Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Afektif Anak Usia Dini
Abstract
abstrak—Penggunaan TikTok dapat memengaruhi perilaku afektif anak usia dini, baik secara positif maupun negatif. Tanpa pengawasan, anak bisa terpapar konten yang tidak sesuai dan meniru perilaku yang kurang mendidik. Dengan demikian, peran orang tua amatlah esensial dalam membimbing dan mengawasi penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data yang digunakan adalah data sekunder berupa klausa yang bersumber dari jurnal dan buku nasional. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik simak dan catat. Sementara itu, triangulasi teori diterapkan sebagai teknik validasi data. Hasil penelitian bahwa terdapat 1) Menstimulasi ekspresi emosi anak 2) Meningkatkan risiko perilaku imitative negatif 3) meningkatkan ketahanan emosional dan konsentrasi 4) Mendorong ketergantungan terhadap validasi sosial 5) mengurangi interaksi sosial lagsung.
Kata kunci—TikTok, perilaku afektif, anak usia dini
Abstract—The use of TikTok can influence early childhood affective behavior, both positively and negatively. Without supervision, children can be exposed to inappropriate content and mimic uneducative behavior. Thus, the role of parents is essential in guiding and supervising the use of the application. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data used is secondary data in the form of clauses sourced from national journals and books. For data collection, the researcher used listening and note-taking techniques. Meanwhile, theoretical triangulation is applied as a data validation technique. The results showed that there are 1) Stimulate children's emotional expression 2) Increases the risk of negative imitative behavior 3) increases emotional resilience and concentration 4) Encourages dependence on social validation 5) reduces direct social interaction.
Keywords— TikTok, affective behaviors, early childhood
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifah, F. N. (2019). Pengembangan strategi pembelajaran afektif. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 68-86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587
Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65, 1-43. https://repository.ut.ac.id/4707/1/PAUD4306-M1.pdf
Andayani, S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal An-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 199-212. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130
Anggeraja, R. A., Supriyanto, A., Suprihatin, B., & Sajidulloh, I. F. (2022). Manfaat Media TikTok sebagai Strategi dalam Layanan Bimbingan Konseling: Fitur-Fitur TikTok; Pemanfaatan Media TikTok sebagai Strategi Layanan Bimbingan Konseling. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 5(3), 197-206. https://doi.org/10.33369/consilia.3.5.197-206
Atikah, C. (2023). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75-81. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397
Basyiroh, I., Ramdani, C., & Padmi, F. N. (2023). Bermain Pasir Untuk Anak Sering Menangis. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 18-22. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/index
Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media, 3(2), 59-65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849
Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 9(2), 79-85. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3491
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199-208. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Khaironi, M., & Ilhami, B. S. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ilmiah society, 1(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/35815
Mantau, B. A. (2009). Pengukuran ranah afektif mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam penilaian berbasis kelas. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpi/article/view/594
Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial tik tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/8430/1/SKRIPSI.pdf
Mulyani, M. P. (2018). Perkembangan anak usia dini. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini, 46. https://siladikti.hangtuah.ac.id/filesila/NORA_FKG/B65412BKA_Usia%20Dini.pdf#page=58
Mustikasari, A., Amelia, E., Bahri, K. N., Syamfithriani, T. S., & Budiwati, N. (2023). Sosial Konstruktivisme Dalam Media Sosial Tiktok Untuk Tujuan Pengajaran Dan Pembelajaran. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 72-78. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.7913 .
Nasution, A. T., Rahmanita, B. N., & Muzaini, M. C. (2023). PENGEMBANGAN ASSESMEN AFEKTIF. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2841-2853. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.961
Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam proses pemblajaran. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 57-65. https://doi.org/10.47918/jeac.v3i1.1136
Pratama Putra, R. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam , 5(1), 18-26. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1590
Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21049
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Rozak, P. (2014). Evaluasi Afektif dalam Pembelajaran. Madaniyah, 4(1), 58-77. http://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/about
Sa'diyah, R. (2013). Urgensi kecerdasan emosional bagi anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10375
Sanjaya, W. A. Pembelajaran Afektif 1. (2014). Pengertian Pembelajaran Afektif. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2113
Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93-107. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.p
Trisoni, R. (2016). Strategi Pencapaian Tujuan-Tujuan Afektif Dalam Pendidikan Agama Islam. Ta’dib, 12. https://core.ac.uk/download/pdf/236391074.pdf
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.