Efektifitas Pemanfaatan Media Audiovisual dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas 10 SMK Negeri Dander
Kata Kunci:
Media Audiovisual, Sikap Nasionalisme.Abstrak
Abstract
This study aims to determine the level of effectiveness of the use of audiovisual media in fostering nationalism attitudes in class 10 students of SMK Negeri Dander. Using a qualitative approach, this study collected data through interviews, documentation, questionnaires, and observations. The findings of the study indicate that the use of audiovisual media is considered quite effective in fostering students' nationalism attitudes. This is supported by the results of the questionnaire which showed students' tendency to agree with the use of audiovisual media in learning and their understanding of the concept of nationalism attitudes. Thus, this study indicates that audiovisual media has significant potential as a tool in instilling nationalist values among students.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pemanfaatan media audiovisual dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa kelas 10 SMK Negeri Dander. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dinilai cukup efektif dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa. Hal ini didukung oleh hasil kuesioner yang menunjukkan kecenderungan siswa untuk setuju terhadap penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran serta pemahaman mereka terhadap konsep sikap nasionalisme. Dengan demikian, penelitian ini mengindikasikan bahwa media audiovisual memiliki potensi signifikan sebagai alat bantu dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme di kalangan siswa.
Referensi
Marwati, E. (2016). Membangun Semangat Nasionalisme di Sekolah Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2016.
Anis Ibnatul Muthoharoh, T. S. (2012). Pendidikan Nasionalisme Melalui Pembiasaan di SD Negeri. Kuningan 02 Semarang Utara
Anderson, Ronald. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Audio Visual. Jakarta: Grafindo Pers Daryanto.(2010).
Asep H, dkk. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: UPI Press
Marwati, E.(2016). Membangun Semangat Nasionalisme di Sekolah Melalui Kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2016.
Siti Mudmainah, Ernia Duwi Saputri, H. I. (2023). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(4), 340–353.