Pemanfaatan aplikasi Canva untuk menunjang pembelajaran menulis puisi di SMP

Sintya Meiriska Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Pembelajaran menulis puisi adalah salah satu proses pembelajaran yang tercantum dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar pada jenjang SMP, secara umum pembelajaran menulis puisi terdapat beberapa hambatan. Tujuan peneliti disini untuk memudahkan pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan canva sebagai media pembelajaran dijenjang SMP, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (library research) yang berarti teknik pengumpulan bersumber dari artikel, buku, atau jurnal nasional dan internasional, data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan tema pembahasan, seperti pembelajaran menulis puisi, canva, siswa SMP. Data tersebut diperoleh melalui buku, jurnal dan artikel hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal nasional maupun internasional. Hasil penelitian kali ini menjelaskan tentang pemanfaatan dari aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran menulis puisi pada jenjang SMP.

Kata kunci—Pembelajaran menulis puisi, SMP, Media pembelajaran, Canva.

 

 

AbstractThe learning of poetry is one of the learning processes listed in core competence and the basic competence of juniors, in general the learning of poetry is a number of obstacles. The aim of researchers here to make poetry easier by using canva asa middle-secondary learning medium, the technique used in the study is (library research), which means that the collection technique is based on national and international articles, books, or journals, and that data derived from the national and international articles, such as poetry writing, canva, middle school students. They are acquired through books, journals and research articles published in both national and international journals. This time of research has explained the use of the canva application as a form of learning medium that could support writing poetry on middle school levels.

KeywordsPoetry writing lessons, Junior high, Media study, Canva.


Keywords


Poetry writing lessons, Junior high, Media study, Canva.

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran menulis puisi dengan teknik onomatope di ma tanjungjaya. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 897-904. Doihttp://dx.doi.org/10.22460/p.v1i6p897-904.1589.

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi m-learning sebagai media pembelajaran conversation pada homey english. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 493-509. Doi https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Amalia, I. F., Mashluhah, M. I., & Fernandez, M. F. (2017). Pengaruh metode pembelajaran 3n (niteni, nirokke, nambahi) terhadap keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017, 304-309. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/880.

Anggraini, N., & Aulia, N. (2020). Analisis struktural pada puisi malu aku jadi orang indonesia karya taufiq ismail (pendekatan struktural). Jurnal Sasindo Unpam. 8(1), 45-59. Doi http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i1.45-59.

Chamidah, S. N. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva dan padlet untuk menimgkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks caption. Dharma Pendidikan, 17(1), 83-94.

Kamilah, S. L. (2013). Penerapan model savi dalam pembelajaran menulis puisi (eksperimen semu terhadap siswa kelas vii smp negeri 9 bandung tahun ajaran 2012/2013). Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 1-9. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/483.

Mudinillah, A., & Isnain, D. N. I. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas III madrasah ibtidaiyah. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55-65.

Mukhlis, A. (2018). Pemanfaatan aspek stilistika dalam antologi puisi melipat jarak karya Sapardi Djoko Damono sebagai materi pengayaan sastra di sma. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 54-60. Doi https://doi.org/10.23917/humaniora.v19i1.5512.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran canva dalam meningkatkan kompetensi guru. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Doi http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). Doi https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7297.

Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Purnawarman, L. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan model pengintegrasian strategi belajar pada siswa kelas xi smk ulil albab nw gegek. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/view/23.

Purba, Dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na IX-X aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.

Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas x sma n 2 pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo, 10(1). Doi https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Ramadhan, N. F. N. (2018). Pembelajaran menulis puisi bebas dengan teknik "cerca teman" pada siswa kelas viii-b smp negeri 1 trenggalek tahun pelajaran 2017-2018 (doctoral dissertation, universitas negeri malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/142420.

Retnosari, E. (2014). Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/142808.

Ridiawati, R., Munaris, M., & Samhati, S. (2015). Pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru di kelas vii. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/8557.

Riono, R., & Fauzi, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran pai-bp di sd berbasis aplikasi canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117-127.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57. Doi https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547.

Sulistyorini, D. (2010). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar pada siswa kelas v sdn sawojajar v kota malang. J-tqip: Jurnal Peningkatan Kualitas Guru, 1(1), 12-19. Retrieved from https://adoc.pub/queue/peningkatan-keterampilan-menulis-puisi-dengan-media-gambar-p.html.

Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media perancangan grafis. IKRA-ITH TEKNOLOGI: Jurnal Sains & Teknologi, 6(1), 62-68.

Utami, I. L. P. (2012). Profil masalah-masalah pembelajaran pada perkuliahan poetry. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3). Doi http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1834.

Wakhyudi, Y., & Mulasih, M. (2018). Pembelajaran menulis puisi pada siswa sekolah dasar menggunakan model pembelajaran kreatif berbasis komunikatif. Dialektika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 118-133. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/308.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senada PBSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.