Urgensi Penerapan Komponen Pendidikan Andragogi pada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Noval Ardian Bintang, Meilan Arsanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Pendidikan adalah upaya yang dilakukan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Bahkan pendidikan sudah berlangsung sebelum manusia mengenal baca tulis. Usaha ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan kehidupan manusia. Sejak ribuan tahun hingga sekarang, yang tak pernah bisa dipisahkan dari proses pendidikan adalah pelajar. Bisa sebuah proses belajar dilakukan tanpa seorang guru (manusia). Namun tak mungkin proses belajar tidak memiliki seorang murid. Ini menandakan pembelajaran pada dasarnya berpusat pada manusia sebagai seorang pelajar. Kesiapan manusia untuk menemukan sebuah ilmu atau kebenaran adalah kekuatan yang membawa kita pada peradaban yang terus maju dan berkembang. Pada masa sekarang, pendidikan harus tetap memiliki serius untuk memberikan bekal kepada manusia. Melihat urgensi tersebut, ada sebuah celah yang bisa kita kembangkan bersama bagi pelajar di tingkat SMP. Masa-masa awal remaja ingin menentukan jati diri mereka.

Kata kunci—Pendidikan andragogi, pelajar, tingkat SMP.

 

 

Abstract— Education is an effort made by humans since thousands of years ago. Even education has been going on before humans recognize literacy. This effort aims to improve the comfort of human life. Since thousands of years until now, what has never been separated from the educational process is students. Can a learning process be carried out without a teacher (human). But it is impossible for the learning process to not have a student. This indicates that learning is basically human-centered as a learner. Human readiness to find a science or truth is the power that brings us to a civilization that continues to advance and develop. At the present time, education must still be serious about providing provisions to humans. Seeing this urgency, there is a gap that we can develop together for students at the junior high school level. The early days of adolescents want to determine their identity.

Keywords— Andragogy education, students, junior high school level.


Keywords


Andragogy education, students, junior high school level.

Full Text:

PDF

References


Al-Rasyid, G. G. (2015). Urgensi Pendidikan Orang Dewasa dalam Pemberdayaan Masyarakat Adat Kampung Naga. TARBAWI, 4(1), 37-59.

Anwar, B. (2017). Konsep Pendidikan Andragogi Menurut Pendidikan Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, P-ISSN. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4864

Anwar, B. (2017). Konsep Pendidikan Andragogi Menurut Pendidikan Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, P-ISSN. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/4864.

Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Christiana, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Humaniora, 4(1), 398-410. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3450

Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 35-51. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/590.

Jamila, M. P. Pendidikan Memandirikan dan Mendewasakan Pada Sekolah Berbasis Agama Islam Melalui Kurikulum 2013. http://hdl.handle.net/11617/7835

Jasminto, J. (2018, April). Urgensi Teori Andragogi Dalam Memperkuat Visi Moderat Islam Di Indonesia. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 2, pp. 643-651). https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries%202.166

Karendehi, C. E., Rottie, J., & Karundeng, M. Y. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan moral pada anak usia 12-15 tahun di smp negeri 1 tabukan selatan kabupaten kepulauan sangihe. Jurnal Keperawatan, 4(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v4i1.10795

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71-85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389-396. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Lumi, D. (2020). Pembentukkan Karakter Remaja Kristen Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAK di SMP Kristen Eben Haezar 2 Manado. PEMBENTUKKAN KARAKTER REMAJA KRISTEN MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAK DI SMP KRISTEN EBEN HAEZAR 2 MANADO. http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/78/1/PEMBENTUKKAN%20KARAKTER%20REMAJA%20KRISTEN%20MELALUI%20PEMBELAJARAN%20DARING%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PAK%20DI%20SMP%20KRISTEN%20EBEN%20HAEZAR%202%20MANADO.pdf.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Malik, H. (2008). Teori belajar andragogi dan aplikainya dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/803.

Mubin, F. (2020). Perencanaan Penuntasan Wajib Belajar Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. 10.31219/osf.io/h5j9s

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1). https://core.ac.uk/download/pdf/229361428.pdf.

Nurainiah, N. (2022). ASPEK PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA DINI. Tarbiyatul Aulad, 8(01). https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4686.

Nurfianti, N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak (Usia 13-15 Tahun) Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala (Doctoral dissertation, IAIN Palu). http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1349/.

Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). Pendidikan Karakter Religius Sekolah Dasar dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1764.

Putra, A. E. (2019). Pemahaman Andragogi dan Pedagogi dalam Pelatihan: Suatu Tinjauan Filosofis. Jurnal Kewidyaiswaraan, 4(2), 130-136.

Rusdiana, A., & Arifin, B. S. (2020). Andragogi: Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia. http://digilib.uinsgd.ac.id/29430/1/Bk%20KPengab%20Andra%20Gogi%20Materi%20Memanusiakan%20manusiaT%20ISBN.pdf.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166Iskandar, K., & Anam, S. (2018). Kampung Pendidikan dan Upaya Mensukseskan Program Wajib Belajar 12 Tahun. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 2(1), 50-80.

Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Malik, H. (2008). Teori belajar andragogi dan aplikainya dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312. DOI: 10.22435/bpsk.v13i4 Okt.2766

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review (SLR): Metode, Manfaat, Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1). http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/123.

Sujarwo, D., & Pd, M. (2012). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Sujarwo,%20M.Pd./Makalah-Strategi%20Pembelajaran%20Orang%20dewasa%20(Repaired).pdf.

Sumiyarno, S. (2007). Pembelajaran Orang Dewasa Berbasis Andragogi: Tinjauan Teori. Jurnal Ilmiah Visi, 2(1), 49-55. : https://doi.org/10.21009/JIV.0201.7

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wahono, W., Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital. Proceeding Umsurabaya. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877.

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari Masa ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 10(2), 231-242. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alabadiyah/article/view/2792.

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.