Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
abstrak—Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa pentingnya pendidikan terhadap anak usia dini. Pelelitian ini menggunakan metode kualitatis dengan studi pustaka (literature review) dari penelitian ini dapat menghasilkan studi kasus hakikat anak usia dini, pengertian pendidikan, peran pendidikan. Kesimpulannya bahwasannya perkembangan anak usia dini merupakan pengetahuan yang penting untuk diketahui agar kita dapat memahami perkembangan anak dan menyiapkan berbagai strategi untuk menstimulasinya, sehingga perkembangan anak menjadi optimal. Beberapa perkembangan anak usia dini, yaitu: perkembangan nilai moral, perkembangan nilai agama, dan perkembangan nilai Bahasa.
Kata kunci—Anak Usia Dini, Pendidikan
Abstract—The purpose of this study was to find out how important education is for early childhood. This research uses a qualitative method with a literature review (literature review) of this research to produce case studies of the nature of early childhood, the meaning of education, the role of education. The conclusion is that early childhood development is important knowledge to know so that we can understand child development and prepare various strategies to stimulate it, so that child development becomes optimal. Some early childhood developments, namely: the development of moral values, the development of religious values, and the development of language values.
Keywords— Early Childhood, Education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Noviyasari, D. (2020). Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan:LPPM IKIP Bojonegoro, 1(1). Refreved From https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054
Inanna, N., (2018). Peran pendidikan dalam membangun karakter bangsa yang bermoral memberikan gambaran akan pentingnya membangun karakter sumber daya manusia yang bermoral melalui internalisasi nilai – nilai positif dalam penyelenggaraan pendidikan. JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1 (1), 27-33, 2018. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11437/.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran pendidikan dalam proses perubahan sosial di desa tumaluntung kecamatan kauditan kabupaten minahasa utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 12(4). 12/18. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 1-12. Doi https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231. Doi https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-117. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395.
Pristiwadi., (2022). Merupakan Usaha Sadar Dan Terencana Untuk Mewujudkan Suasana Belajar Dan Proses Pembelajaran Agar Peserta Didik Secara Aktif Mengembangkan Potensi Dirinya Untuk Memiliki Kekuatan Spiritual Keagamaan Dan Pengendalian Diri, Kepribadian, Kecerdas an. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911-7915. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rosyad, A.M., (2019). Upaya Segaja Untuk Membangun Manusia Yang Berpartisipasi Dalam Masyarakat Sebagai Warga Negara Yang Produktif. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1),1-18, 2019. Doi https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v5il.90
Rosyad, A.M., (2019). Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Sama Lain Dinamis Dan Berkesinabungan Sebagai Akibat Dari Modernisasi Dan Globalisasi. Jurnal of Islamic Studies, 2(1), 64-86, 2019. Doi https://doi.org/10.31949/afkar_jurnal.v3il.41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.