Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Moral Siswa SMP

Prasasti Rahma Kurniasari, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pendidikan karakter bagi siswa smp sangatlah penting, hal itu juga perlu diimbangi dengan pengembangan moral agar nantinya siswa mampu membangun bangsa yang tangguh, beraklak mulia dan bermoral. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel-artikel jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pentingnya Pendidikan karakter dalam mengembangkan moral siswa dilaksanakan ada dua langkah meliputi: strategi dalam pelaksanan Pendidikan karakter, dan pembelajaran pengembangan moral.

Kata kunci— Pendidikan Karakter, Moral, Karakteristik Siswa SMP

 

Abstract— Character education for junior high school students is very important, but it also needs to be balanced with moral development so that later students are able to build a nation that is tough and has noble character and morals. This research is a library study using secondary data derived from scientific journal articles that are appropriate to the research topic. The results of the study explain that the importance of character education in developing student morale is carried out in two steps, including strategies for implementing character education and learning moral development.

Keywords— Character Education, Morals, and Characteristics of Junior High School Students


Keywords


Character Education, Morals, and Characteristics of Junior High School Students

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., Ulpa, E. P., Johnstone, J. M., & Cook, B. L. (2019). Pendidikan moral pada aktivitas kesukarelaan warga negara muda (Koherensi Sikap Kepedulian dan Kerjasama Individu). Journal of Moral and Civic Education, 3(1), 28-37. http://repository.lppm.unila.ac.id/13433/1/document.pdf

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26. Doi http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.68.

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139-158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47

Asdi, E. D. (1995). Imperatif kategoris dalam filsafat moral Immanuel Kant. Jurnal Filsafat, 1(1), 9-19. https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/viewFile/31607/19133

Cahyono, H. (2016). Pendidikan karakter: strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Riayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230-240. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/pendidikan-karakter%3A-strategi-pendidikan-nilai-dalam-membentuk-karakter-religius

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-BELAJAR-SISWA.pdf

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1). Retrieved from https://www.academia.edu/download/54737614/15.1_Pendidikan-Karakter.pdf

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017]. Retrieved from https://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum.pdf .

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875.

Inawati, A. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64. https://www.researchgate.net/profile/Al-Athfal-2/publication/330410720_Strategi_Pengembangan_Moral_dan_Nilai_Agama_Untuk_Anak_Usia_Dini/links/5c3eb3f4a6fdccd6b5b056f8/Strategi-Pengembangan-Moral-dan-Nilai-Agama-Untuk-Anak-Usia-Dini.pdf

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175-194. Doi https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69-89. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/1145-Article%20Text-1377-2172-10-20170317%20(2).pdf

Machmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 75-84. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/318/308

Maulana, F., & Supriyanto, A. (2020). Manfaat Pendidikan Terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa Di Universitas Negeri Malang. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19). Retrieve from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/372

Murdiono, M. (2008). Metode penanaman nilai moral untuk anak usia dini. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 38(2). Doi https://doi.org/10.21831/jk.v38i2.20730

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10684

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3). Doi https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/2983

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022). Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 356-365. Retrived from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). Retrieve from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151

Rifa, M. A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan moral siswa di sekolah berbasis islamic boarding school. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973. https://core.ac.uk/download/pdf/154347499.pdf

Safitri, L. N. (2019). Pengembangan nilai agama dan moral melalui metode bercerita pada anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85-96. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/230724979.pdf

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. Doi https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter, 4(1). Doi https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Suradarma, I. B. (2018). Revitalisasi nilai-nilai Moral Keagamaan di era globalisasi melalui pendidikan agama. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(2), 50-58. Doi https://doi.org/10.32795/ds.v9i2.146

Susanto, A. A. V., & Aman, A. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi terhadap karakter siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105-111. Doi https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8011

Wening, S. (2012). Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). Doi https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1452

Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa SMP dalam perspektif fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2). Doi https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658

Ya’cub, M. (2022). Pendidikan Akhlak dalam Pencapaian Ilmu Manfaat. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 1-16. Retrived from http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/203

Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur (Doctoral dissertation, Riau University). Retrived from https://www.neliti.com/publications/205443/pengaruh-pembelajaran-aqidah-akhlak-terhadap-perilaku-siswa-di-madrasah-aliyah-n


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.