cultivating students interest and literacy from an early age. Based on these findings, it can be concluded that Quizizz provides five key benefits that contribute to supporting and motivating elementary school learners.

Keywords: elementary school students, learning motivation, quizizz application.


Keywords


elementary school students, learning motivation, quizizz application.

Full Text:

PDF

References


Al Azmi, F., Adzimah, H., Aminullah, M. A., & Taufiqurrochman, R. (2023). Peranan game based learning dengan Aplikasi Quizizz dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 2(1), 50-66. http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.6678

Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/1613

Atmaja, I. M. D. (2024). Strategi penguatan hubungan kausal positif antara motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan motivasi belajar matematika. Prosiding SENAMA PGRI, 3, 1-13. https://doi.org/10.59672/senama.v3.4070

Candrasari, P., & Munandar, K. (2024). Pemanfaatan media Quizizz pada asesmen sumatif sebagai pemenuhan kebutuhan gaya belajar peserta didik. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84. https://core.ac.uk/download/pdf/249324702.pdf

Handayani, N. S., & Rakhmawati, D. (2024). Peran guru dalam pembentukan karakteristik belajar siswa sekolah dasar.. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 559-569. https://www.journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2662/2092

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266. https://pdfs.semanticscholar.org/15f2/f10affd199cc55b914eb37cdf6d92d089217.pdf

Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik bahasa gaul remaja sebagai kreativitas berbahasa indonesia pada komentar status Iinside lombok di instagram: Caracteristics of teenage slang as indonesian language creativity on status comments inside lombok on instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44

Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 131-147. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7-11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942

Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika, 10(01), 163-178.https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan media canva dan aplikasi quizizz pada pembelajaran teks fabel peserta didik SMP. Semantik, 11(1), 61-70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.2310

Nafisa, A., & Lisnawati, S. (2022). Pengaruh media edukasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak Kelas VIII MTs Ar-Rofiqy Kabupaten Bogor. Inspiratif Pendidikan, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.28636

Ningsih, D. K., Alfaqi, M. Z., & Sadiqyah, S. (2025). Penggunaan aplikasi Quizizz paper mode sebagai media dalam evaluasi pembelajaran matematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 564-571. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p564-571

Novilatuzzahro, R. A., Ertanti, D. W., & Cahyanto, B. (2022). Penerapan Motivasi ekstrinsik sebagai upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Huda Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(3), 253-260. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/16849

Nurfauzan, A. Z., Almubarak, M., Abdillah, K., & Anggraini, A. (2022). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 613-621. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.198

Nurholifah, L., & Zakia, N. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51-61.https://jurnal.asy-syifa.id/index.php/an-nashr/article/view/18/12

Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi pengembangan motivasi instrinsik di dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. MURABBI, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.20

Nuriski, A. W. (2015). Kontribusi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sambi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/148608202.pdf

Pratiwi, N. L. P. P., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan kompetensi pengetahuan ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(3), 114-121. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2932/1563

Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas vi di sdn guntur kota cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Pemanfaatan gamification Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114-133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media penilaian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Rajagukguk, M. (2021). Inovasi pnilaian pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz pada era revolution industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 45-50). FBS Unimed Press. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41219/1/Fulltext.pdf

Sadiyah, H. (2023). Upaya peningkatan pemahaman teks arab pada pembelajaran Maharah Al-Qiroah melalui media Quizizz. Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 91-99. http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.6678

Setiana, S., & Eliasa, E. I. (2024). Karakteristik perkembangan fisik, kognitif, emosi sosial, dan moral pada anak usia sekolah dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 127-138. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1742

Shintawati, Y. (2018). Pengaruh ketersediaan koleksi buku penunjang bagi kebutuhan belajar siswa: Studikasus di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kecamatan Tlanakan Pamekasan Madura. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 26-39. http://dx.doi.org/10.30742/tb.v2i2.552

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). http://dx.doi.org/10.29210/3003205000

Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring di era covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Widiyani, E., Fakhriyah, F., Firmasyah, R., Putri, S. M., & Kartika, A. S. (2024). Karakteristik karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah profesi guru (JIPG), 5(1), 51-59. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a15544

Widyawati, R. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775/42493

Yuliana, E., & Rachman, D. F. (2022). Hubungan motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar. Jurnal Basicedu, 6(1), 612-618. 10.31004/basicedu.v6i1.2050

Zulpina, Z. (2022). Quizizz, Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Arab Online Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(3), 775-787. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1089


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.