Pengaruh Novel dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di Kalangan Anak Muda
Abstract
Kata kunci—Novel, keterampilan membaca, anak muda
Abstract— Novel means a long literary work containing a complex fictional story. The purpose of this research is to find out the results of analyzing the influence of novels in improving reading skills among young people. The method used is literature study, the data applied is secondary data. The technique used is triangulation technique, the technique to collect data is simak, libat and note. The results of this study are 1) improving reading skills, 2) improving cognitive skills, 3) developing empathy and social connectedness, 4) the influence of technology. The conclusion of this research is that there are 4 analyses of the influence of novels in improving reading skills among young people.
Keywords—Novels, reading skills, young adults
Full Text:
PDFReferences
Adlini, MN, Dinda, AH, Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, SJ (2022). Metode penelitian kualitatif studi literatur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Alimin, A. A., dan Sulastri, S. (2018). Nilai keberanian dalam novel negeri di ujung tanduk karya tere liye. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 1-5 https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.447.
Ambat, M. K., Polii, I. J., & Monoarfa, S. (2023). Kajian pesan moral dalam novel “Cermin tak Pernah Berdusta” karya Mira W dam Implikasinya pada Pendidikan Karakter. Kompentensi, 3(6), 2333-2343. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6230.
Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan minat baca. PT Pustaka Adhikara Mediatama.
Banurea, E. G. N., & Saragih, E. L. L. (2022). Pengenalan literasi untuk kemampuan membaca dan menulis di kalangan anak muda. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 182-191. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i02.556.
Dewi, T. S. R. (2018). Analisis keterampilan membaca pada mata pelajaran Al-Quran Hadits bagi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 43-52. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3044.
Febriyanti, S. N. (2023). Anak muda, Youtube, dan digital labour: Kajian audiens di era post-televisi. PRENADA.
Elvitra, N. (2022). Strategi gereja dalam membangun pemahaman anak muda tentang cinta akan Tuhan. Jurnal Antusias, 8(1), 39-47. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/853/0.
Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/335.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi digital di era pembelajaran abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307-314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416.
Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73.
Hanah, A. (2022). Meningkatkan keterampilan membaca pada anak. Jurnal Latihan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pengajarannya, 1(1), 1-7. https://ojs3.ppjb-sip.org/index.php/dummy/article/view/177.
Hapsoro, Y. S. (2019). Menguak cerita horor karya Eka Kurniawan dalam Kumpulan Budak Setan: Sebuah kajian formula. Kelasa, 14(2), 223-242. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1286495.
Idhamani, A. P. (2020). Dampak teknologi informasi terhadap minat baca siswa. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 11(1), 35-41. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4.
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 640-647. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282.
Kamilah, A., & Ruqoyyah, S. (2022). Keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD menggunakan contextual teaching and learning berbantuan kartu kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 25-33. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10495.
Komalasari, A. S., dan Riani, D. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909.
Latifah, L. N. (2021). Pembelajaran keterampilan membaca permulaan pada siswa SD Kelas 1 dengan menggunakan metode eja. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(1), 60-64. https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4728.
Lubis, F. W. (2020). Analisis androgini pada novel †œAMELIA†karya Tere-Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6 https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256.
Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran" Cakruk Baca Bergerak” dalam pengembangan literasi anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61-77. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236.
Maryam, Y., Putri, T. J., dan Firmansyah, D. (2018). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 929-936. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1652.
Maulidah, T. (2020). Pemanfaatan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa indonesia. IBTIDA', 1(1), 25-32. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.108.
Mustikawati, R. (2015). Upaya peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode suku kata (Syllabic method) pada siswa kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta tahun 2014/2015. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41-56. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457.
Payuyasa, I. N. (2019). Gaya bahasa personifikasi dalam novel sirkus pohon karya andrea hirata. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 23(2), 73-79. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/912.
Prautomo, A., dan Wahyuni, W. (2022). Arketipe pahlawan sebagai representasi fantasi remaja dalam novel Percy Jackson Sea Off Monsters karya Rick Riordan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 394-412. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.161.
Radhiyah, I. (2021). Meemahami karya ilmiah melalui penerapan keterampilan membaca sekilas dan kritis. Cross-border, 4(2), 606-622. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/959.
Ritonga, A. A., Purba, A. Z., Nasution, F. H., Adriyani, F., & Azhari, Y. (2023). Keterampilan membaca pada pembelajaran kelas tinggi di tingkat MI/SD. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 102-113. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.988.
Rusydi, M., Juairiah, J., dan Ilhami, H. (2022). Utilitas membaca novel Rumah Kertas karya Carlos Maria Dominguez sebagai model meningkatkan minat baca. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 10(2), 59-74. http://103.180.95.17/index.php/pustakakarya/article/view/7326.
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-nilai pendidikan dalam novel Hanter karya Syifauzzahra dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di SMA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 475-496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778.
Santiung, W. (2019). Kesantunan berbahasa dalam tuturan novel personifikasi sastra dan filsafat. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 1-11. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i3.28.
Saragih, A. K., Manik, N. S.,dan Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan imajinasi dengan karya sastra novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), 100-110. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2234791.
Sari, N. (2017). Kekerasan perempuan dalam novel Bak Rambut Dibelah Tujuh karya Muhammad Makhdlori. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(2), 41-48. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i2.792.
Suhada, D., Saskia, D. D., Hendinata, D. R., Yulistya, Y., & Hasanudin, C. (2023). Dampak menyimak estetik bagi penonton dalam pertunjukan pentas seni. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 52-64. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3813.
Syahidan, M., Herbowo, A., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan kualitas layanan berdasarkan analisis kebutuhan pelanggan pospay kota bandung menggunakan servqual, model kano, dan tteknik triagulasi. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(01), 60-64. https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/81.
Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak sosial di kalangan karang taruna di daerah pedesaan. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 29-40. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3810.
Utami, D. T., Ratnaningsih, A., & Anjarini, T. (2023). Peningkatan keterampilan membaca dan keterampilan menulis pada tema diriku melalui Model CIRC siswa kelas I SDN 2 Aglik Grabag. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 3068-3081. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13824.
Yuhdi, A., dan Siregar, H. (2023). Kehidupan tokoh Zaynara dalam Novel" 13" karya Sherina Salsabilla: Kajian Intertekstual. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 7(1). http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i1.3912.
Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh perkembangan kognitif pada anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17-24. https://doi.org/10.59177/veritas.v3i1.101.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.