Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
abstrak— Artificial Intelligence memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah menengah atas. Tujuan dari penelitian ini ingin menengetahui peran Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah menengah atas. Metode didalam penelitian ini menggunakan metode SLR. data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak dan catat sedangkan Teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat 1) meningkatkan akses informasi dan sumber belajar digital 2) mendorong kemampuan evaluasi dan validasi informasi 3) meningkatkan kemampuan teknologi dan adaptasi digital 4) menumbuhkan kemandirian dan tanggung jawab dalam belajar digital 5) mengembangkan kolaborasi digital dan komunikasi virtual. pernyataan tersebut yang dapat dilakukan sebagai peran Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah menengah atas. simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 peran yang dapat dilakukan dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah menengah atas.
Kata kunci—Artificial Intelligence, Literasi Digital, Sekolah Menengah Atas
Abstract— Artificial Intelligence has an important role in improving the digital literacy of high school students. The purpose of this study is to determine the role of Artificial Intelligence (AI) in improving the digital literacy of high school students. The data in this study uses secondary data in the form of clauses taken from journals and books nationally. data collection techniques use listening and note taking techniques while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the study that there are 1) increasing access to information and digital learning resources 2) encouraging the ability to evaluate and validate information 3) improving technological capabilities and digital adaptation 4) fostering independence and responsibility in digital learning 5) developing digital collaboration and virtual communication. the statement that can be done as the role of Artificial Intelligence (AI) in improving the digital literacy of high school students. the conclusion in this study is that there are 5 roles that can be done in improving the digital literacy of high school students.
Keywords— Artificial Intelligence, Digital Literacy, High School
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, R., & Sari, M. D. (2021). Kelebihan dan kekurangan penerapan kecerdasan buatan dalam pembelajaran siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 45–53.https://doi.org/10.21009/jtpp.091.05.
Arianti, S. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 55–63.https://doi.org/10.31227/jpp.v8i1.55.
Asih, S. (2021). Pengaruh karakteristik peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran daring di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 67–75.https://doi.org/10.31004/jpp.v12i1.67.
Asnawati, A., Kanedi, I., Utami, F., Mirna, M., & Asmar, S. (2023). Pemanfaatan literasi digital di dunia pendidikan era 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 67–72.https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3489 .
Auliya, R. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Pendidikan, 6(2), 112–120.https://doi.org/10.24036/jp.v6i2.112.
Budi, H. & Fahmi, M. 2020. "Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Analisis Pembelajaran Adaptif di SMA." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 7 (1): 50–60.
Budiningsih, C. A. (2011). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314.https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416.
Haliza, Y., Handayani, F., & Gusrianda, G. (2023). Urgensi Literasi Budaya Generasi Milenial di Era Digital. Prosiding Fakultas Ushulludin Adab dan Dakwah, Vol 1 No 2
Hanik, U. E. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Islamic Teacher Journal 8 (1), 183.
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198-203.https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121.
Hidayatullah, B., & Fahmi, M. (2020). Pemanfaatan artificial intelligence untuk analisis pembelajaran adaptif di SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 50–60.https://doi.org/10.23887/jitp.v7i1.27810.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kusumawati, H., Wachidah, R. L, & Cindi, T. D. (2021). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENDIKSA-3)3 (1), 155-164 .
Lestari, F., & Pratama, Y. A. (2022). Tantangan dan keunggulan penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan menengah. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(1), 77–85.https://doi.org/10.23887/jtp.v10i1.44532.
Marsella, M., Wijaya, C. S., dkk. (2023). Analisis Impelementasi Artificial Intelegence untuk Bisnis: Systematic Literature Review. Jurnal Of Information System,Computer Science & Information Technology Vol 4, No 2.https://doi.org/10.46576/device.v4i2.4037.
Mulyati, S. & Evendi, H. (2020). Definisi pembelajaran digital: alat yang memungkinkan siswa meningkatkan keterampilan, berpikir kritis, dan memecahkan masalah melalui kolaborasi dan komunikasi. Edunity, (Jurnal Ilmiah Pendidikan). https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.
Nurhidayat, E. ., Herdiawan, R. D. ., & Rofi’i, A. . (2022). Pelatihan peningkatan Literasi digital guru dalam mengintegrasikan teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31.https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71 .
Pasaribu, M., Widjaja, A. (2022). Artificial Intelligence: Perspektif Manajemen Strategis, Jakarta: PT. Gramedia.Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahmawati, D., & Widodo, S. A. (2020). Dampak literasi digital terhadap perilaku belajar siswa sekolah menengah atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 55–62.https://doi.org/10.21009/jip.v6i1.223.
Ramadhan, M. A., & Wulandari, R. (2022). Analisis kelebihan dan kekurangan AI dalam sistem pendidikan menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 4(2), 101–109.https://doi.org/10.31294/jipi.v4i2.12789.
Ramalisa, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 145–155.https://doi.org/10.21009/jtp.152.145.
Riyana, C. (2008). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Jakarta.
Sani, M. (2018). Pemanfaatan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksara, 4(3), 1–12.
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80.https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799.
Tarigan, J. (2016). Peran Lingkungan Sekolah terhadap Perilaku Siswa SMA di Medan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 55–63.https://doi.org/10.31289/jpp.v4i1.55.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra. P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Komteks (Komputer dan Teknologi Sains). Vol 1, No 1.
Triyono, H., Susanto, A., & Rahayu, S. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa SMA dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 201–210.https://doi.org/10.21831/jip.v8i3.201.
Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 81-90.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Uno., H. B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Utami, N. W., & Pratiwi, R. N. (2022). Analisis literasi digital dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 235–244.https://doi.org/10.23887/jtp.v10i3.43681.
Wijaya, R. S. (2015). Hubungan kemandirian dengan aktivitas belajar siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3).
Yuliana, S., & Hartono. (2021). Optimalisasi pembelajaran e-learning menggunakan artificial intelligence di sekolah menengah atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 145–155.https://doi.org/10.23887/jtp.v9i3.42345.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.