Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Smart Box terhadap Prestasi Belajar

Penulis

  • fruri stevani
  • Budi Irawanto
  • Muhamad Eka Fatkhurizal

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa berprestasi di kelas Ekonomi yang menggunakan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), dengan bantuan Smart Box sebagai materi tambahan, saat mempelajari kebijakan fiskal. Sebanyak tiga puluh empat siswa dari kelas sebelas hingga dua belas di SMA Negeri 1 Kalitidu berpartisipasi dalam penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan desain pretes-posttes satu kelompok. Metode pengumpulan data meliputi melakukan eksperimen, membuat catatan, dan meninjau hasil. Dengan nilai t terhitung sebesar -20,001, yang melampaui nilai t kritis 2,034, dan tingkat signifikansi 0,001, yang kurang dari 0,05, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah model PBL dengan Smart Box diterapkan. Kami menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) berdasarkan temuan ini, yang menunjukkan bahwa paradigma PBL yang didukung oleh Smart Box memiliki pengaruh positif dan substansial terhadap kinerja akademik siswa. Paradigma ini dapat dilihat sebagai cara praktis dan efisien untuk mengajarkan ekonomi di sekolah, sehingga meningkatkan kualitas pengajaran tersebut.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Smart Box, Prestasi belajar

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-17

Terbitan

Bagian

Articles