Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbatuan Media Berita Daring di SMP Negeri 1 Parengan

Machika Pingki Dabilla Pramesti, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Abstrak—Penelitian dilakukan dengan dasar karena ditemukannya kesulitan untuk membuat teks berita oleh peserta didik kelas VII E SMP Negeri 1 Parengan dikarenakan kekurangan informasi tentang sumber berita serta unsur-unsur dari teks berita. Dilakukannya study ini ialah agar mencari tahu peningkatan dari kemampuan peserta didik dalam menciptakan teks berita memakai metode discovery learning berbantuan media berita daring pada peserta didik. Studi dilakukan memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan dua siklus dengan tiap siklusnya mencakup perencanaan, penerapan, observasi, serta refleksi. Pada pratindakan rata-rata peserta didik 57,3 ketuntasan klasikal dengan persentase 22%, pada siklus I rata-rata peserta didik 72,3 ketuntasan klasikal 62,5%, serta pada siklus II rata-rata peserta didik 84,3 ketuntasan klasikal 100%. Sehingga menggunakan metode discovery learning berbantuan media berita daring dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita peserta didik.
Kata Kunci—Menulis teks berita, discovery learning, media berita daring

Abstract—The study is motivated by the problem in seventh-grade students in class E at SMP Negeri 1 Parengan confront when composing news texts, due to their lack of knowledge about news sources and the elements of news texts. This research intends to measure the improvements to compose news text using discovery learning approach, helped by online news media. This study's research method is CAR or Classroom Action Research. This learning implementation was made out by two cycle: planning, execution, observation, and reflection. In the pre-action phase, the average student scores was 57.3 with a classical completeness of 22%, The first cycles the averages students scores was 72.3 and a classical completeness of 62.5%, but the second cycles student average score was 84.3 with a classical completeness of 100%. Thus, Using the discovery learning method in conjunction with online news sources can help students enhance their abilities to compose news texts.
Keywords—News writing, discovery learning, online news media

Keywords


News writing, discovery learning, online news media

Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1),1-28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851.

Andriani, Y., & Putri, K. Y. S. (2021). Pengaruh situs berita online detik. com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi selama masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNJ Angkatan 2019. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 2(1), 232-240. https://doi.org/10.54895/jkb.v2i1.788.

Budiastuti, P. N., Rosdiana, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v3i1.5129.

Dianto, W., Nisa, H. U., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pengaruh berita online clickbait terhadap minat baca peserta didik SMKN 1 Kersana. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 376-383. https://doi.org/10.5281/zenodo.6995648.

Gajah, K. R., & Tansliova, L. (2020). Model Pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 64-74. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v2i2.158.

Irwansyah, A. (2017). Kemampuan menulis wacana naratif. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 6(1), 59-74. https://doi.org/10.51226/assalam.v6i1.81.

Kencana, W. H., Situmeang, I. V. O., Meisyanti, M., Rahmawati, K. J., & Nugroho, H. (2022). Penggunaan media sosial dalam portal berita online. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 136-145. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1509/1235.

Kusuma, T. S. W., & Mustari, M. (2023). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 46-55. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319.

Latae, A., Barasandji, S., & Muhsin, M. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa melalui metode SAS siswa kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4), 199-213. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3987/2941.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 1(2), 318-327. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148.

Mutharoh, N. C., & Rukiyah, R. (2022). Perspektif mahasiswa S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro dalam menanggapi judul clickbait pada portal berita online di Indonesia. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(4), 455- 464. https://doi.org/10.14710/anuva.6.4.455-464.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808.

Nurcaya, N., Samad, A. G., Karma, R., & Jaya, D. (2022). Kesalahan Berbahasa pada berita daring/online. AIJER: Algazali International Journal Off Educational Research, 4(2), 191-198. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.556.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62.

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.

Rochmawati, F., & Ahnaf, F. H. (2021). Upaya meningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII dengan model discovery learning di SMP Negeri 1 Winongan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 66-71. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.28.

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1),111-127. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/999/653.

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan metode pembelajaran field trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239-246. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1224.

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran discovery learning bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076-1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877.

Suastika, N. S. (2018). Problematika pembelajaran membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.

Waljinah, S., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rufiah, A., & Kustanti, E. W. (2019). Tindak tutur direktif wacana berita online: Kajian media pembelajaran berbasis teknologi digital. SeBaSa, 2(2), 118-129. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1590.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.