Teknik-teknik Membaca
Abstract
Abstrak—Membaca dapat diartikan sebagai tindakan di lakukan oleh seseorang guna mendapatkan informasi atau berita terbaru berupa kata-kata yang terdapat di buku atau koran. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi teknik-teknik membaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode library research, di mana data yang digunakan adalah data sekunder menggunakan teknik libat, catat, dan simak, hasil dari penelitian ini adalah 1) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan teknik media tertentu pada siswa dengan berbagai kemampuan 2) Manfaat dari penerapan teknik-teknik membaca tertentu terhadap perkembangan literasi siswa 3) Cara memilih teknik membaca yang tepat sesuai kemampuan dan kebutuhan siswa.
Kata kunci—Pengertian Membaca, Manfaat Membaca, Teknik Membaca
Abstract—Reading can be interpreted as an action carried out by someone to get the latest information or news in the form of words found in books or newspapers. The purpose of this research is to identify reading techniques. In this research, the researcher used the library research method, where the data used was secondary data using the techniques of engaging, noting and studying, the results of this research were 1) Factors that influence the success of applying certain media techniques to students with various abilities 2) Benefits of applying certain reading techniques on students' literacy development 3) How to choose the right reading technique according to students' abilities and needs.
Keywords—Understanding of Reading, Benefits of Reading, Reading Techniques
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, A. (2015). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Malang:
Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.
Bastian, N. (2022). Keterampilan literasi membaca, dan menulis. SIDOARJO: Nahason Bastin Publishing.
Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi perbedaan metode kualitatif dan kuantitatif. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156-159. https://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/46.
Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. R. (2023). Efektivitas situs web pemerintah sebagai sumber data sekunder bahan ajar perkuliahan statistika. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 59-70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373.
Lubis, B. N. A., Syahputri, D., & Rambe, K. R. (2022). Pelatihan teknik membaca cepat: Skimming and scanning bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(1), 30-33. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.107.
Masada, H.,T., C., M. & Evitarini, A. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa dengan teknik skimming dan scanning melalui layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 114-119. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5347.
Musbikin, I. (2021). Penguatan kemampuan gemar membaca, integritas, dan rasa ingin tahu. Indonesia: Nusa media.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.
Prastowo, A. (2018). Sumber belajar & pusat sumber belajar teori dan aplikasi di sekolah atau madrasah. Depok: Prenada Media.
Pratama, G. (2020). Analisis transaksi jual beli online melalui website marketplace Shopee menurut konsep bisnis di masa pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/130.
Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984.
Rambe, S. A. (2022). Pelatihan membaca cepat dengan teknik skimming melalui layanan penguasaan konten. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 33-36. https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.24.
Suntari, Y., Ratnawati, I., Sagita, N., & Putra, M. L. D. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui teknik scanning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta Timur. Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 2(1), 53-63. https://doi.org/10.572349/sabda.v2i1.502.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.
Susanty, F. (2019). Peningkatan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa inggris melalui teknik skimming-scanning pada mahasiswa STIT RU Semester II 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43-54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.41.
Tantri, A. A. S. (2015). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 14-22. https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051.
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78-85. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1472.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.