Hakikat Pendidikan pada Pembelajaran di Era Society 5.0

Rifki Hendri Setiawan, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pendidikan pada pembelajaran di era society 5.0 sangatlah penting bagi pendidik untuk peserta didik, dimana konsep tersebut menjadi komponen utama dalammodel pembelajaran di era society 5.0.   pendidikan di era society 5.0 ini sangatlah penting karena proses revolusi dari society 4.0 terhadap society 5.0 maka akan ada banyak perubahan model/metode pembelajaran kepada peserta didik di masa yang akan datang. Penelitian ini adalah jenis penelitian motode literatur riview dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel jurnal nasional yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini memiliki beberapa studi kasus yang dibahas sesuai dengan topik penelitian yaitu era society 5.0, pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang bagaimana menghadapi pendidikan pada pembelajaran di era society 5.0 dengan cara meningkatkan peserta didik agar lebih antusias terhadap pembelajaran dan agar peserta didik lebih meningkatkan minat bakatnya.

Kata kunci—Erasociety 5.0, Pendidikan, Pembelajaran

 

Abstract—Education in learning in the era of society 5.0 is very important for educators for students, where the concept is a major component in the learning model in the era of society 5.0. Education in the era of society 5.0 is very important because of the process of revolution from society 4.0 to society 5.0, there will be many changes in the learning model/method for students in the future. This research is a type of literature review research method using secondary data derived from national journal articles that are appropriate to the research topic. The results of this study have several case studies which are discussed according to the research topic, namely the era of society 5.0, education and learning. This study discusses how to deal with education in learning in the era of society 5.0 by increasing students to be more enthusiastic about learning and so that students increase their interest in talents.

Keywords—Erasociety 5.0, Education, Learning


Keywords


Erasociety 5.0, Education, Learning

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. Doi https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal prakarsa paedagogia, 2(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/4312.

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala jurnal penelitiansosial, 9(2), 149-166. http://orcid.org/0000-0002-1411-6464.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, danproses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan BudayaSyari.(7), 5, 395- 402. Doi https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial budaya, 9(1), 121-136.: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i1.376.

Arfani, L. (2018). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita bangsa pelestari Pancasila, 11(2). Retrived from https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpb/article/view/5160.

Atmoko, T. P. (2018). Implementasi kebijakan desa Budaya dalam melestarikan budaya lokal di desa sendangmulyo, minggir, sleman. Media wisata, 16(1). Doi https://doi.org/10.36276/mws.v16i1.260.

Azis, H. A., & Prihantoro, C. . (2022). Financial system of Nurul Falah Masjeed in the Society 5.0 Era Using The Website. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi (JKOMITEK), 2(1), 9– 18. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v2i1.575.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan danpenyusunan. Jurnal keperawatan, 12(2), 12-12. Retrived from http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12. https://orcid.org/0000-0002-8499-9194.

Dewi, N. K. (2017). Manfaat program pendidikan inklusi untuk aud. Jurnal pendidikan anak, 6(1), 12-19. Retrived from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/15657

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C.(2021). Pendidikankewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. ASANKA: journal of social science and education, 2(1), 71-84. Retrived from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka/article/view/2465.

Dewi, W. A. F.(2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

di: http://lib. Untidar. Ac. Id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia]. Retrived from https://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kuri kulum.pdf.

Djaelani, M. S. (2013). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(2), 100-105. Retrived from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_490448073795.pdf.

Fadli, M. R.(2021). Hubunganfilsafat denganilmupengetahuan danrelevansinyadi era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161. https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/42521/31083.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Retrived from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Harahap, M. (2016). Esensi peserta didik dalam perspektif pendidikan islam. Jurnalpendidikan agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140-155. Doi https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625.

Hartani, A. L. (2011). Manajemen pendidikan. Hartani, A. L. (2011). Manajemen pendidikan. Retrived from http://digilib.unimed.ac.id/1614/.

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia secara online

Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 117-136. Doi https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33.

Husnah, N. (2022). Pembelajaran inquiri terbimbingdiera society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/issue/view/13

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1). Retrived from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/viewFile/573/586.

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal kajian sastra, 6(1), 26-41. Retrived from https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/334.

kemampuan belajar siswa. Kwangsan: jurnal teknologi pendidikan, 1(2), 95-105. Doi https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95 105.

Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020, October). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar. Retrived from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17736.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Jjurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(2), 1635-1643. Retrived from https://scholar.archive.org/work/kcis2bbr4jae5igoes6l2j3ksq/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/940/pdf.

Mardiyah, M. (2015). Peran orang tua dalam pendidikan agama terhadap pembentukan kepribadian anak. Jurnal Kependidikan, 3(2), 109-122. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.902.

Maulana, F., & Supriyanto, A. (2020). Manfaat pendidikan terhadap perkembangan karaktermahasiswa di Universitas Negeri Malang. In seminar nasional arah manajemen sekolah pada masa dan pasca pandemi Covid-19. Retrived from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/372.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal sosiologi nusantara, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.

Najmina, N. (2018). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. JUPIIS: jurnal pendidikan ilmu-ilmu sosial, 10(1), 52-56. Retrived from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8389.

Ningsih, T. (2019). Peran pendidikan islam dalam membentuk karakter siswa di era revolosi Industri 4.0 di madrasah tsanawiyah negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal pemikiran alternatif kependidikan, 24(2), 220-231. Doi https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049.

Nursyifa, A. (2019). Transformasi pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam menghadapi erarevolusiindustri 4.0. Journalof Civicsand Education Studies, 6(1), 51-64. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64.

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022, July). Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 356-365). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326

Putri, H., Maison, D. A. K., & Simanjuntak, E. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (pbl) terhadap karakter bersahabat/komunikatif siswa pada pelajaran fisika. In prosiding seminar nasional matematika dan sains (Vol. 3, No. 1, pp. 363-370). https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/189.

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik menulis review literatur dalamsebuahartikel Ilmiah. https://osf.io/preprints/inarxiv/z6m2y/.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian Ilmiah. Jurnal masohi, 2(1), 42-51. Doi https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Sabri, I. (2019). Peran pendidikan seni di era society 5.0 untuk revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 342-347). Etrivved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/302/334.

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikankarakter, 4(1). Retrived from https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287.

Soesana, A., Widyastuti, A., Subakti, H., Susanti, S. S., Brata, D. P. N., Walukow, D. S., ... & Simarmata, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Yayasan Kita Menulis.

Suhartono, E. (2017). Systematic literatur review (SLR): metode, manfaat, Dantantangan learning analytics dengan metode data mining di dunia pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1). http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/123.

Suherman, E. (2007). Hakikat pembelajaran. Educare. Retrived from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/44.

Wahib, A. W. A. (2014). Konsep orang tua dalammembangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma Institut, 1(1). Retrived from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/898.

Winangun, K. (2017). Pendidikan vokasi sebagai pondasi bangsa menghadapi globalisasi. Jurnaltaman vokasi, 5(1). Doi 72-78. https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1. 1493.

Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(2), 65-71. Retrived from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/kalacakra/article/view/6267.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.