Peningkatan Kemampuan Analisis Ekonomi Siswa SMA melalui Media Dokumenter Ekonomi Kreatif

Penulis

  • Diahayu Lestari IKIP PGRI Bojonegoro
  • Dilla Astika Ningtias
  • Nova Widya Sari
  • Dicky Vergi Hamzah
  • Faishal Amir
  • Putri Ramendita Daeng Barang

Abstrak

Abstrak

Kemampuan analisis ekonomi merupakan keterampilan penting bagi siswa SMA dalam memahami dinamika ekonomi yang kompleks dan kontekstual. Sayangnya, pembelajaran ekonomi di sekolah masih didominasi oleh metode konvensional yang kurang mendorong keterampilan berpikir kritis. Artikel ini bertujuan mengkaji secara konseptual bagaimana penggunaan media dokumenter ekonomi kreatif dapat meningkatkan kemampuan analisis ekonomi siswa. Dokumenter memberikan visualisasi nyata terhadap aktivitas ekonomi, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif yang relevan dengan kehidupan siswa. Melalui pendekatan berbasis tayangan dokumenter, siswa tidak hanya memahami teori ekonomi, tetapi juga dapat menghubungkannya dengan fenomena yang terjadi di masyarakat. Dengan demikian, dokumenter dapat menjadi media pembelajaran yang kontekstual dan mendorong siswa berpikir lebih analitis.

 

Kata Kunci: kemampuan analisis ekonomi, dokumenter, ekonomi kreatif, media pembelajaran, siswa SMA

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-17

Terbitan

Bagian

Articles