Ekranisasi Novel Cinta Subuh Karya Alii Farighi ke Film Cinta Subuh Sutradara Indra Gunawan

Alif Chofifah, Amalya Putri Rahayu, Fadilah Putri Nurjanah, Tri Lutmasari Wijayanti, Turianti Turianti, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak— Penelitian ini mendeskripsikan adanya proses ekranisasi yang terjadi dalam pembuatan film Cinta Subuh dari adaptasi novel Cinta Subuh. Pembuatan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel akan menimbulkan beberapa perbedaan penyajian. Perbedaan penyajian tersebut dikaji dalam proses ekranisasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data berupa kalimat pada novel Cinta Subuh dan adegan yang disertai dengan dialog pada film Cinta Subuh yang berkenaan dengan unsur alur, tokoh, dan latar. Pada pengumpulan data digunakan teknik simak dan catat. Langkah analisis data dalam penelitian ini yakni: pengelompokan data, pengkodean data, pemaknaan data, dan pearikan kesimpulan. Penelitian ini akan menjabarkan adanya penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi yang berkenaan dengan unsur intrinsik sebagai bagian dari ekranisasi dalam pembuatan film Cinta Subuh dari  adapatasi novel Cinta Subuh  yang berkaitan dengan unsur intrinsik.

Kata kunci— Ekranisasi, Novel, Film.

 

Abstract— This study describes the ecranization process that occurs in the filming of Cinta Subuh from the adaptation of the novel Cinta Subuh. Making a film adapted from a novel will cause several differences in presentation. The difference in presentation is examined in the ecranization process. This research is descriptive qualitative by collecting data in the form of sentences in the novel Cinta Subuh and scenes accompanied by dialogue in the film Cinta Subuh relating to plot, character and setting elements. Using note-taking technique as a data collection technique. There are several steps of data analysis in this study, namely: data grouping, data coding, data interpretation, and drawing conclusions. This research will describe the shrinking, adding, and various changes related to the intrinsic elements as part of the ecranization in making the film Cinta Subuh from the adaptation of the novel Cinta Subuh which is related to the intrinsic elements.

Keywords— Ecranization, Novels, Films.


Keywords


Ecranization, Novels, Films.

Full Text:

PDF

References


Aniskurli, Syifa. Sri Mulyati1, Syamsul Anwar. 2020. Ekranisasi Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini Ke Bentuk Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 139-150 edisi Agustus 2020.

Damono, Sapardi Djoko. 2012. Alih Wahana. Jakarta.: Editum.

Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Flores: Nusa Indah.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: DeePublish

Maulidya Kanthi Yuniar, Indri. Nita Widiati. 2021. Ekranisasi Novel ke Film Cinta Laki-Laki Biasa Karya Asma Nadia dan Guntur Soehardjanto. Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 2021, 369–382

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

SusenoWS. 2011. Filmisasi Karya Sastra Indonesia: “Kajian Ekranisasi Pada Cerpen dan Film Tentang Dia”. Artikel. Semarang: Program Studi Bahasa Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Semarang.

Wulansari, Devita. 2015. “Ekranisasi Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye dan Film Bidadari-Bidadari Surga”: Kajian Humaniora. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Yanti, Devi Shyviana Arry. 2016. “Ekranisasi Novel Ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.