Potensi Anime “Dr. Stone” sebagai Media Pembelajaran

Penulis

  • Ais Fauziyah mnurrohman2004@gmail.com IKIP PGRI Bojonegoro
  • Akmilatun Nisa
  • Haris Fikri Admaja
  • Muhamad Dimas Setiadi
  • Muhamad Nur Rohman

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini mengkaji potensi anime Dr. Stone sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan. Tujuannya adalah untuk menelaah bagaimana narasi dan visualisasi dalam anime tersebut mampu merangsang pola pikir ilmiah dan rasa ingin tahu siswa. Dengan metode deskriptif kualitatif, studi ini didasarkan pada analisis literatur dan wawancara dengan guru yang telah menggunakan anime dalam proses pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa Dr. Stone membantu pemahaman prinsip sains, mendorong pemecahan masalah, dan menyajikan proses ilmiah dalam format yang mudah dipahami. Namun, guru tetap perlu memberikan konteks terhadap unsur fiksi yang ada untuk menjaga ketepatan materi.

Kata Kunci: Dr stone, pembelajaran sains, anime, media, pendidikan

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-11

Terbitan

Bagian

Articles