Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
abstrak—Strategi pembelajaran ekspositori adalah rencana yang berfokus pada tahap penyampaian materi secara langsung kepada siswa yang dapat dikolaborasikan dengan proses tanya jawab serta demonstrasi langsung oleh pendidik, dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran bahasa Indonesia melalui analisis studi pustaka, dengan menganalisis berbagai penelitian terkait. Menggunakan metode studi Pustaka dengan mencari serta mengumpulkan data penelitian dari beberapa buku, jurnal, dan penelitian terdahulu terdahulu. Dari hasil penelitianstrategi pembelajaran ekspositori memiliki dampak positif dan evektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci—strategi pembelajaran, ekspositori, bahasa indonesia
Abstract—The expository learning strategy is a plan that focuses on the stage of delivering material directly to students which can be collaborated with the question and answer process and direct demonstration by educators, with the aim of deepening students understanding of the material. The purpose of this research is to find out about expository learning strategies in Indonesian language learning through literature study analysis, by analyzing various related studies. Using the literature study method by searching and collecting research data from several books, journals, and previous previous research. From the results of the research, the expository learning strategy has a positive and effective impact on Indonesian language learning.
Keywords— learning strategy, expository, Indonesian language
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.
Arsa, I. P. S. (2015). Belajar dan Pembelajaran; Strategi Belajar yang Menyenangkan.
Atriyanto, B., & Sulistiyo, E. (2014). Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat memperbaiki compact cassete recorder kelas XI TAV di SMA Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 09-13.
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif. Doctoral dissertation, State University of Surabaya.
Nursyaidah, N. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 57-64. URL: https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/prosidingPGMI/article/download/808/438.
Safriadi, S. (2017). Prosedur pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 47-65. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i1.1908.
Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71-76. DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213.
Ta'i, Y., Manggus, M. Y., Inggo, M. S., Bhena, M. M. O., Weo, M. S., Baka, M. Y., ... & Kaka, P. W. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 82-88. Doi: https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1545.
Wulan, E. P. S., & Siahaan, D. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal ilmu pendidikan, 2(1), 49-53. DOI: https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.805.
Yusnaldi, E., Wibowo, S. P., Azzahra, S., Sitorus, P. A., Hutasuhut, N. A., & Nadya, L. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32160-32166. Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12256.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.