Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII di SMA Negeri 4 Purworejo dengan Media Google Docs dan Youtube

Akhmad Fandy Mauladhani

Abstract


abstrak—Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Menulis Surat Lamaran Kerja pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Purworejo melalui penggunaan media google docs dan youtube, peningkatan proses pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan google docs dan youtube, dan pengaruh media google dan youtube pada hasil belajar siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 36 orang dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Cara pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui teknik tes, dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian, dideskripsikan dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan media google docs dan youtube mencapai taraf keberhasilan minimal 75%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: bahwa perubahan perilaku belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 4 Purworejo setelah mengikuti pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan media google docs dan youtube cukup postif. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Pada prasiklus, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran cukup yaitu 16 siswa atau 44,4%, sedangkan perhatian siswa terhadap pembelajaran sudah mencapai kategori cukup yaitu 10 siswa atau 27,8%. Selanjutnya, pada aspek keaktifan terdapat 13 atau 36,11% siswa cukup aktif dalam mengerjakan tugas menulis surat lamaran pekerjaan dengan serius. Pada aspek keberanian siswa masuk dalam kategori kurang karena dari 36 siswa hanya 3 atau 8,3% siswa yang berani membacakan hasil menulis surat lamaran pekerjaannya di depan kelas. Kemudian pada aspek kemandirian siswa dari 36 siswa terdapat 6 siswa atau 16,7% kategori kurang. Akan tetapi, pada aspek apresiasi terhadap 16 siswa atau 44,4% yang cukup memberikan apresiasi terhadap teman yang berani membacakan hasil menulis surat lamaran pekerjaannya di depan kelas. Prasiklus yang sudah mencapai KKM ada 22 siswa atau 61,1%, siklus I yang sudah mencapai kkm ada 26 siswa atau 72%, siklus II yang dibawah KKM ada 2 siswa yang dibawah KKM dan 34 siswa atau 94% yang mencapai KKM.

Kata kunci—Menulis, Surat Lamaran Pekerjaan, Google Docs, Youtube

  

Abstract—The purpose of this study was to find out the increase in learning outcomes for the Indonesian subject subject of Writing Job Application Letters in class XII students of SMA Negeri 4 Purworejo through the use of google docs and youtube media, improving the learning process of writing job application letters with google docs and youtube, and the influence Google and YouTube media on student learning outcomes in writing job application letters. The subjects of this study were class XII students at SMA Negeri 4 Purworejo for the 2022/2023 academic year with a total of 36 students and Indonesian language teachers. This classroom action research was carried out in two cycles, each cycle consisting of 4 stages: planning, action, observation, and reflection. The method of collecting data in this research is through test and non-test techniques. Indicators of research success, described from the success of the process and the success of the product. The success of the process can be seen from the increase in student activity in learning activities to write a job application letter using Google Docs and YouTube media to achieve a minimum success rate of 75%. Based on the results of data analysis and discussion, the following conclusions can be drawn: that the change in learning behavior of class XII MIPA 1 SMA Negeri 4 Purworejo after participating in the learning to write a job application letter using google docs and YouTube media is quite positive. This can be seen from observations during the learning process. In the pre-cycle, students' motivation in participating in learning was sufficient, namely 16 students or 44.4%, while students' attention to learning had reached the sufficient category, namely 10 students or 27.8%. Furthermore, in the aspect of activity there were 13 or 36.11% of students who were quite active in taking the task of writing a job application letter seriously. In the aspect of courage, students are included in the less category because out of 36 students, only 3 or 8.3% of students dare to read the results of writing a job application letter in front of the class. Then in the aspect of student independence out of 36 students there were 6 students or 16.7% in the less category. However, in the aspect of appreciation for 16 students or 44.4%, it is enough to appreciate friends who dare to read the results of writing their job application letters in front of the class. There were 22 students or 61.1% of students who had reached the KKM in the Pre-cycle, 26 students or 72% of the first cycle who had reached the KKM, 2 students who were under the KKM in the second cycle and 34 students or 94% who achieved the KKM.

Keywords—Writing, Job Application Letters, Google Docs, Youtube


Keywords


Writing, Job Application Letters, Google Docs, Youtube

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Carrol, D.W. 1986. Psychology of Language. Pacific Grove-California: Brooks/Cole Publishing Company.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hopkins, D. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: . Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Lukman. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Power Point. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 325–337. https://doi.org /10.31004/jptam.v2i3.92.

Mahandini, N. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kroya Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Univeritas Muhammadiyah Purworejo.

Manulu, L. S. dan Syamsul. A. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran STAD bagi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sani.R.A. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cipta Pustaka: Media Perintis.

Semi M, A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis.Bandung. Angkasa Grup.

Soedjito. 2018. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihastuti, F.N. 2018. Surat Dinas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suryaman, M. Suherli. dan Istiqomah. 2018. Buku Guru: Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII (M. R. Purnanto, Dwi. (ed.); Ke-2). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Susilana R. dan Riana C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Syarif, E. dkk. 2009. Pembelajaran Menulis (Mudini (ed.); p. 43). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Weier M. H. 2010. Inside Google’s Minchigan Office. Infromastion Information Week, 24 Oktober 2007.Diakses pada 12 September 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.